• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Bedanya Stroke dan Stroke Mini

Catat, Ini Bedanya Stroke dan Stroke Mini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Mungkin sebagian dari kita sudah tak asing dengan stroke, tetapi bagaimana dengan stroke mini? Stroke ini juga dikenal sebagai transient ischaemic attack (TIA). Baik stroke mupun stroke mini sama-sama menyerang otak dan berbahaya. 

Pertanyaannya, apa perbedaan dari stroke dan stroke mini atau TIA? 

Baca juga: Mitos atau Fakta, Idap TIA Bisa Picu Serangan Jantung

Stroke, Terganggunya Pasokan Darah ke Otak

Stroke juga dikenal sebagai the silent killer, lantaran penyakit ini sangat berbahaya dan bisa membunuh secara diam-diam akibat kelumpuhan otak. Kalau tak menyebabkan kematian, stroke masih bisa membawa dampak kecacatan bagi pengidapnya. Mengerikan, bukan? 

Stroke merupakan kondisi ketika pasokan darah ke otak terganggu atau berkurang akibat penyumbatan (stroke iskemik) atau pecahnya pembuluh darah (stroke hemoragik). Kedua kondisi ini bisa menyebabkan kematian pada sel-sel otak. Sebab tanpa asupan oksigen dan nutrisi, sel-sel otak tak akan bisa hidup untuk menjalankan fungsinya. Lalu, bagaimana dengan gejalanya? Berikut gejala umum yang sering dialami pengidapnya.

  • Penglihatan menjadi buram. Stroke bisa menyebabkan penglihatan menjadi kabur, ganda, hingga hilangnya penglihatan pada satu mata. 
  • Pusing atau kehilangan keseimbangan. Stroke bisa menimbulkan masalah saat berjalan, pusing, atau mual. 
  • Lengan dan kaki menjadi lemah. Gejala lainnya berupa lengan dan kaki (atau keduanya) menjadi lemah secara tiba-tiba. Terkadang juga mati rasa, bahkan lumpuh. 
  • Kesulitan berbicara atau kebingungan. Stroke dapat merusak kemampuan untuk mengekspresikan diri atau mengerti sesuatu hal. Misalnya. kebingungan mencari kata-kata atau menggunakan kata-kata yang salah saat berbicara.
  • Rasa sakit. Rasa sakit sebenarnya bukanlah gejala khas dari penyakit ini. Akan tetapi, menurut sebuah studi sekitar 62 persen wanita lebih sering mengalami stroke nontradisional daripada pria. Salah satu yang gejala yang paling umum adalah rasa sakit. 

Lalu, bagaimana dengan stroke mini atau transient ischemic attack?

Baca juga: Ketahui Pertolongan Pertama untuk Serangan Stroke

Stroke Mini Tidak Permanen

Selain stroke yang pastinya membuat semua orang resah, ada pula transient ischemic attack (TIA) yang patut diwaspadai. TIA yang biasa dikenal dengan stroke ringan atau mini stroke merupakan keadaan ketika saraf kekurangan oksigen. Hal ini diakibatkan oleh aliran darah yang terganggu. Serangan ini umumnya berlangsung lebih singkat dari stroke, yaitu selama beberapa menit, hingga beberapa jam dan pengidap akan pulih dalam waktu satu hari.

Gejala TIA paling umum dari penyakit ini adalah melemahnya di bagian tubuh manapun disertai kebingungan dan pusing. Biasanya 70 persen kasus gejala ini akan hilang dalam 10 menit dan 90 persen akan hilang kurang dari 4 jam. Gejala TIA kebanyakan terjadi secara tiba-tiba. 

Baca juga: Faktor Risiko TIA (Transient Ischaemic Attack)

Umumnya stroke mini ini disebabkan karena gumpalan berukuran kecil yang tersangkut dalam pembuluh darah otak. Gumpalan tersebut bisa saja berupa gelembung udara atau lemak. Nah, penyumbatan ini nantinya akan menghambat aliran darah dan memicu kurangnya oksigen pada bagian tertentu di otak. Kondisi inilah yang menyebabkan terganggunya fungsi otak. Lalu, apa bedanya TIA dengan stroke? 

Gumpalan penyebab transient ischemic attack akan hancur dengan sendirinya. Dengan kata lain, otak akan kembali berfungsi normal sehingga tidak menyebabkan kerusakan yang bersifat permanen. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Healthline . Diakses pada 2020. Signs and Symptoms of Ministroke (TIA). 
WebMD. Diakses pada 2020. What Is a TIA?
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Stroke. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases & Conditions. Stroke.
Healthline. Diakses pada 2020. Symptoms of Stroke in Women: How to Identify a Stroke and Seek Help.