• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat Haid
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat Haid

Catat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat Haid

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Juli 2022

“Ada beberapa cara efektif untuk mengatasi sakit perut saat haid yang mengganggu aktivitas. Contohnya seperti melakukan kompres hangat, memijat perut, dan lain-lain.”

Catat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat HaidCatat, Ini Cara Efektif Mengatasi Sakit Perut saat Haid

Halodoc, Jakarta – Sakit perut merupakan gejala yang wajar dan umum dialami wanita selama haid. Hal itu terjadi karena rahim sedang berkontraksi untuk melepaskan dinding rahim dari tubuh, sehingga aliran darah keluar dari vagina.

Sakit perut saat haid bisa bervariasi tingkat keparahannya. Sebagian wanita hanya mengalami sakit perut yang ringan, tapi ada juga beberapa wanita yang mengalami nyeri yang sangat menyakitkan, bahkan sampai mereka tidak bisa beraktivitas. 

Kabar baiknya, ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan untuk meredakannya. Simak ulasannya di sini.

Cara Meredakan Sakit Perut Saat Haid

Berikut beberapa cara efektif meredakan sakit perut saat haid yang bisa kamu coba:

1. Menerapkan Kompres Hangat

Terapi panas atau menempelkan sesuatu yang hangat ke perut merupakan salah satu cara yang efektif untuk meredakan sakit perut saat haid. Bahkan menurut sebuah tinjauan studi tahun 2018, cara tersebut sama efektifnya dengan mengonsumsi obat nyeri haid.

Cobalah untuk menempelkan botol air panas atau bantal pemanas pada perut untuk meredakan nyeri. Bila kamu tidak punya botol atau bantal panas, kamu bisa menggunakan handuk yang dibasahi dengan air hangat atau mandi dengan air hangat.

2. Pijat dengan Minyak Esensial

Cara efektif lainnya untuk meredakan sakit perut saat haid adalah dengan memijat perut. Pijatan yang melibatkan penekanan pada titik-titik tertentu di perut dan sekitarnya bisa mengurangi rasa sakit. Nah, kamu bisa memijat perut dengan menggunakan minyak esensial seperti lavender, peppermint, untuk mendapatkan manfaat tambahan.

3. Makan Makanan Bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi juga bisa menjadi cara meredakan sakit perut saat haid yang efektif. Sebab beberapa vitamin dan mineral di dalam makanan bergizi dipercaya bisa membantu mengurangi kram.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa vitamin B1 atau disebut juga thiamin, dan magnesium bisa membantu mengurangi sakit perut saat haid. Vitamin dan mineral tersebut bisa didapatkan dengan mengonsumsi makanan sehat seperti bayam, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian.

4. Mengonsumsi Herbal

Beberapa tanaman herbal mengandung senyawa antiinflamasi dan antispasmodik yang bisa mengurangi kontraksi otot, serta pembekakan yang berhubungan dengan nyeri haid. Jadi, untuk meredakan sakit perut saat haid, cobalah untuk minum minuman herbal seperti teh chamomile atau air rebusan jahe. Kayu manis dan biji adas juga merupakan tanaman herbal yang bisa membantu mengatasi nyeri haid.

5. Berolahraga

Aktivitas fisik sebenarnya bisa menjadi cara alami untuk meredakan nyeri haid, lho. Olahraga memicu pelepasan endorfin yang merupakan bahan kimia yang diproduksi oleh tubuh untuk membantu menghalangi persepsi rasa sakit. Selain itu, olahraga juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi stres yang bisa memengaruhi rasa sakit.

6. Minum Obat Pereda Nyeri

Bila cara-cara alami di atas tidak mampu mengatasi nyeri haid, minumlah obat pereda nyeri untuk meredakan gejala tersebut. Obat antiinflamasi non-steroid (NSAID) adalah obat yang efektif untuk meredakan sakit perut saat haid. Obat tersebut bisa mengurangi prostaglandin, hormon yang merangsang kontraksi yang menyebabkan kram menstruasi. Contoh obat NSAID, yaitu ibuprofen dan naproxen.

Obat pereda nyeri lainnya yang juga bisa membantu mengurangi sakit perut saat haid adalah acetaminophen. Namun, obat tersebut tidak bisa mengatasi peradangan yang berkontribusi pada keparahan kram menstruasi kamu.

Bila sakit perut saat haid yang kamu alami cukup parah dan obat pereda nyeri tidak mampu mengatasinya, sebaiknya periksakan diri ke dokter. Pasalnya, nyeri haid yang parah bisa menjadi pertanda adanya kondisi medis yang lebih serius. Untuk melakukan pemeriksaan kesehatan, kamu bisa buat janji di rumah sakit pilihan kamu lewat aplikasi Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. What Helps Menstrual Cramps: 6 Home Remedies and OTC Options to Manage Pain.
Houston Methodist. Diakses pada 2022. Menstrual Cramps: 5 Tips for Getting Relief From Period Pain