• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Catat, Ini Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 08 Maret 2022

“Sakit kepala merupakan masalah umum yang pernah dialami setiap orang. Meskipun begitu, kondisi tersebut sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untungnya sakit kepala masih bisa diatasi meski tanpa obat. Misalnya dengan minum air putih, kompres dingin, hingga tidur.”

Catat, Ini Cara Sederhana Meredakan Sakit Kepala Tanpa Obat

Halodoc, Jakarta – Sakit kepala merupakan kondisi yang umum terjadi. Meskipun begitu, siapa pun yang mengalaminya tentu akan terganggu. Banyak cara meredakan sakit kepala tanpa obat. Kamu bisa mencoba cara alami untuk meredakannya, salah satunya dengan minum air putih.

Meredakan sakit kepala secara alami bisa dilakukan segera, karena tanpa harus menunggu adanya obat. Namun, tergantung pada jenis sakit kepala yang kamu alami. Beberapa jenis sakit kepala tegang menjadi yang paling umum dialami orang. Sedangkan migrain merupakan jenis sakit kepala yang tergolong sedang hingga berat. 

Setidaknya, beberapa cara meredakan sakit kepala tanpa obat berikut ini bisa menjadi langkah awal saat serangan muncul:

  1. Minum Air Putih

Kurang minum air putih dapat menyebabkan seseorang mengalami sakit kepala. Faktanya, banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa dehidrasi kronis adalah penyebab umum sakit kepala tegang dan migrain. Untungnya, air minum telah terbukti dapat meredakan gejala sakit kepala pada orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingga tiga jam. 

  1. Kompres Dingin

Kompres dingin mungkin salah satu cara meredakan sakit kepala yang sederhana namun efektif. Meletakkan kompres es atau benda dingin lainnya ke kepala atau leher dapat membantu menyempitkan pembuluh darah, serta mengurangi peradangan di area tersebut.

  1. Kompres Hangat

Dalam kasus lain, sakit kepala tegang dimana otot terlalu kencang, dapat diredakan dengan kompres hangat. Dengan begitu otot-otot yang tegang dapat mengendur. Kompres hangat bisa sesederhana handuk yang dipanaskan. Kamu akan merasakan efek yang sama saat mandi air hangat. 

  1. Matikan Lampu

Beberapa orang yang mengalami sakit kepala menjadi sensitif terhadap cahaya. Lampu kantor atau kamar yang terang, atau bahkan cahaya terang dari smartphone dapat memperburuk gejala sakit kepala. Untuk membantu meredakan sakit kepala, sebaiknya beristirahatlah di ruangan yang gelap atau remang-remang. 

  1. Minum Teh Herbal

Teh herbal mungkin merupakan cara meredakan sakit kepala yang juga efektif. Misalnya, teh jahe dapat membantu mengatasi migrain. Menurut studi yang diterbitkan di Wiley Online Library, bubuk jahe memiliki efek yang mirip dengan obat umum lainnya untuk mengurangi migrain. Teh herbal lain yang bisa kamu coba yaitu peppermint, chamomile, dan lavender. 

  1. Tidur

Jika cara di atas belum bekerja dengan baik, maka sebaiknya cobalah untuk beristirahat. Terlalu banyak atau sedikit tidur, atau tidak tidak nyenyak dapat mempengaruhi sakit kepala pada beberapa orang. Karena mereka belum sepenuhnya mengistirahatkan tubuh. Ingatlah selalu, bahwa orang dewasa harus mendapatkan tidur sebanyak 7 hingga 9 jam setiap malam.

Jadi, itulah cara meredakan sakit kepala tanpa obat. Jika kamu mengalami sakit kepala, segera terapkan cara-cara di atas. Namun, jika kamu khawatir sakit kepala yang dialami merupakan gejala penyakit yang lebih serius, sebaiknya tanyakan pada dokter di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Medical News Today. Diakses pada 2022. 19 natural remedies for a headache
Healthline. Diakses pada 2022. 18 Remedies to Get Rid of Headaches Naturally