• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

Catat, Ini Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 02 Agustus 2022

“Perlu diketahui bahwa perawatan psoriasis terbagi dalam tiga kategori. Mulai dari perawatan topikal (kulit), terapi cahaya, hingga rekomendasi diet.”

Catat, Ini Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena PsoriasisCatat, Ini Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis

Halodoc, Jakarta – Psoriasis merupakan penyakit kulit yang menyebabkan ruam dengan bercak gatal dan bersisik. Penyakit ini paling sering menyerang area kulit tertentu, seperti lutut, siku, tangan dan kulit kepala. Perlu diketahui bahwa psoriasis adalah penyakit kronis (jangka panjang) yang belum ditemukan obatnya. Selain itu, kondisi ini juga dapat menyakitkan, mengganggu tidur dan membuat sulit berkonsentrasi. 

Berita baiknya, gejala dari penyakit kulit ini sebenarnya dapat diredakan melalui beberapa perawatan kulit. Perawatannya bertujuan untuk mengurangi peradangan dan sisik, memperlambat pertumbuhan sel-sel kulit, dan menghilangkan plak.

Lantas, kira-kira bagaimana cara tepat untuk merawat kulit yang terkena psoriasis? Yuk, simak informasinya di sini! 

Cara Tepat Merawat Kulit yang Terkena Psoriasis 

Perawatan digunakan akan tergantung pada seberapa parah psoriasis dan seberapa responsifnya perawatan sebelumnya dan tindakan perawatan diri. Perawatan psoriasis terbagi dalam tiga kategori, yaitu: 

1. Perawatan Topikal

Krim dan salep yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mengurangi psoriasis ringan hingga sedang. Perawatan penyakit ini secara topikal, meliputi:

  • Kortikosteroid topikal. 
  • Retinoid topikal. 
  • Anthralin. 
  • Analog vitamin D. 
  • Asam salisilat. 
  • Pelembap. 
  • Obat sistemik. 

Orang dengan psoriasis sedang hingga parah dan mereka yang tidak merespons dengan baik terhadap jenis pengobatan lain, mungkin perlu menggunakan obat oral atau injeksi. Banyak dari obat-obatan ini memiliki efek samping yang parah. Dokter biasanya meresepkannya untuk jangka waktu singkat. Obat-obatan ini termasuk:

  • Metotreksat. 
  • Cyclosporine (Sandimmune). 
  • Retinoid.

2. Terapi Cahaya 

Perawatan psoriasis ini menggunakan sinar ultraviolet (UV) atau alami. Sinar matahari membunuh sel-sel darah putih yang terlalu aktif yang menyerang sel-sel kulit yang sehat, dan menyebabkan pertumbuhan sel yang cepat. Baik sinar UVA maupun UVB dapat membantu mengurangi gejala psoriasis ringan hingga sedang.

Kebanyakan orang dengan psoriasis sedang hingga parah akan mendapat manfaat dari kombinasi perawatan. Jenis terapi ini menggunakan lebih dari satu jenis pengobatan untuk mengurangi gejala. Beberapa orang mungkin menggunakan perawatan yang sama sepanjang hidup mereka. Orang lain mungkin perlu mengubah perawatan sesekali jika kulit mereka berhenti merespons apa yang mereka gunakan.

3. Rekomendasi Diet

Makanan tidak dapat menyembuhkan atau bahkan mengobati psoriasis, tapi pola makan tertentu dapat dapat mengurangi gejalanya. Jika kamu mengalami kelebihan berat badan, menurunkan berat badan dapat mengurangi keparahan kondisi ini.

Kehilangan berat badan juga dapat membuat perawatan lebih efektif. Tidak jelas bagaimana berat berinteraksi dengan psoriasis, jadi meskipun gejala kamu tidak berubah, penurunan berat badan masih baik untuk kesehatan secara keseluruhan.

Kurangilah asupan lemak jenuh dan tingkatkan asupan protein tanpa lemak yang mengandung asam lemak omega-3, seperti salmon, sarden, dan udang. Sumber tanaman omega-3, termasuk kacang walnut, biji rami, dan kedelai.

Psoriasis menyebabkan peradangan, dan beberapa makanan tertentu juga dapat menyebabkan peradangan. Oleh sebab itu, menghindari makanan ini dapat memperbaiki gejala penyakit kulit tersebut. Makanan-makanan ini termasuk daging merah, gula halus, makanan yang diproses, dan produk susu.

Di samping itu, konsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko penyakit kulit ini kambuh. Kurangi atau berhentilah sama sekali. Jika kamu memiliki masalah dengan penggunaan alkohol, dokter dapat membantu kamu membentuk rencana perawatan.

Pilihan Perawatan Alternatif 

Beberapa penelitian mengklaim bahwa terapi alternatif (pengobatan integratif) dapat meringankan gejala psoriasis. Tak satupun metode perawatan tersebut didukung oleh bukti kuat. Namun,  beberapa metode tersebut dinilai aman dan dapat membantu mengurangi rasa gatal dan kulit bersisik pada psoriasis ringan hingga sedang. Berikut adalah beberapa pilihan perawatan alternatif tersebut: 

  • Krim ekstrak lidah buaya

Diambil dari daun tanaman aloe vera atau lidah buaya, krim ini diduga dapat mengurangi kulit bersisik, gatal dan peradangan. 

  • Suplemen minyak ikan

Terapi minyak ikan secara oral yang digunakan dalam kombinasi dengan terapi UVB dapat mengurangi luasnya ruam. Bahkan, mengoleskan minyak ikan ke kulit yang terkena psoriasis dan menutupinya dengan pembalut selama enam jam sehari, dikabarkan juga dapat memperbaiki kerak.

  • Anggur Oregon

Anggur Oregon atau yang juga dikenal sebagai barberry dapat dioleskan ke kulit dan dipercaya dapat mengurangi keparahan psoriasis.

Jika pengidap psoriasis mempertimbangkan pengobatan alternatif untuk meringankan gejalanya, penting untuk terlebih dahulu berdiskusi dengan dokter. Khususnya terkait manfaat, risiko, dan efektivitasnya pada kondisi kulit pengidap psoriasis. 

Itulah penjelasan mengenai beberapa cara tepat merawat kulit yang terkena psoriasis yang dibedakan berdasarkan tiga kategori. Mulai dari perawatan topikal, terapi cahaya, dan rekomendasi diet.

Selain itu, ada juga beberapa pilihan pengobatan alternatif yang dipercaya aman dan dapat membantu meredakan gejala psoriasis ringan hingga sedang. Namun,  sayangnya tak satupun metode perawatan tersebut didukung oleh bukti kuat. 

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar psoriasis, segeralah berdiskusi dengan dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

NHS. Diakses pada 2022. Psoriasis. 

Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Psoriasis.