• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Pertolongan Pertama pada Anak Biduran

Catat, Ini Pertolongan Pertama pada Anak Biduran

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Catat, Ini Pertolongan Pertama pada Anak Biduran

“Anak biduran sebenarnya bukan hal yang harus dikhawatirkan. Pasalnya, kondisi ini umumnya bersifat ringan dan jarang berdampak fatal. Namun, anak-anak yang mengalami kondisi ini mungkin akan merasa tidak nyaman dan kesakitan. Maka dari itu, orangtua perlu tahu apa saja pertolongan pertama yang bisa dilakukan.

Halodoc, Jakarta – Anak biduran bisa membuat orangtua merasa khawatir. Kondisi ini biasanya ditandai dengan gejala munculnya bentol atau ruam di permukaan kulit anak. Biduran juga bisa disertai dengan gejala gatal dan nyeri sehingga membuat Si Kecil menjadi lebih rewel serta merasa tidak nyaman. Namun jangan khawatir, pertolongan pertama untuk kondisi ini ternyata cukup sederhana!

Saat Si Kecil mengalami atau menunjukkan gejala biduran, ayah dan ibu bisa melakukan beberapa cara untuk meredakannya. Namun, hal pertama yang mungkin harus dilakukan adalah menenangkan anak dan mencegahnya menggaruk bagian kulit yang terasa gatal. Pasalnya, hal itu malah bisa memicu rasa tidak nyaman bertambah dan memperlambat proses penyembuhan.

Baca juga: Biduran Bisa Menular? Cari Tahu Dulu Faktanya

Cara Mengatasi Anak Biduran dengan Mudah

Biduran bisa membuat anak merasa tidak nyaman dan kesakitan. Gejala bentol yang muncul juga mungkin membuat ngeri. Urtikaria alias biduran merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan bilur alias bentol yang muncul di permukaan kulit. Bentol yang muncul berwarna merah atau putih dan terasa gatal bahkan nyeri. Kabar baiknya, anak biduran biasanya tidak terjadi dalam jangka waktu lama. Kondisi ini umumnya bersifat ringan dan bisa hilang dengan sendirinya.

Bentol tanda penyakit bisa muncul di satu bagian tubuh saja atau menyebar ke bagian tubuh lainnya. Meski jarang berbahaya, pengobatan dan perawatan yang tepat perlu dilakukan untuk membantu mempercepat pemulihan dan menghindari kondisi memburuk. Berikut ini beberapa tips mengatasi biduran anak yang bisa dilakukan di rumah:

          Jangan Menggaruk

Bentol yang muncul biasanya disertai dengan rasa gatal. Saat itu terjadi, Si Kecil mungkin tidak tahan untuk menggaruknya. Namun, orangtua sebaiknya mencegah anak melakukan hal tersebut. Menggaruk kulit yang biduran bisa membuat bentol semakin parah dan memicu terjadinya luka pada area kulit yang digaruk.

          Mengompres Kulit

Daripada menggaruk kulit, saat gatal melanda ayah dan ibu bisa mencoba untuk mengompres area yang gatal. Gunakan kain atau handuk bersih yang sudah direndam air, kemudian peras dan tempelkan pada kulit anak yang terasa gatal.

Baca juga: Ini Alasan Gatal Biduran Enggak Boleh Digaruk

          Mandikan Anak

Memandikan Si Kecil dengan air bersih juga bisa membantu mempercepat pemulihan dari biduran. Namun ingat, jangan mandikan anak dengan air hangat karena bisa membuat kulit lebih kering dan semakin gatal. Gunakan air dengan suhu ruangan dan hindari menggunakan sabun mandi atau produk yang mengandung bahan kimia keras.

          Gunakan Losion Khusus  

Ada losion khusus yang bisa membantu meredakan gatal akibat anak biduran. Ibu bisa membalurkan losion ke area tubuh yang mengalami bentol untuk membantu mengurangi rasa sakit dan perih akibat biduran. Pilihlah jenis losion yang mengandung Calamine dan oleskan pada area kulit yang mengalami bentol.

Jika penggunaan losion tidak juga membantu dan biduran pada kulit tak kunjung menghilang atau bahkan semakin parah, segera bawa anak ke rumah sakit. Dengan begitu, Si Kecil bisa mendapatkan pertolongan medis segera dan penyebab munculnya bentol di permukaan kulit bisa diketahui. Cari tahu daftar rumah sakit yang bisa dikunjungi melalui aplikasi Halodoc. Download Halodoc di App Store atau Google Play!

Baca juga: Biduran, Alergi atau Penyakit?

          Pakaian yang Nyaman dan Longgar

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah memakaikan baju yang nyaman dan longgar pada anak. Hal ini bisa membantu mempercepat penyembuhan kulit.

Referensi
NHS UK. Diakses pada 2021. Hives.
Healthline. Diakses pada 2021. Hives.
Medscape. Diakses pada 2021. Urticaria (Hives).
WebMD. Diakses pada 2021. What Are Hives and Angioedema?