• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Syarat untuk Menjadi Relawan Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Syarat untuk Menjadi Relawan Kesehatan

Catat, Ini Syarat untuk Menjadi Relawan Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 05 Desember 2022

“Untuk menjadi relawan kesehatan, ada beberapa syarat yang perlu kamu penuhi. Namun, syaratnya bisa berbeda-beda tergantung instansi.”

Catat, Ini Syarat untuk Menjadi Relawan KesehatanCatat, Ini Syarat untuk Menjadi Relawan Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Menjadi relawan kesehatan, misalnya di rumah sakit, bisa jadi cara yang bagus untuk membantu komunitas dan pihak yang membutuhkan. Ini juga bisa membantu kamu untuk mengetahui apakah kamu ingin mengejar karier di bidang kedokteran atau tidak. 

Bagi yang sedang menempuh pendidikan di bidang kesehatan, ini juga menjadi cara yang bagus untuk menambah pengalaman. Namun, apa saja syarat yang perlu kamu penuhi? Yuk simak penjelasannya!

Syarat Menjadi Relawan Kesehatan

Sebenarnya, setiap rumah sakit atau instansi yang mencari relawan kesehatan punya syarat tersendiri. Namun, secara umum, syarat yang perlu kamu penuhi jika ingin jadi relawan kesehatan adalah:

  • Mengisi formulir aplikasi, berdasarkan lokasi dan pilihan rumah sakit.
  • Mengikuti sesi orientasi dan tes pemeriksaan kesehatan. 
  • Berusia minimal 16 atau 17 tahun, tetapi bisa berubah tergantung pada kebijakan masing-masing.
  • Melampirkan catatan kriminal, jika memilikinya.
  • Menghadiri pertemuan informal singkat dengan staf perwalian perawatan kesehatan.
  • Tergantung pada pekerjaan sukarelanya, kamu mungkin harus menyelesaikan pelatihan singkat.

Manfaat Menjadi Relawan Kesehatan

Menjadi relawan kesehatan bermanfaat bagi sukarelawan, pasien, keluarga, dan pekerja medis. Relawan sering mendapat manfaat dari bertemu orang baru, mempelajari keterampilan baru, mendapatkan pengalaman, dan meningkatkan harga diri. 

Bertemu orang baru membantu meningkatkan keterampilan sosial dan meningkatkan jaringan sosial individu. Relawan juga dapat berteman dengan sesama relawan atau pasien. 

Persahabatan sangat penting, karena ini membantu kamu melewati masa-masa sulit dan berkontribusi pada rasa percaya diri yang lebih besar. Mempelajari keterampilan baru juga merupakan manfaat yang berharga bagi relawan kesehatan. 

Keterampilan tersebut dapat membantu relawan dengan tugas sehari-hari. Seperti mengoperasikan komputer, atau dengan tugas terkait karier yang akan membantu kamu mendapatkan pekerjaan.

Menjadi relawan kesehatan di rumah sakit hanyalah cara untuk mendapatkan pengalaman seumur hidup. Ini juga sangat membantu dalam karier di bidang kesehatan dan untuk meningkatkan kepercayaan diri. Kamu juga akan mendapatkan beberapa keterampilan tambahan di bidang medis.

Selain itu, relawan juga mendapat manfaat secara fisik dan emosional dari layanan yang mereka lakukan. Kesukarelawanan dapat membantu memerangi depresi, mengurangi rasa sakit kronis, mengurangi gejala penyakit jantung, dan dapat membantu memperbarui kreativitas. 

Selain itu, rumah sakit seringkali menawarkan program edukasi tentang masalah kesehatan yang dapat diikuti oleh para relawan kesehatan. Jadi, tak hanya membantu orang lain, kesehatan kamu pun bisa terbantu. 

Meskipun mungkin relawan kesehatan tidak mendapat bayaran, bisa jadi ada keuntungan finansial untuk menjadi relawan di rumah sakit. Misalnya makanan gratis untuk relawan yang bekerja dalam shift empat jam, serta klub kesehatan dan diskon bisnis. Tergantung pada kebijakan rumah sakit atau instansi yang menaungi. 

Selain memberikan kontribusi yang berarti bagi rumah sakit dan masyarakat, ada banyak manfaat lain dari menjadi relawan kesehatan. Sebab, kamu akan bertemu orang baru, menjalin pertemanan baru, dan terpapar keterampilan baru. 

Itulah pembahasan mengenai syarat menjadi relawan kesehatan dan manfaat yang bisa kamu peroleh. Ternyata, tak hanya menolong orang lain, kamu pun bisa mendapat banyak manfaat saat menjadi relawan, ya. 

Namun, untuk bisa menolong orang banyak, kamu juga harus memerhatikan kesehatan pribadi. Jika mengalami masalah kesehatan, jangan tunda untuk download Halodoc dan membuat janji rumah sakit dengan dokter yang tepercaya. 

Referensi:
Volunteering Solutions. Diakses pada 2022. How To Volunteer At A Hospital?
Practical Adult Insight. Diakses pada 2022. How can I Become a Hospital Volunteer?
Edu Med. Diakses pada 2022. Volunteering in Healthcare: How to Gain Experience While Giving Back.