• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Tanda Depresi Berdasarkan Usia dan Keparahannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Ini Tanda Depresi Berdasarkan Usia dan Keparahannya

Catat, Ini Tanda Depresi Berdasarkan Usia dan Keparahannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 November 2022

“Tanda depresi akan dialami berbeda-beda oleh tiap pengidapnya. Kamu perlu mengetahui gejala yang bisa terjadi sesuai dengan kelompok usia.”

Catat, Ini Tanda Depresi Berdasarkan Usia dan KeparahannyaCatat, Ini Tanda Depresi Berdasarkan Usia dan Keparahannya

Halodoc, Jakarta – Depresi adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat terus menerus. Kondisi ini dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, kesehatan fisik, hingga perilaku seseorang. Jika tanda depresi yang muncul tidak segera mendapatkan penanganan, ini dapat menyebabkan gangguan aktivitas hingga penurunan kualitas hidup pengidapnya.

Depresi dapat terjadi oleh siapa saja dan kapan saja. Untuk itu sangat penting mengetahui berbagai tanda depresi yang dialami oleh seseorang sesuai dengan usia dan tingkat keparahannya. Jika kerabat atau anak mengalami kondisi ini, sebaiknya segera lakukan penanganan agar kondisi kesehatan mereka kembali membaik.

Tanda Depresi Sesuai dengan Usianya

Depresi dapat memengaruhi kehidupan pengidapnya. Gejalanya pun akan dialami berbeda oleh tiap pengidapnya. Berikut adalah tanda depresi sesuai dengan usia pengidapnya, yaitu:

Anak-Anak

Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga berisiko mengalami depresi. Tanda yang paling umum terjadi pada anak yang mengalami depresi adalah menjadi lebih rewel, lebih mudah menangis, dan tidak bersemangat. Selain itu, anak juga akan terlihat sedih dan putus asa terus menerus.

Kondisi ini akan muncul bersamaan dengan tanda lain, seperti kehilangan minat pada kegiatan yang biasa dilakukan, tidak mau sekolah, menjadi lebih murung, mengalami gangguan makan, hingga penurunan kemampuan fokus atau konsentrasi.

Anak-anak juga akan menjadi lebih lekat dan tidak dapat terpisah dari orang tua. Jika anak mengalami gejala yang terkait dengan depresi, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan pada psikolog anak. 

Remaja

Perubahan suasana hati sangat sering terjadi pada usia 12-18 tahun. Namun, perhatikan suasana hati yang memburuk dan berlangsung dalam waktu yang cukup lama.

Kelompok usia ini sangat rentan mengalami kondisi stres dan depresi. Ada berbagai hal yang memicu remaja mengalami stres, seperti perubahan hormonal, tekanan lingkungan dan keluarga, hingga gangguan tidur.

Gejala depresi pada anak remaja bisa ditandai dengan emosi yang lebih mudah meledak, menjadi sangat sensitif, dan mengalami gangguan tidur. Biasanya, depresi juga dapat menyebabkan anak remaja menghindari teman, kerabat, hingga keluarga.

Dewasa

Pada usia 19-29 tahun, dewasa muda sering mengalami depresi akibat perubahan besar dalam hidupnya. Ada beberapa gejala yang perlu kamu perhatikan, seperti rasa sedih terus menerus, putus asa, percaya diri yang rendah, kesulitan mengambil keputusan, hingga mengalami gangguan cemas.

Sedangkan, dewasa usia 30-59 tahun yang mengalami depresi dapat ditandai dengan perasaan yang hampa, putus asa, sedih, kehilangan daya tarik dalam kegiatan seksual, kelelahan, gerakan yang menjadi lebih lambat, gangguan pola makan, hingga gangguan tidur.

Lanjut Usia

Ada berbagai gejala yang dialami oleh kelompok lanjut usia saat mengalami depresi, seperti gangguan tidur, kesepian, kelelahan, kesulitan fokus dan membuat keputusan, hingga suasana hati yang tidak kunjung membaik.

Selain tanda pada kesehatan mental, biasanya depresi juga akan menyebabkan gejala pada fisik. Penurunan berat badan, wajah yang terlihat muram, nyeri sendi, sakit kepala, hingga pusing menjadi beberapa tanda fisik yang terjadi saat seseorang mengalami depresi.

Segera tanyakan langsung pada psikolog menggunakan Halodoc jika anak, keluarga, atau kerabat mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan depresi. Kamu bisa bertanya melalui Video/Voice Call atau Chat dengan psikolog untuk mengetahui perawatan yang bisa kamu lakukan di rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang jaga melalui App Store atau Google Play.

Banner download aplikasi Halodoc
Referensi:
U.S. National Institute on Aging. Diakses pada 2022. Depression and Older Adults.
Sutter Health. Diakses pada 2022. Depression Symptoms by Age Group.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Depression.