• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Kacang Almond Bisa Redakan Gejala 5 Penyakit Ini
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Catat, Kacang Almond Bisa Redakan Gejala 5 Penyakit Ini

Catat, Kacang Almond Bisa Redakan Gejala 5 Penyakit Ini

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 September 2022

“Manfaat kacang almond untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kacang ini efektif untuk menurunkan risiko obesitas hingga mencegah penyakit kanker.”

Catat, Kacang Almond Bisa Redakan Gejala 5 Penyakit IniCatat, Kacang Almond Bisa Redakan Gejala 5 Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta – Kacang almond sangat kaya akan nutrisi yang memang penting dan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya vitamin, kacang almond juga rendah karbohidrat dan kaya kandungan lemak sehat serta antioksidan. 

Kacang ini juga bisa dinikmati dengan banyak cara, seperti menjadi taburan kue, diolah menjadi produk susu, dan dikonsumsi langsung dengan cara dipanggang. Bahkan, kacang satu ini juga bisa diolah sebagai minyak yang punya segudang manfaat untuk kesehatan rambut dan kulit.

Manfaat Kacang Almond

Berkat nutrisi yang terkandung di dalamnya, kacang almond diyakini membawa banyak sekali manfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menurunkan risiko obesitas

Kalori yang terdapat pada kacang almond sebenarnya bisa dikatakan cukup tinggi. Namun, konsumsinya hingga sebanyak 100 gram tidak membuat berat badan bertambah, lho. Selain itu, kacang almond juga tinggi serat, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Ini artinya, nafsu makan akan menurun, begitu pula berat badan. Terlebih lagi, konsumsi kacang almond secara rutin juga efektif untuk mengurangi penumpukan lemak pada perut. Namun, pastikan kamu mengimbangi dengan pola makan dan pola hidup sehat agar berat badan tetap ideal, ya!

2. Mengurangi risiko gangguan jantung

Almond menjadi salah satu jenis kacang-kacangan yang ternyata bisa membantu meningkatkan kadar lemak baik di dalam tubuh. Mengonsumsi kacang ini juga diyakini efektif untuk menjaga jantung tetap sehat. Konsumsinya yang dibarengi dengan pola makan sehat dipercaya dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. 

3. Mengontrol gula darah

Indeks glikemik kacang almond yang rendah menjadikan kacang ini baik dikonsumsi bagi pengidap diabetes tipe 2. Sebab, konsumsinya tidak akan memicu peningkatan kadar gula darah. Selain itu, pengidap diabetes tipe 2 yang mengonsumsi kacang almond juga cenderung mempunyai gula darah yang lebih terkendali. 

4. Mencegah kanker

Kandungan penting lain yang ditemukan dalam kacang almond adalah antioksidan. Kandungan ini diyakini dapat membantu menurunkan tingkat risiko terjadinya kanker, misalnya kanker pada usus besar. Konsumsi kacang ini secara teratur disebutkan dapat membantu menangkal radikal bebas pada tubuh, yang menjadi salah satu penyebab utama penyakit kanker. 

5. Mengurangi risiko kolesterol tinggi

Khasiat kacang almond ini didapatkan karena kandungan vitamin E yang tinggi. Vitamin E sendiri memiliki peran aktif sebagai antioksidan yang memberikan perlindungan pada sel darah dari risiko kerusakan. Selain itu, kandungan ini juga mencegah terjadinya penyumbatan pada arteri yang terjadi karena kolesterol tinggi. 

Namun, sekali lagi, semua manfaat tersebut tidak bisa kamu dapatkan serta merta hanya dengan mengonsumsi kacang almond. Kamu tentunya harus mengimbanginya dengan pola makan serta pola hidup sehat. Misalnya mengurangi makanan tinggi lemak, gula, dan garam, cukup istirahat, dan rutin berolahraga.

Selain itu, pastikan juga kamu melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin di rumah sakit. Sekarang, kamu bisa pakai Halodoc untuk buat janji di rumah sakit terdekat. Cek App Store atau Play Store untuk bisa download Halodoc di ponselmu. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds.
Verywell Fit. Diakses pada 2022. Almond Nutrition Facts: Calories, Carbs, and Health Benefits of Almonds.
United States Department of Agriculture. Diakses pada 2022. Food Data Central. Almonds.