• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Alzheimer dengan 9 Makanan Ini

Cegah Alzheimer dengan 9 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta - Banyak orang merasa lega, bahkan senang ketika kehilangan 7 kilogram berat badannya. Apalagi bagi mereka yang mengidap obesitas atau tengah menjalani program penurunan berat badan. Namun, apa jadinya bila kehilangan 7 tahun dari usia kognitifnya (kemampuan otak)? Pastinya, tak ada rasa puas apalagi bahagia. 

Alzheimer sendiri merupakan penyakit otak yang menyebabkan pengidapnya mengalami penurunan daya ingat, bicara, dan kemampuan berpikir. Dalam kebanyakan kasus, penyakit ini umumnya menyerang lansia di atas 65 tahun. 

Pertanyaannya, bagaimana sih cara mencegah alzheimer? Untungnya, ada cara simpel dan efektif untuk mencegah alzheimer. Ternyata lewat asupan makanan yang tepat alias diet sehat, kita bisa meminimalkan risiko terserang alzheimer. 

Ada diet khusus menyoal alzheimer, namanya diet MIND (Mediterranean-DASH Intervention for Neurodegenerative Delay). Diet ini merupakan gabungan dari diet Mediterania dan diet DASH. Para ahli mengambil bagian-bagian terbaik dari kedua diet tersebut, yang berkaitan dengan perlindungan otak dari demensia atau alzheimer. 

Nah, berikut ini menu MIND yang didesain khusus untuk mencegah alzheimer:

1. Gandum Utuh

Gandum utuh memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Salah satunya diduga dapat mencegah alzheimer bila dikonsumsi setiap hari. Bagaimana dengan porsinya? Setidaknya konsumsilah tiga porsi dalam satu hari. Satu porsinya sama dengan 1 cup 2 gelas gandum utuh atau 100 persen pasta gandum utuh, 100 persen sereal gandum panas, 1 iris roti gandum utuh 100 persen maupun 1 gelas sereal 100 persen gandum siap saji. 

Baca juga: Sering Lupa di Usia Muda, Mungkinkah Risiko Alzheimer Meningkat?

2. Sayuran Berdaun Hijau

Cara mencegah alzheimer juga bisa dengan rutin mengonsumsi sayuran berdaun hijau. Setidaknya konsumsilah 6 porsi sayuran hijau dalam satu minggu. Satu porsinya setara dengan 1 cup atau mangkuk. 

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan camilan atau makanan yang baik untuk otak. Untuk mencegah alzheimer, cobalah konsumsi kacang-kacangan sebanyak 5 porsi dalam seminggu. Satu porsinya sama dengan segenggam kecil (1,5 ons) kacang atau 2 sendok makan nut butter

4. Beri

Buah beri banyak mengandung antioksidan bernama anthocyanin. Antioksidan ini  bisa melindungi otak dari kerusakan lebih lanjut akibat radikal bebas. Cobalah konsumsi 2 porsi dalam satu minggu untuk membantu mencegah alzheimer. Satu porsi sama dengan setengah gelas (tanpa gula tambahan).

5. Biji-bijian

Biji-bijian juga masuk ke dalam menu untuk mencegah alzheimer. Para ahli menyarankan setidaknya kita perlu mengonsumsi tiga porsi biji-bijian dalam satu minggu. Satu porsi sama dengan setengah gelas. 

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun bisa digunakan  sebagai sumber lemak utama, atau pengganti mentega atau lemak lainnya. Diet MIND tidak menetapkan kuota harian untuk minyak zaitun. Kamu bisa menggunakan untuk mengganti mentega atau minyak untuk memasak.

Baca juga: Kenalan dengan Menu Lezat ala Diet Mediterania

7. Unggas

Selain enam menu di atas, jangan lupakan sajian unggas dalam menu makan kita. Diet MIND menyarankan untuk mengonsumsi dua porsi unggas dalam satu minggu. Satu porsi sama dengan 3 ons.

8. Ikan

Selain unggas, cara mencegah alzheimer melalui makanan juga bisa melalui sajian ikan. Setidaknya konsumsi satu porsi ikan dalam satu minggu. Satu porsinya setara dengan 3 hingga 4 ons

9. Opsional: Alkohol / Wine

Porsi harian untuk wanita satu gelas sehari. Sedangkan untuk pria sebanyak dua gelas, tidak lebih. Satu porsinya sama dengan bir 12 ons, segelas anggur 5 ons, atau satu gelas (1,5 ons) dari 80-proof spirit.

Ingat, konsumsi alkohol ini bersifat opsional. Bagi seseorang yang mengonsumsi alkohol, jangan melebihi takaran di atas. Bagi yang tidak minuman beralkohol, maka tidak perlu mengonsumsinya. 

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba diet MIND? 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa kapan dan di mana saja mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. 9 Brain-Healthy Foods for Alzheimer's Prevention.