Cegah Botak, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cegah Botak, Ini Cara Mengatasi Rambut Rontok

Halodoc, Jakarta - Rambut rontok memang menjadi masalah umum baik pada pria maupun wanita. Akar rambut yang tidak kuat, stres, salah menggunakan produk shampo, terlalu sering menggunakan produk kimia untuk rambut, menggunakan pengering dan alat pelurus rambut menjadi beberapa masalah utama seseorang mengalami rambut rontok. Jika tidak segera diatasi, rambut rontok bisa membuat kamu mengalami kebotakan dini. 

Terjadinya kerontokan rambut bisa secara bertahap atau tiba-tiba. Jika terjadi secara mendadak, biasanya karena seseorang memiliki riwayat penyakit tertentu, pola hidup atau pola makan yang tidak sehat, dan kondisi setelah melahirkan atau menyusui. Jika terjadi secara bertahap, biasanya kerontokan rambut ini erat kaitannya dengan faktor keturunan. 

Baca juga: Fakta Tentang Rambut Rontok yang Harus Diketahui

Cara Mencegah Rambut Rontok dan Mengatasinya

Mengalami kerontokan rambut membuat beberapa orang tidak heran menjadi stres. Pada akhirnya, rambut yang rontok bertambah parah, bukan berkurang. Kondisi ini sering kali mengganggu kenyamanan, sehingga tidak sedikit orang yang akhirnya menemui dokter untuk mendapatkan penanganan. 

Namun, kalau kamu tidak mau mengantre atau belum sempat berkunjung ke dokter, kamu tetap bisa mendapatkan penanganan rambut rontok langsung dari ahlinya. Caranya bagaimana? Tentu saja dengan bertanya pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Fitur Tanya Dokter akan menghubungkan kamu pada dokter yang sesuai dengan ahlinya kapan saja dan di mana saja. Cukup klik dan tanyakan, dokter akan membantumu mendapatkan solusinya. 

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Bikin Rambut Rontok

Lalu, bagaimana cara mencegah rambut rontok dan mengatasinya? Coba terapkan tips ini. 

  • Kelola stres dengan baik. Pasalnya, sebagian besar penyakit berasal dari stres yang tidak bisa dikendalikan. Termasuk rambut rontok. Jadi, supaya tubuh selalu sehat, tidak terkecuali dengan rambut yang tetap kuat, kamu harus tahu cara mengelola stres dengan baik. Kamu bisa melakukan hal-hal yang kamu sukai, seperti berolahraga, membaca, memasak, memancing atau mendengarkan musik.

  • Perbaiki pola makan. Nah, sekarang, coba deh kamu ubah pola makan yang tidak sehat yang selalu kamu lakukan. Coba ganti makanan siap saji, makanan instan, makanan manis, dengan makanan kaya protein dan vitamin B. Perbanyak sayuran dan buah-buahan, karena keduanya kaya vitamin dan mineral yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. 

  • Gunakan produk shampo yang tepat. Setiap orang memiliki tekstur rambut yang berbeda. Ada yang tipis, lebat, bergelombang, dan lurus. Tentu saja, kebutuhan samponya juga tidak sama. Jadi, cari jenis sampo yang tepat, karena salah-salah, kulit kepala bisa lebih cepat berminyak dan berketombe. Kondisi ini bisa membuat rambut semakin rontok. 

  • Hindari pemakaian pengering atau pelurus rambut terlalu sering, karena keduanya menghasilkan panas berlebihan yang memicu rambut mudah patah. Biarkan rambut mengering secara alami, biarkan rambut tumbuh sehat secara natural tanpa bantuan alat.

  • Hindari pemakaian produk perawatan rambut dengan kandungan kimia yang tinggi, misalnya cat rambut atau bahan kimia yang mampu membuat rambut lurus. Terkadang, rambut tidak selalu cocok dengan bahan-bahan kimia yang terkandung pada produk-produk tersebut. Bukan tidak mungkin, setelah diaplikasikan, justru rambut menjadi lebih cepat rusak. 

Baca juga: Kenali 4 Perawatan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok



Referensi: 
Prevention. Diakses pada 2019. Why The Heck Is My Hair Falling Out?
Healthline. Diakses pada 2019. Why Is My Hair Falling Out?
Health. Diakses pada 2019. 21 Reasons Why You’re Losing Your Hair.