• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah ISK dengan Terapkan 4 Kebiasaan Ini

Cegah ISK dengan Terapkan 4 Kebiasaan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu kerap merasakan rasa nyeri atau terbakar saat buang air kecil? Jika iya, mungkin saja kamu mengidap infeksi saluran kemih. Hal ini juga dapat dipastikan jika kamu merasakan hasrat selalu ingin buang air kecil padahal belum lama ke toilet. Selain itu, gangguan ini lebih berisiko terjadi pada wanita dibandingkan pria.

Infeksi saluran kemih terjadi karena bakteri yang masuk ke tubuh melalui uretra dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Setelah mengetahui gejala-gejala yang timbul ketika terserang infeksi saluran kemih, pasti kamu tidak ingin mengalaminya bukan? Maka dari itu, penting untuk tahu kebiasaan untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih. Berikut beberapa cara mencegahnya!

Baca juga: Anyang-Anyangan Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih?

Kebiasaan untuk Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang terjadi pada bagian sistem kemih seseorang, seperti ginjal, ureter, kandung kemih, hingga uretra. Sebagian besar infeksi yang terjadi berhubungan dengan saluran kemih bagian bawah, yaitu kandung kemih dan uretra.

Selain itu, wanita lebih berisiko untuk mengalami infeksi saluran kemih dibandingkan pria. Pasalnya, saluran kencing wanita lebih pendek, sehingga bakteri yang masuk dapat langsung menyebarkan infeksi di tempat yang vital. Bukan hanya kandung kemih, bakteri tersebut ternyata juga dapat menimbulkan infeksi pada ginjal.

Saat masuk ke ginjal, komplikasi yang berhubungan dengan organ tersebut bukan tidak mungkin dapat terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat dilakukan agar dapat cegah infeksi saluran kemih terjadi. Berikut beberapa kebiasaan baik yang dapat kamu lakukan:

  1. Menjaga Kebersihan yang Baik

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk cegah infeksi saluran kemih menyerang adalah dengan menjaga kebersihan tubuh dengan baik, terutama di area kelamin. Hal ini sangat penting dilakukan, terutama pada wanita mengingat risikonya. Kebiasaan yang harus dilakukan agar bakteri tidak mudah masuk ke area vital adalah dengan membersihkan daerah kelamin dari depan ke belakang agar bakteri dari dubur tidak berpindah. Selain itu, jika menggunakan pembalut harus sering diganti agar infeksi saluran kemih dapat dicegah.

Baca juga: Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dan Batu Kandung Kemih

  1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Cara lainnya yang dapat dilakukan agar infeksi saluran kemih dapat dicegah adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Dengan menjaga tubuh tetap terhidrasi, tubuh akan lebih sering buang air kecil yang akhirnya mengeluarkan bakteri pada saluran kemih. Cobalah untuk mengonsumsi 6 hingga 8 gelas per harinya dan batasi konsumsi alkohol dan minuman berkafein yang dapat mengiritasi kandung kemih.

Kamu juga dapat mengetahui cara cegah infeksi saluran kemih lainnya dengan bertanya pada dokter dari Halodoc. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Mengubah Kebiasaan Buang Air Kecil

Buang air kecil sangat berperan besar dalam menyingkirkan bakteri dari tubuh sebagai cara cegah infeksi saluran kemih. Semakin sering buang air kecil dapat mengurangi risiko terkena infeksi pada bagian kelaminnya tersebut. Selain itu, hindari untuk menahan kencing karena dapat membuat bakteri bertumbuh. 

Cobalah untuk membiasakan buang air kecil tidak lebih dari 3 hingga 4 jam agar kandung kemihmu tetap kosong. Pastikan melakukan hal ini jika sedang dalam keadaan hamil karena risiko ISK dapat meningkat.

  1. Kurangi Konsumsi Garam

Dengan mengurangi konsumsi garam setiap harinya dapat menjadi salah satu cara cegah infeksi saluran kemih. Hal tersebut karena diet tinggi natrium sangat berhubungan dengan peningkatan tekanan darah yang dapat menimbulkan kerusakan pada ginjal. Salah satu gangguan yang dapat terjadi pada organ tersebut adalah batu ginjal yang membuat kamu lebih jarang buang air kecil.

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Pastikan setiap hari menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik tersebut agar dapat cegah infeksi saluran kemih pada tubuh. Dengan begitu, risiko-risiko lainnya yang membahayakan kandung kemih dan ginjal dapat diminimalisir. Selain itu, manfaat lainnya juga dapat dirasakan oleh tubuh, bukan hanya terkait saluran kemih.

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infections: Prevention.
Very Well Health. Diakses pada 2020. Tips for Keeping Your Urinary System Healthy.