• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Kanker dengan CERDIK
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Kanker dengan CERDIK

Cegah Kanker dengan CERDIK

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 30 Maret 2022

“Pencegahan kanker penting untuk dilakukan sejak dini, salah satu caranya adalah dengan menerapkan CERDIK, program yang digagas oleh Kementerian Kesehatan. CERDIK terdiri dari lima langkah sederhana yang bisa membantu menjaga kesehatan dan mengurangi risiko dari berbagai jenis kanker.”

Cegah Kanker dengan CERDIK

Halodoc, Jakarta – Kamu tentu sudah akrab dengan istilah, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Hal itu juga berlaku untuk menghadapi penyakit kanker. Daripada mengobati, alangkah baiknya untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu terhadap kanker. Ini karena pengobatan kanker memberikan cukup banyak risiko. Mulai dari segi finansial, psikis, hingga kesembuhan bagi pengidapnya. 

Oleh karena itu, kamu harus sudah mulai sadar sejak dini untuk memproteksi diri dari kanker. Cara sederhananya adalah dengan CERDIK. Adalah program yang digagas oleh Kementrian Kesehatan guna mencegah dan mengendalikan potensi kanker yang muncul di kemudian hari. Simak penjelasannya di sini.

CERDIK untuk Bantu Cegah Kanker

Untuk mencegah kanker, sebenarnya mudah saja jika kamu tahu cara yang tepat untuk melakukannya. Kuncinya adalah CERDIK, yaitu C (Cek kesehatan secara rutin), E (Enyahkan asap rokok), R (Rajin akitifitas fisik), D (Diet seimbang), I (Istirahat yang cukup), dan K (Kelola stres).

1. Cek Kesehatan Secara Rutin

Sangat penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala. Dengan begitu, kamu jadi bisa memantau kondisi kesehatan dari waktu ke waktu. Jika ternyata ada gangguan kesehatan, kamu jadi bisa mengetahuinya lebih awal dan penanganan bisa dilakukan lebih cepat.

2. Enyahkan Asap Rokok

Sudah bukan rahasia lagi kalau asap rokok memang berbahaya bagi kesehatan. Bukan hanya bagi yang merokok saja, tapi orang yang tidak merokok alias perokok pasif bisa mendapatkan dampak negatifnya. Jika kamu mengurangi kebiasaan merokok, atau bahkan berhenti sama sekali dari rokok, maka risiko terkena gangguan kesehatan yang berhubungan dengan pernafasan dan jantung pasti menurun.

3. Rajin Aktivitas Fisik

Manfaat berolahraga secara rutin juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain bisa membantu kamu menjaga berat badan, aktivitas fisik sendiri bisa mengurangi risiko kanker payudara dan kanker usus besar. Jadi, usahakanlah untuk melakukan aktivitas aerobik sedang setidaknya 150 menit setiap minggu, atau olahraga berintensitas tinggi minimal 75 menit setiap minggu.

4. Diet Seimbang

Mengatur pola makan sangat penting jika kamu ingin punya tubuh yang sehat. Hindari makanan tinggi kolesterol dan berlemak. Mulai santap makanan dengan gizi seimbang serta kaya serat seperti buah dan sayuran.

5. Istirahat yang Cukup

Oleh karena padatnya aktivitas, kadang kamu mengabaikan kebutuhan tubuh untuk beristirahat. Padahal setelah bekerja seharian, tubuh sangat butuh waktu untuk mengembalikan energi yang digunakan seharian. Biasakan untuk tidur berkualitas selama delapan jam setiap malam, sehingga tubuh kembali berenergi.

6. Kelola Stres

Kanker juga bisa disebabkan oleh stres. Hal itu karena besarnya tekanan yang dirasakan tubuh secara psikologis. Misalnya, kelelahan bekerja, beban pikiran, serta hal lainnya. Stres ini akhirnya bisa memengaruhi gaya hidup, misalnya jadi suka mengonsumsi alkohol atau merokok berlebihan, makan berlebihan, bekerja berlebihan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, salah satu CERDIK untuk cegah kanker yang bisa kamu lakukan adalah kelola stres dengan baik dengan melakukan hal-hal yang menenangkan, seperti yoga dan meditasi.

Perlu kamu ketahui bahwa hingga saat ini, kanker masih menjadi penyebab kematian yang tinggi di Indonesia. Meski termasuk penyakit yang tidak menular, tetapi tetap saja jumlah angka kematian yang tinggi mempengaruhi secara ekonomi dan sosial.

Oleh karena itu, kamu perlu menjaga kesehatan sejak dini. Salah satu caranya adalah “mengamalkan” CERDIK. Jadi, kamu sudah tahu cara mencegah kanker, bukan?

Sedia selalu aplikasi Halodoc juga ya di smartphone kamu. Dengan Halodoc, kamu bisa bicara langsung dengan dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Jadi kalau kondisi kesehatan kamu terganggu, kamu tetap bisa tanya dokter kapan dan di mana saja. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan. Diakses pada 2022. CERDIK Tanggulangi Kanker.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Cancer prevention: 7 tips to reduce your risk