Cegah Kanker Lidah dengan Kebiasaan Sederhana Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cegah Kanker Lidah dengan Kebiasaan Sederhana Ini

Halodoc, Jakarta – Ketika mendengar kanker tentunya dapat membuat kamu ngeri. Penyakit kanker memang masih menjadi penyakit yang cukup menakutkan bagi banyak orang. Sebenarnya, penyakit kanker masih bisa dicegah dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Tentang Kanker Lidah

Menjalankan gaya hidup sehat dapat menghindari kamu dari berbagai macam jenis kanker, salah satunya adalah kanker lidah. Kanker lidah muncul akibat adanya pembelahan sel-sel yang abnormal pada permukaan lidah.

Ada beberapa gejala yang menandakan penyakit kanker lidah pada seseorang. Sebaiknya jangan sepelekan dan segera periksa kondisi kesehatan pada rumah sakit terdekat untuk memastikan gejala yang kamu alami.

Jenis kanker lidah yang sering dialami adalah sel kanker bersisik. Agar kondisi ini dapat ditangani lebih dini, sebaiknya ketahui gejala yang dapat muncul pada pengidap kanker lidah. Sebaiknya jangan sepelekan sariawan yang tidak kunjung sembuh. Sariawan yang umum terjadi dapat hilang ketika dilakukan pengobatan, namun sariawan yang menjadi tanda kanker lidah sulit hilang meskipun sudah dilakukan pengobatan.

Munculnya bercak putih atau plak tebal pada lidah pun harus diperhatikan dan tidak boleh dianggap sepele. Kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari kanker lidah. Gejala lainnya adalah munculnya benjolan pada sekitar lidah yang membesar dan menyebabkan rasa yang tidak nyaman. 

Baca juga: Merokok Bisa Menjadi Penyebab Kanker Lidah

Lakukan pemeriksaan dini terhadap gejala yang muncul. Kamu juga bisa lakukan pencegahan terhadap kanker lidah agar gejala yang kamu tidak menjadi semakin parah. Lakukan pola makan yang sehat dan gaya hidup sehat berikut ini untuk cegah kanker lidah.

1. Hentikan Mengonsumsi Alkohol

Kamu masih memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol dalam jumlah yang besar? Sebaiknya segera hentikan kebiasaan ini. Menghentikan kebiasaan mengonsumsi alkohol dapat menghindari kamu dari berbagai jenis penyakit, salah satunya adalah kanker lidah. Tidak hanya kanker lidah, kamu bisa terhindar dari penyakit skorbut ketika kamu memiliki untuk berhenti mengonsumsi alkohol.

2. Hentikan Kebiasaan Merokok

Tidak hanya alkohol, sebaiknya hentikan kebiasaan merokok yang masih kamu lakukan hingga hari ini. Tidak hanya dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan paru, kebiasaan merokok dapat menyebabkan kamu mengalami kanker lidah. Kandungan yang terdapat dalam rokok atau tembakau dapat menyebabkan perubahan struktur genetik sel dan membelah secara abnormal.

3. Konsumsi Sayuran dan Buah

Rutin mengonsumsi sayuran dan buah masih menjadi cara yang terbaik untuk mencegah gangguan yang terjadi pada kesehatan. Ketika kamu jarang mengonsumsi sayuran dan buah, tubuh akan lebih banyak membutuhkan vitamin, mineral, dan antioksidan yang melawan radikal bebas. Ketika tubuh tidak dapat melawan radikal bebas dan mengenai sel, maka sel dapat membelah diri dan tidak terkendali.

4. Jaga Kebersihan Mulut dan Gigi

Umumnya, pengidap kanker lidah memiliki masalah dengan gangguan kesehatan mulut dan gigi sebelumnya. Tidak ada salahnya untuk menghindari penyakit kanker lidah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi. Jangan lupa untuk menyikat gigi sebanyak minimal 2 kali dalam sehari dan lakukan penyikatan gigi dengan benar.

Baca juga: 3 Pilihan Pengobatan untuk Kanker Lidah

5. Banyak Konsumsi Air Putih

Mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu kamu untuk menjaga kebersihan mulut dan gigi, selain itu, dengan mengonsumsi air kamu dapat menjaga kelembapan lidah dan membuang kotoran yang menempel pada lidah.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2019. Tongue Cancer
Web MD. Diakses pada 2019. Tongue Cancer Facts