Cegah Kolesterol Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Puasa

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cegah Kolesterol Naik, Konsumsi 6 Makanan Ini Saat Puasa

Halodoc, Jakarta -  Bagi kamu yang mengidap kolesterol, sudah seharusnya bijak dan pintar dalam memilih makanan saat berbuka puasa. Sebab, salah memilih menu berbuka bisa membuat kolesterol dalam tubuh justru meningkat. Ingat, kandungan kolesterol yang tinggi sering tak dirasakan, tapi dampaknya sangat mematikan.

Baca juga: 5 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

Lalu, makanan apa saja sih yang bisa mencegah kolesterol naik saat puasa?

1. Ikan

Konsumsilah lemak tak jenuh ganda juga baik untuk pengidap kolesterol. Nutrisi ini bisa kita temukan dari ikan laut. Contohnya, ikan tuna atau tenggiri karena mengandung minyak tak jenuh ganda dan omega-3, yang baik untuk pengidap kolesterol tinggi. Kedua kandungan itu bisa menaikan kadar HDL dan menurunkan LDL.

2. Konsumsi Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran merupakan makanan pencegah kolesterol yang cukup baik. Kedua makanan ini kaya akan serat yang dapat menurunkan kolesterol jahat. Sayuran yang banyak mengandung serat larut dalam air, contohnya ubi jalar, terong, dan lobak. Sementara itu, buah, contohnya mangga dan jeruk.

Baca juga: Awas! Kolesterol Tinggi Picu Berbagai Penyakit

Selain itu, makanan yang mengandung saponin, seperti bayam, tomat, anggur, daun suji, dan daun katuk, juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Di samping itu, kacang-kacangan dan biji-bijian juga baik dijadikan menu berbuka untuk pengidap kolesterol.

Yang perlu diingat, pengidap kolesterol tinggi mesti membatasi asupan alpukat, sebagai gantinya pilihlah buah apel. Apel mengandung asam deglukari yang bisa membantu mengatur kadar kolesterol, dan mampu mengurangi kadar kolesterol sampai 35 persen. Namun, harus dimakan dengan kulitnya agar hasilnya maksimal.

3. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Di sela-sela berbuka, cobalah konsumsi kacang-kacangan, seperti walnut dan almond, atau biji-bijian, misalnya flaxseed yang baik untuk menjaga kolesterol tubuh. Kedua makanan ini tinggi asam lemak omega-3, sehingga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik.

4. Konsumsi Gandum Utuh

Gandung termasuk makanan pencegah kolesterol yang bisa kamu coba saat berbuka. Makanan gandum untuk tinggi akan serat, sehingga bisa menurunkan kolesterol sebanyak 10 persen. Serat yang larut dalam air terbukti mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Nah, makanan gandum yang mengandung serat larut, contohnya gandum (oat), roti gandum, dan lain-lain.

6. Probiotik

Studi dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, wanita yang rutin makan yoghurt dengan kandungan probiotik selama lebih dari 12 minggu, kadar kolesterolnya menurun dalam jumlah yang cukup signifikan.

Baca juga: Boleh Dicoba, Ini 6 Menu Berbuka yang Rendah Kalori

7. Teh hijau

Teh ini kaya akan senyawa penting yang bisa membantu kamu untuk mengatasi masalah kesehatan. Menurut studi, secangkir teh hijau yang baru diseduh cukup efektif untuk menurunkan kolesterol LDL.

Bagaimana, tertarik untuk mencoba menu makanan di atas? Ingat, Kadar kolesterol darah yang tinggi enggak hanya berkaitan dengan penyakit jantung saja, tapi juga stroke yang selalu mengintai. Dalam jangka panjang, kadar kolesterol yang tinggi ini bisa menyumbat pembuluh darah yang berakibat fatal bagi tubuh.

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah di atas? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!