• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Penyakit Kronis, Ini 8 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Penyakit Kronis, Ini 8 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan

Cegah Penyakit Kronis, Ini 8 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 Desember 2022

"Buah langsat mengandung antioksidan yang bisa mencegah penyakit kronis. Kandungan seratnya juga bisa menjaga berat badan tetap ideal."

Cegah Penyakit Kronis, Ini 8 Manfaat Buah Langsat bagi KesehatanCegah Penyakit Kronis, Ini 8 Manfaat Buah Langsat bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Buah langsat mungkin terdengar cukup asing bagi sebagian orang. Meski begitu, buah yang mirip seperti duku ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan, lho! Kandungan polifenolnya dipercaya bisa mengontrol kolesterol dalam darah. 

Manfaat tersebut juga berasal dari kandungan serat tidak larutnya. Serat dalam buah langsat menghambat penyerapan lemak jenuh yang berdampak negatif untuk tubuh. Khasiat ini tentu saja didambakan oleh para pengidap kolesterol. 

Sederet Manfaat Buah Langsat

Berikut berbagai manfaat buah langsat untuk kesehatan:

1. Mengatasi sembelit

Kunci utama pencernaan yang sehat adalah mencukupi kebutuhan serat. Nah, sumber serat ini bisa kamu penuhi dari buah langsat. Setiap 100 gram buah langsat  mengandung dua gram serat. Tentunya, jumlah ini cukup untuk memenuhi delapan sampai 11 persen kebutuhan serat seseorang. Ketika asupan ini terpenuhi, masalah seperti sembelit bisa diantisipasi. 

2. Mengontrol berat badan

Serat juga bisa mengontrol berat badan kamu. Sebab, asupan ini bisa membuat kamu kenyang lebih lama sehingga tidak makan berlebihan. Meski begitu, tetap perhatikan jumlah kalorinya, ya. Sebab, setiap 100 gram langsat saja sudah mengandung 57 kalori. Meskipun jumlah kalorinya masih lebih rendah ketimbang duku, sebaiknya hindari makan berlebihan. 

3. Aman untuk pengidap diabetes

Belum ada bukti yang kuat kalau buah langsat bisa mencegah atau mengelola penyakit diabetes. Namun, buah ini sudah dipastikan aman untuk para pengidap diabetes. Lagi-lagi karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Serat yang tidak larut tersebut bisa mencegah berat badan berlebih. Obesitas atau berat badan berlebih adalah salah satu faktor risiko utama diabetes. 

4. Menjaga fungsi saraf

Buah langsat mengandung berbagai vitamin B kompleks, seperti vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3 dan asam folat. Seluruh zat-zat tersebut membantu proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan juga protein. Kandungan B2 yang cukup tinggi juga mampu menjaga fungsi sistem saraf agar tetap optimal. 

5. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular mencakup serangan jantung, stroke dan hipertensi. Penyakit-penyakit tersebut bisa kamu cegah dengan buah yang masih satu spesies dengan duku, lho! Manfaat ini berasal dari kandungan kaliumnya yang cukup tinggi. Senyawa tersebut mampu mengendalikan detak jantung dan tekanan darah.

6. Menjaga kesehatan gigi

Kandungan fosfor yang pada buah langsat mampu menjaga kesehatan gigi. Bukan itu saja, senyawa tersebut juga terbukti mencegah sederet permasalahan gigi, seperti sakit gigi, menguatkan gigi, dan mencerahkan gigi secara alami.

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

Khasiat ini berasal dari vitamin C pada buah langsat. Vitamin yang satu ini masuk dalam kategori antioksidan yang mampu melawan radikal bebas. Terlalu banyak radikal bebas dalam tubuh bisa merusak sel-sel sehat sehingga kamu gampang jatuh sakit.

8. Mencerahkan kulit

Bukan cuma kesehatan, buah langsat juga punya khasiat kecantikan. Beberapa produk perawatan kecantikan bahkan menjadikan ekstrak langsat sebagai salah satu formulanya. Tak hanya itu, buah ini juga bisa mencerahkan sekaligus melembapkan kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidannya bisa mencegah tanda-tanda penuaan dini, seperti keriput, flek hitam, kulit kering dan kusam. 

Jika kamu butuh vitamin dan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh, segera cek di toko kesehatan Halodoc. Jangan tunggu sakit untuk minum vitamin, download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
RSUD Sawahlunto. Diakses pada 2022. 7 Manfaat Buah Langsat, Bisa Cegah Penyakit Kronis!
RS Karanggede. Diakses pada 2022. Manfaat Buah Langsat Bagi Kesehatan!