Cegah Sakit Gigi, Periksa ke Dokter Wajib 6 Bulan Sekali

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Cegah Sakit Gigi, Periksa ke Dokter Wajib 6 Bulan Sekali

Halodoc, Jakarta – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi, seperti rajin menggosok gigi dan menggunakan obat kumur untuk mencegah kuman dan bakteri berkembang dalam mulut. Tidak hanya itu, rutin memeriksakan kondisi gigi dan mulut ke dokter gigi juga menjadi cara lain yang bisa dilakukan untuk mencegah sakit gigi.

Baca juga: Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Mencegah Abses Gigi

Jangan sepelekan pemeriksaan gigi dan mulut ke dokter gigi dengan rutin selama 6 bulan sekali. Ada banyak manfaat yang bisa dirasakan ketika kamu rutin melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut pada dokter. Ini ulasannya.

Alasan Kamu Wajib Rutin Periksa Gigi 6 Bulan Sekali

Pemeriksaan kesehatan gigi yang dilakukan secara dini membantu kamu terhindar dari berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang menyerang gigi dan mulut. Gangguan kesehatan pada gigi yang sering terjadi dan terlambat terdeteksi adalah masalah gigi berlubang.

Masalah gigi yang berlubang menjadi gangguan paling umum yang terjadi dan tidak dapat sembuh secara sendirinya. Ketika seseorang tidak menyadari kondisi giginya yang berlubang, lubang semakin membesar dan menimbulkan sakit pada gigi. 

Tidak hanya sakit gigi, lubang yang semakin membesar dapat terpapar kuman ataupun bakteri yang menyebabkan seseorang alami infeksi hingga ke akar gigi. Kondisi ini bisa mengakibatkan pembengkakan pada gigi. Daya tahan tubuh yang rendah bisa sebabkan infeksi menyebar ke bagian tubuh yang lain, seperti sinus, rahang, area leher hingga dada.

Selain mencegah sakit gigi, rutin mengunjungi dokter selama 6 bulan sekali juga mampu mengatasi masalah plak pada gigi yang menempel sehingga tidak menyebabkan karang gigi pada gigi kamu. Karang gigi yang tidak diatasi juga bisa sebabkan berbagai gangguan kesehatan pada gigi dan area mulut.

Baca juga: Ini Jenis Perawatan Gigi Anak yang Wajib Dilakukan

Rutin melakukan pemeriksaan pada dokter gigi selama 6 bulan sekali juga menjaga kesehatan tubuh secara optimal dan menghindari gangguan kesehatan. Pemeriksaan gigi secara rutin tidak hanya perlu dilakukan oleh orang dewasa, anak-anak dan lansia juga membutuhkannya. Untuk anak-anak, pemeriksaan gigi mulai dilakukan ketika gigi susu yang pertama muncul. 

Lansia juga memerlukan pemeriksaan yang juga rutin. Penuaan tidak hanya memengaruhi kondisi rambut maupun kulit, gigi dan mulut juga mengalami perubahan seiring pertambahan usia seseorang. Gigi yang mudah berlubang, mulut kering, gigi goyang, dan ompong menjadi masalah umum yang dialami para lansia. 

Jika kamu ingin memeriksakan kesehatan gigi, segera kunjungi rumah sakit terdekat. Kini kamu bisa membuat janji dengan dokter gigi pilihan secara online, caranya melalui aplikasi Halodoc. Lebih mudah dan tidak perlu mengantre lama lagi, ya.

Baca juga: Ini Manfaat Berkumur bagi Kesehatan

Selain ke Dokter, Lakukan Perawatan Gigi di Rumah

Selama di rumah, kamu perlu untuk merawat kesehatan gigi dan mulut agar terhindar dari gangguan kesehatan yang dapat menyerang. Lakukan perawatan dengan beberapa cara, seperti:

  1. Jangan lupa untuk rutin sikat gigi sebanyak 2 kali dalam satu hari saat pagi hari dan sebelum tidur. Jangan lupa untuk gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride untuk mencegah gigi berlubang.
  2. Tidak ada salahnya menjaga kebersihan dengan menggunakan benang gigi untuk menghilangkan kotoran yang berada pada sela-sela gigi.
  3. Kamu perlu untuk menjaga kebersihan lidah dengan menggunakan sikat khusus untuk lidah.
  4. Kamu juga bisa gunakan obat kumur. Pilihlah obat kumur yang tidak mengandung alkohol untuk mencegah mulut menjadi kering.

Itulah perawatan gigi dan mulut yang bisa dilakukan setiap hari di rumah. Jangan lupa juga untuk rutin memeriksakan gigi. Lebih dini pendeteksian penyakit, tentu lebih cepat pengobatan yang akan kamu jalani. Selain itu, kesempatan untuk pulih juga lebih besar.


Referensi:
Main Street Dental Clinics. Diakses pada 2019. 5 Reasons To Visit The Dentist Every 6 Months
Dental Care. Diakses pada 2019. Why Are Regular Dental Visit Important