Cegah Sakit, Ini Manfaat Puasa Bagi Si Kecil

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cegah Sakit, Ini Manfaat Puasa Bagi Si Kecil

Halodoc, Jakarta - Di bulan Ramadan ini enggak sedikit lho anak-anak yang turut berpuasa mengikuti kakak atau kedua orangtuanya. Namanya juga anak-anak, masih suka meniru orang-orang disekelilingnya. Nah, menyoal puasa ini, sebenarnya ibadah ini menyimpan banyak manfaat, termasuk untuk anak-anak.

Lantas, apa sih manfaat puasa bagi si kecil?

Baca juga: 4 Manfaat Mengajarkan Anak Puasa

1. Mengurangi Risiko Terserang Penyakit

Ketika berpuasa, tubuh kita termasuk anak-anak bisa menggunakan lemak sebagai sumber utama energi, maka proses detoksifikasi bisa terjadi. Ini dikarenakan racun-racun yang tersimpan dalam lemak akan dikeluarkan dari tubuh kita, bersamaan dengan digunakannya lemak sebagai sumber energi tubuh.

Ingat, makanan sehari-hari yang dikonsumsi Si Kecil mungkin saja mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Dengan penyaring alami saja tidak cukup, maka harus ada upaya lain untuk membuang racun tersebut. Tujuannya jelas, untuk membunuh bibit-bibit penyakit. Nah, racun ini sebagian bisa tersimpan dalam lemak.

2. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Manfaat puasa bagi Si Kecil juga baik untuk sistem pencernaannya. Aktivitas puasa akan membuat organ pencernaan tak bekerja terlalu berat seperti hari-hari biasa. Pasalnya, ketika tubuh dalam keadaan normal (tidak berpuasa), sistem pencernaan akan terus bekerja mencerna makanan secara terus-menerus.

3. Pola Makan Teratur

Manfaat puasa juga bisa membentuk pola makan anak jadi lebih teratur. Sebab, waktu makan saat puasa sudah ditentukan, yakni pada saat sahur dan berbuka. Dalam berpuasa, ibu juga bisa memilihkan makanan yang banyak mengandung gizi dan nutrisi yang ditubuhkan anak dalam masa pertumbuhannya. Menariknya lagi, anak pun bisa terhindari dari makanan tidak menyehatkan yang biasanya mereka peroleh dari jajan sembarangan.

4. Membuat Lebih Bahagia

Tradisi puasa bisa memberikan banyak keuntungan bagi mereka yang menjalankan ibadah ini. Misalnya, saat sahur dan berbuka puasa, sudah menjadi kebiasaan kita berkumpul bersama keluarga dan kerabat. Menurut seorang psikologi seperti dikutip dalam NBC News, terlibat dalam keadaan dan tradisi selama berpuasa bisa membantu anggota keluarga dan kerabat menjadi dekat satu sama lain. Nah, hal ini bisa membantu mereka yang memiliki masalah emosional.

Selain itu, setelah menjalani ibadah puasa selama beberapa hari, manfaat puasa bagi kesehatan juga akan lebih terasa. Sebab, tubuh akan menghasilkan kadar hormon endorfin yang lebih tinggi. Nah, hormon inilah yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi dan membuat Si Kecil merasa lebih baik dan bahagia secara mental.

Baca juga: Anak Enggak Boleh Puasa? Inilah 5 Manfaat Puasa Untuknya

Hal-Hal yang Mesti Diperhatikan

Saat mengajari anak berpuasa untuk pertama kali, ada banyak hal yang bisa terjadi. Misalnya, anak terlihat pucat, lemas, atau bahkan pingsan, karena tak kuat menahan haus dan lapar. Nah, agar puasa tetap berjalan aman dan menyenangkan bagi mereka, cobalah perhatikan saran ahli di bawah ini.

  • Ingatlah bahwa kegiatan puasa ini merupakan sebuah pelatihan dan persiapanan agar anak lebih akrab dengan aktivitas ibadah. So, aturan atau kebijakan yang diterapkan harus fleksibel dengan kondisi umur, fisik, dan kondisi psikologis anak.
  • Jangan lupa, anak-anak di usia 5–7 tahun masih dalam proses tumbuh. Orangtua sebaiknya jangan melupakan fakta itu, sebab anak-anak di usia tersebut kebutuhan terhadap gizi dan tidur masih tinggi.
  • Terakhir, meski ini hanya sekadar pelatihan, tapi sebaiknya pelatihan puasa ini tetap dilaksanakan dengan sungguh-sungguh. Tujuannya, agar anak belajar bahwa sebuah pekerjaan sesulit apapun harus dikerjakan dengan serius.
  • Selalu temani anak selama berlatih puasa. Jadikan latihan ini sebagai prioritas dibandingkan kegiatan lainnya. Tujuannya agar anak merasa kalau kamu terlibat dan terikat dalam berpuasa.

Mau tahu lebih jauh mengenai manfaat puasa bagi Si KEcil? Atau Si Kecil memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!