• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Selingkuh, Ini 7 Cara Jitu Menjaga Komitmen
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cegah Selingkuh, Ini 7 Cara Jitu Menjaga Komitmen

Cegah Selingkuh, Ini 7 Cara Jitu Menjaga Komitmen

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Agustus 2022

“Cara menjaga komitmen dengan pasangan sebenarnya mudah. Kuncinya ada di komunikasi dan saling menunjukkan perhatian.”

Cegah Selingkuh, Ini 7 Cara Jitu Menjaga KomitmenCegah Selingkuh, Ini 7 Cara Jitu Menjaga Komitmen

Halodoc, Jakarta – Penting bagi pasangan untuk mengetahui cara menjaga komitmen. Terutama bagi pasangan yang telah bersama selama bertahun-tahun. Komitmen merupakan keyakinan untuk tetap bersama dengan seseorang. 

Ini adalah bagian dari hubungan yang memberi rasa aman. Jadi, pasangan dapat secara terbuka mengungkapkan pikiran, perasaan, dan keinginan. Komitmen diperlukan dalam semua jenis hubungan. Lantas, bagaimana cara menjaganya? Yuk simak tipsnya! 

Cara Menjaga Komitmen dengan Pasangan

Jika kamu menginginkan hubungan yang bahagia dan langgeng, komitmen adalah salah satu yang diperlukan. Komitmen tidak berarti membunuh kebebasan kamu atau membuatmu kehilangan individualitas.

Justru, ketika berada dalam suatu hubungan, komitmen membantu kamu menjadi tangguh selama masa-masa sulit. Termasuk saat dihadapkan pada godaan untuk berselingkuh. 

Lalu, bagaimana cara menjaga komitmen dalam suatu hubungan? Berikut ini beberapa tipsnya:

  1. Habiskan Banyak Waktu Berkualitas Bersama 

Habiskan waktu berkualitas dengan pasangan secara teratur. Misalnya dengan menonton film yang menyenangkan bersama, memasak bersama, berkencan di malam hari, atau hanya berjalan-jalan sore bersama. 

Lakukan apa pun yang membuat kamu merasa dicintai dan terhubung satu sama lain. Ini dapat memperkuat ikatan dan memperkuat dedikasi pasangan terhadap pernikahan. 

  1. Berkomunikasi yang Terbuka dan Jujur

Penting untuk menyadari bahwa komunikasi adalah kunci untuk hubungan yang stabil dan langgeng. Ketika kamu dan pasangan mempraktikkan komunikasi yang sehat, kamu sedang membangun kepercayaan dalam hubungan. Ini adalah salah satu cara menjaga komitmen yang efektif.

  1. Hargai Pasangan

Penting bagi kedua pasangan untuk merasa diakui dan dihargai dalam suatu hubungan. Komitmen tidak mungkin dilakukan jika seseorang merasa tidak diinginkan, atau tidak dihargai.

Jika kamu menghargai pasangan, ia akan tahu bahwa kamu mengaguminya. Ini akan membantu meningkatkan harga diri dan keinginan pasangan untuk tetap berkomitmen dalam suatu hubungan.

  1. Jangan Mencoba Mengubah Pasangan

Ini juga merupakan salah satu cara menjaga komitmen dalam suatu hubungan. Seiring berjalannya waktu, kamu mungkin cenderung menganggap remeh pasangan dan mengubahnya sesuai keinginan kamu. 

Terkadang, ini terjadi secara tidak sengaja, tetapi akibatnya bisa tidak menyenangkan. Alih-alih mengubah apa yang sulit atau tidak bisa diubah dari pasangan, cobalah untuk menerima pasangan apa adanya. 

Jika kamu merasa ada kebiasaan buruk yang membuat kamu kesal, bicarakan dengan empati. Tetap sabar, dan jangan terburu-buru mengubahnya hanya untuk menyesuaikan selera atau keinginan kamu.

  1. Belajarlah untuk Berkompromi

Kompromi tidak berarti membunuh kebebasan kamu. Sebaliknya, ini menunjukkan kesediaan kamu untuk mempertimbangkan hubungan, bahkan di atas kepentingan dan keinginan pribadi.

Jika kedua pasangan bersedia berkompromi saat dibutuhkan, mempertahankan komitmen dalam suatu hubungan tampaknya tidak akan menjadi perjuangan yang berat.

  1. Lakukan Hal Kecil yang Membuat Pasangan Bahagia

Cara menjaga komitmen dengan pasangan sebenarnya bisa dilakukan dengan hal-hal kecil. Misalnya membantu pekerjaan rumah, membawa makanan saat pulang ke rumah, atau menuliskan surat cinta. 

Ini adalah cara sederhana tapi efektif untuk menunjukkan cinta kepada pasangan dan berkomitmen dalam pernikahan. Ini juga akan membuat pasangan merasa diakui dan dicintai.

  1. Kenang Masa Awal Jatuh Cinta

Meski sudah bertahun-tahun bersama, mengenang kembali awal pertemuan dan masa-masa romantis bisa membuat hubungan kembali hangat. Ini bisa dilakukan dengan melihat-lihat lagi album foto pernikahan, atau menonton video pernikahan bersama pasangan.

Itulah beberapa tips dan cara menjaga komitmen dengan pasangan. Jika kamu dan pasangan butuh saran dari ahlinya, segera download Halodoc untuk membuat janji medis dengan psikolog, ya.

Referensi:
Marriage. Diakses pada 2022. 15 Tips on How to Stay Committed in a Relationship.
Relish. Diakses pada 2022. 8 Real Ways to Keep a Committed Relationship Healthy.