• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Berbagai Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan Jantung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Berbagai Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan Jantung

Cek Berbagai Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan Jantung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 29 September 2022

“Kacang almond memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah baik untuk menjaga kesehatan jantung.”

Cek Berbagai Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan JantungCek Berbagai Manfaat Kacang Almond bagi Kesehatan Jantung

Halodoc, Jakarta – Mengonsumsi kacang-kacangan dianjurkan dalam menu diet sehat, salah satunya kacang almond. Berasal dari wilayah Mediterania, kacang almond adalah salah satu jenis kacang yang menyehatkan jantung dan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan secara keseluruhan.

Seperti banyak kacang lainnya, kacang almond tinggi akan lemak. Namun, lemak yang terkandung dalam kacang almond dikemas dengan lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Konsumsi jenis lemak ini memiliki dampak positif pada kesehatan jantung.

Mengapa Lemak Tak Jenuh Baik untuk Jantung?

Jika dibandingkan dengan makanan lain, lemak yang terkandung pada kacang almond bisa dibilang lebih tinggi. Lemak tidak jenuh yang terdapat pada kacang almond sangat baik untuk menjaga jantung tetap sehat. Sebab, lemak ini membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah. 

Artinya, bagi seseorang yang sedang menjaga kadar kolesterol dalam darah tetap seimbang, kacang almond bisa menjadi salah satu jenis camilan sehat yang tepat. Selain itu, lemak tak jenuh juga membantu meningkatkan kadar serotonin di siang hari, yang pada gilirannya membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari. 

Tak ketinggalan, kacang almond juga tinggi vitamin E, yang membantu mencegah infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, kacang almond juga menjadi sumber serat yang bagus, untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan atau menjaga berat badan. 

Ini berarti, konsumsi kacang almond akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Seperti disebutkan pada situs Cleveland Clinic, konsumsi kacang almond setidaknya dua kali dalam satu minggu seminggu, akan membuat tubuh lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami penambahan berat badan.

Jumlah serat yang ditemukan dalam almond juga menjadi hal yang sangat penting jika kamu mengalami diabetes tipe 2. Serat dalam kacang almond membuat gula darah menjadi lebih stabil, yang mengurangi risiko lonjakan gula darah.

Berapa Banyak Konsumsi Kacang Almond yang Baik untuk Jantung?

Namun, jika kamu mencoba mengurangi kalori, berhati-hatilah dengan kacang almond. Sebenarnya, kamu hanya perlu segenggam kecil untuk merasa kenyang berkat kandungan serat dalam kacang almond. 

Satu cangkir kacang almond mengandung sekitar 530 kalori. Jadi, mengonsumsi sekitar satu ons untuk sekitar 160 kalori sebenarnya sudah cukup. Kacang almond akan membuat tubuh kuat karena mengandung protein dalam jumlah yang tinggi. 

Banyak orang yang tidak menyangka bahwa kacang almond juga membantu membangun tulang dan gigi yang kuat. Sebab kacang almond memiliki lebih banyak kalsium dibandingkan dengan jenis kacang lainnya, yaitu sekitar 75 miligram untuk setiap ons. 

Kalsium bekerja sama dengan vitamin D untuk membantu membangun tulang dan menjaga sistem tubuh tetap berjalan pada kinerja yang optimal. Jadi, bisa dikatakan bahwa kacang almond menjadi jenis camilan setelah berolahraga yang paling disarankan.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung menjadi organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Sebab, organ satu ini punya peran yang sangat penting untuk tubuh. Bukan tidak mungkin, gangguan yang terjadi pada organ jantung akan berdampak pada organ tubuh lainnya. 

Salah satu cara menjaga kesehatan jantung adalah mengonsumsi makanan sehat, termasuk kacang almond. Selain itu, apabila kamu mengalami kondisi yang tidak biasa pada tubuh, terlebih di area dada, langsung tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa download aplikasi Halodoc di App Store dan Play Store. 

Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. How Almonds Can Improve Your Heart Health.
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Nuts and your heart: Eating nuts for heart health.
Healthline. Diakses pada 2022. 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds.
Medical News Today. Diakses pada 2022. The health benefits of almonds.