• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Amankah Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Amankah Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave?

Cek Fakta: Amankah Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 13 April 2022

“Memanaskan wadah plastik dalam microwave tidak bisa dibilang aman. Ada kandungan bisphenol A (BPA) dan phthalates (ftalat) yang bisa tercampur ke makanan dan memicu masalah kesehatan.”

Cek Fakta: Amankah Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave?

Halodoc, Jakarta – Wadah plastik hingga kini masih jadi pilihan yang nyaman untuk menyimpan aneka makanan sehat. Terlebih setelah adanya jenis plastik yang diklaim tahan panas. Banyak orang jadi suka memanaskan wadah plastik berisi makanan dalam microwave secara langsung, karena praktis. 

Memang, wadah plastik tahan panas tidak akan meleleh atau berubah bentuk ketika dimasukkan ke dalam microwave. Namun, apakah cara memanaskan makanan seperti ini aman bagi kesehatan? Yuk simak pembahasannya!

Potensi Bahaya Memanaskan Wadah Plastik dalam Microwave

Meski saat ini memanaskan makanan dalam wadah plastik di microwave adalah hal yang biasa, tetap ada potensi bahaya yang mengintai. Sebab,  menurut National Institute of Environmental Health Sciences (NIEHS), suhu tinggi microwave dapat menyebabkan bahan kimia terlepas dari plastik.

Salah satunya adalah BPA, komponen yang sering ditemukan pada wadah makanan plastik, botol air, dan benda plastik lainnya. Saat plastik terurai dalam microwave, bahan kimia tersebut dapat larut ke dalam makanan dan masuk ke tubuh.

BPA bukan satu-satunya bahan kimia yang perlu diwaspadai saat memanaskan wadah plastik. Ada juga bahan bernama ftalat, yang memberikan fleksibilitas dan daya tahan pada wadah plastik. Bahan ini juga dapat larut ke dalam makanan.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), Paparan ftalat telah terbukti mempengaruhi sistem reproduksi hewan. Akan tetapi, belum jelas bagaimana bahan kimia ini mempengaruhi kesehatan manusia secara khusus. Namun, tidak ada salahnya untuk mewaspadainya.

Terlalu banyak paparan bahan kimia dalam plastik, terutama BPA, telah dikaitkan dengan masalah kesehatan tertentu. BPA secara khusus terutama terkait dengan masalah kesehatan pada anak-anak.

Beberapa beberapa potensi masalah kesehatan lain yang perlu diwaspadai adalah:

  1. Gangguan Hormon

Beberapa senyawa bisphenol dalam wadah plastik dapat mengganggu endokrin. Ini berarti bahwa bahan ini berpotensi mempengaruhi kesuburan, pubertas dan bahkan perkembangan kanker.

Menurut studi pada 2015 di jurnal Medicine, BPA dapat meniru hormon seperti estrogen. Ini dapat menyebabkan perubahan perilaku sel yang pada akhirnya memicu perkembangan kanker.

  1. Gangguan Belajar hingga Mood

Paparan BPA dapat menempatkan anak-anak pada peningkatan risiko untuk mengembangkan gangguan belajar, perilaku, dan suasana hati tertentu karena otak mereka masih berkembang. Beberapa kondisi yang perlu diwaspadai adalah gangguan belajar dan perilaku seperti ADHD, gangguan kecemasan, dan depresi.

Selain dua risiko bahaya di atas, banyak juga risiko masalah kesehatan lain yang perlu diwaspadai, seperti:

  • Diabetes tipe 2.
  • Kegemukan.
  • Penyakit jantung.

Pilih Wadah Makanan Lain

Meskipun plastik tahan panas secara teknis dapat dimasukkan ke dalam microwave, tetap ada risiko bahaya memanaskan wadah plastik. Jadi, sebaiknya gunakan wadah makanan lain saja jika memungkinkan, seperti:

  • Wadah kaca tahan panas. Wadah seperti ini dirancang untuk menahan suhu gelombang mikro yang tinggi, tanpa pecah dan memiliki permukaan yang tidak berpori. 
  • Piring kertas. Ini bisa jadi pilihan yang aman. Namun, hindari piring kertas yang memiliki lapisan plastik, ya.
  • Piring keramik. Wadah ini juga bisa menahan panas gelombang mikro dan mencegah perpindahan bahan kimia ke makanan.

Nah, itulah pembahasan mengenai risiko memanaskan wadah plastik dalam microwave, dan pilihan wadah lain yang lebih aman digunakan. Meski memanaskan makanan dalam wadah plastik di microwave adalah hal yang umum dilakukan, sebaiknya hindari kebiasaan ini karena berpotensi menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. 

Jika terpaksa harus menggunakan wadah plastik, pastikan wadah tersebut memiliki label BPA-free atau bebas BPA. Ini untuk menghindari kemungkinan masalah kesehatan yang tadi dijelaskan.

Selain itu, perlu diketahui juga bahwa risiko masalah kesehatan juga bisa terjadi jika wadah plastik dipanaskan dengan cara lain. Bukan hanya di microwave saja. 

Jika kamu mengalami masalah kesehatan apapun, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk buat janji dengan dokter di rumah sakit favoritmu, ya. Pastikan sudah download Halodoc di ponselmu!

Referensi:
National Institute of Environmental Health Sciences. Diakses pada 2022. Bisphenol A (BPA).
CDC. Diakses pada 2022. Phthalates Factsheet.
Medicine. Diakses pada 2022. Bisphenol A and Hormone-Associated Cancers: Current Progress and Perspectives.
Livestrong. Diakses pada 2022. How Bad Is It Really to Microwave Plastic?