• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Amankah Minum Kopi setelah Vaksin COVID-19?

Cek Fakta: Amankah Minum Kopi setelah Vaksin COVID-19?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cek Fakta: Amankah Minum Kopi setelah Vaksin COVID-19?

“Ada beberapa ritual yang mungkin dilakukan setelah mendapatkan vaksin COVID-19. Salah satu yang banyak orang lakukan adalah mengonsumsi kopi. Hal ini dipercaya dapat membantu untuk mencegah efek samping setelah vaksin. Namun, amankah minum kopi setelah vaksin? Penting untuk mengetahui faktanya!”

Halodoc, Jakarta – Semua orang sangat disarankan untuk mendapatkan vaksin COVID-19 untuk mencegah penularan dari virus ini dan mengatasi rantai penyebarannya. Cara ini sangat penting untuk menghentikan pandemi agar kehidupan dapat kembali seperti semula. Beberapa orang juga mengonsumsi makanan atau minuman tertentu untuk mengatasi efek samping dari vaksin.

Salah satu cara yang kerap dilakukan setelah vaksin adalah minum kopi. Cara ini dipercaya agar tubuh kembali bugar sehingga dapat beraktivitas kembali. Namun, apakah minum kopi setelah vaksin aman untuk dilakukan? Adakah dampak buruk pada tubuh setelahnya? Ketahui faktanya di sini!

Baca juga: Apa yang Perlu Diperhatikan setelah Mendapatkan Vaksin COVID-19?

Minum Kopi setelah Vaksin COVID-19 Aman Dilakukan

Kopi adalah minuman yang kerap dikonsumsi di pagi hari untuk menjaga konsentrasi agar aktivitas lancar. Selain itu, kopi juga kaya akan nutrisi yang penting untuk tubuh, seperti zat antioksidan untuk menjaga imunitas tubuh. Tentu saja hal ini sangat baik untuk seseorang yang baru saja mendapatkan vaksin agar pertahanan tubuh kuat untuk mengatasi virus yang dilemahkan yang masuk ke tubuh.

Faktanya, efektivitas vaksin tidak terpengaruh oleh sesuatu yang kamu konsumsi. Jika kamu sehat, setiap orang boleh mengonsumsi makanan atau minuman apa pun. Sejauh ini memang belum ada penelitian yang menghubungkan antara dampak dari minum kopi setelah vaksin COVID-19 dengan efek sampingnya yang mungkin terjadi.

Konsumsi kopi memiliki efek positif pada biomarker inflamasi, seperti CRP, interleukin-6, dan tumr necrosis factor I (TNF-I). Perlu diketahui jika biomarker juga terkait dengan tingkat keparahan dan kematian COVID-19. Selain itu, minum kopi juga dihubungkan dengan risiko pneumonia yang lebih rendah pada seseorang yang sudah lanjut usia. Maka dari itu, konsumsi kopi secara rutin bermanfaat bagi tubuh.

Baca juga: Ini Alasan Tidak Boleh Langsung Pulang Setelah Vaksin Corona

Namun, pastikan untuk memperhatikan jam saat minum kopi setelah vaksinasi.

Setiap orang pasca vaksinasi COVID-19 perlu mendapatkan istirahat yang cukup untuk membantu sistem kekebalan tubuh bekerja dengan maksimal. Hal ini juga dapat dibantu dengan minum kopi. Namun, jika kamu minum kopi di malam hari sebelum jam tidur, istirahat menjadi terganggu sehingga kualitas tidur juga menurun yang akhirnya sistem imunitas yang dihasilkan tidak maksimal.

Selain menghindari konsumsi kopi sebelum tidur, ada beberapa makanan yang perlu dihindari agar tidur tidak terganggu, yaitu mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh dan gula. Hal ini dapat diperparah dengan mengonsumsi makanan yang sedikit serat, seperti buah dan sayur. 

Maka dari itu, ada baiknya untuk mengonsumsi makanan yang sehat, konsumsi kopi di pagi dan sore hari, hingga tidur yang cukup dapat membuat kamu terhindar dari efek samping vaksin. Sistem imunitas tubuh yang tetap maksimal sangat penting untuk menjaga diri dari infeksi yang disebabkan oleh virus corona.

Baca juga: Intip Cara Atasi Efek Samping setelah Vaksinasi COVID-19

Nah, itulah pembahasan mengenai dampak buruk dari minum kopi setelah vaksinasi yang ternyata tidak terbukti adanya. Hal yang perlu dipastikan adalah jam saat mengonsumsi kopi agar tidak mengganggu jadwal tidur. Pasca vaksin, sangat penting untuk lebih banyak istirahat agar efek samping yang terjadi dapat diminimalisir.

Jika masih ragu, kamu juga bisa bertanya pada dokter dari Halodoc tentang keamanan minum kopi setelah vaksin COVID-19. Kamu juga bisa melakukan pemesanan untuk vaksin COVID-19 di beberapa lokasi yang telah disediakan oleh Halodoc. Untuk mendapatkan semua kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Web MD. Diakses pada 2021. Coffee, Veggies May Lower Your Odds for COVID.
Health. Diakses pada 2021. What Should You Eat Before and After the COVID Vaccine? Here’s What a Nutritionist Says.