• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Anxiety Ring untuk Pengidap Gangguan Kecemasan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Anxiety Ring untuk Pengidap Gangguan Kecemasan

Cek Fakta: Anxiety Ring untuk Pengidap Gangguan Kecemasan

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 01 November 2021
Cek Fakta: Anxiety Ring untuk Pengidap Gangguan Kecemasan

“Gangguan kecemasan memang bisa mengganggu pengidapnya beraktivitas secara normal. Namun untungnya, kini banyak alternatif pengobatannya seperti anxiety ring. Sebenarnya ini adalah cincin biasa, tetapi ia didesain untuk membuat pengidap kecemasan teralihkan pikirannya sehingga tidak panik atau cemas.”

Halodoc, Jakarta – Nyatanya ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengelola gejala gangguan kecemasan. Pilihan perawatan tersebut bisa meliputi meditasi, terapi perilaku kognitif, dan pemberian obat yang tentu saja dengan resep dan pengawasan ketat dari dokter. Namun ada salah satu metode yang kurang dikenal, yakni penggunaan anxiety ring atau cincin kecemasan.

Anxiety ring mungkin terdengar seperti alat berteknologi tinggi, tetapi sebenarnya tidak. Cincin ini umumnya sangat halus dan dilengkapi dengan manik-manik kecil atau dalam bentuk beberapa pita yang berputar di jari. Dengan kata lain, pengidap gangguan kecemasan bisa menemukan model cincin yang sesuai dengan preferensi mereka.

Lantas, bagaimana cara kerja anxiety ring untuk mengatasi gangguan kecemasan? Simak faktanya berikut ini!

Baca juga: Inilah 6 Kondisi yang Termasuk Gangguan Kecemasan

Cara Kerja Anxiety Ring

Anxiety ring sangat mirip dengan cincin normal pada umumnya, tetapi mereka didesain khusus untuk memerangi stres sehari-hari dan serangan panik. Ada banyak jenis yang berbeda di luar sana dengan yang paling populer adalah cincin “pemintal” yang memiliki segmen di tengah yang dapat diputar dengan jari lain.

Mereka pada dasarnya seperti fidget spinner yang sebelumnya juga sempat populer.  Idenya adalah saat kamu memutar cincin, kamu akan fokus pada tugas itu dan terhindar dari panik, sehingga ia diharapkan akan membantu.

Arpan Parikh yang merupakan seorang psikiater dan direktur senior pengalaman klinis untuk Ro Mind, yakni platform kesehatan mental digital untuk kecemasan dan depresi menjelaskan bahwa saat mengidap gangguan kecemasan, seseorang seringkali memiliki komponen pikiran “melarikan diri”. Ini terjadi saat kecemasan adaptif (kecemasan yang dibutuhkan semua orang untuk bertahan hidup) berubah menjadi kecemasan patologis dan mengganggu kemampuan seseorang untuk melakukan apa yang perlu atau ingin dilakukan.

Pada saat-saat itu, akan sangat dibutuhkan sesuatu yang bisa membantu untuk menemukan cara membawa diri sendiri kembali ke masa sekarang. Jadi, memiliki objek fisik, apakah itu anxiety ring atau jenis benda lainnya akan membantu memusatkan perhatian dan pikiran. Alhasil, benda-benda seperti anxiety ring dapat membantu pikiran memfokuskan kembali dan memusatkan kembali pikiran seseorang.

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Atasi Gangguan Kecemasan Umum

Benarkah Membantu?

Jika kamu atau orang terdekat kamu tengah berjuang dengan kecemasan akut, kamu tidak boleh menggunakan anxiety ring sebagai pengganti terapi langsung atau alasan untuk tidak mencari bantuan. Sebab jika sudah masuk tahap akut, kamu benar-benar membutuhkan terapi dari ahlinya. 

Namun bagi Cheyenne Bryant, seorang psikolog dan pelatih kesejahteraan mental, mengatakan bahwa ketika berada dalam pergolakan kecemasan atau bahkan serangan panik, anxiety ring mungkin berguna bagi sebagian orang.

Ia menyebutkan bahwa anxiety ring memang diciptakan untuk membantu memerangi serangan panik dan kecemasan dengan mengalihkan dan memfokuskan kembali otak dari balap dan pikiran yang berlebihan. Sinyal dikirim ke otak untuk memfokuskan kembali pikiran pada tekanan atau manik-manik yang melingkar di jari sehingga kecemasan dapat dihindari. 

Bryant mencatat bahwa yang terbaik adalah menggunakan pemintal pada cincin sebagai tindakan pencegahan ketika seseorang pertama kali merasakan serangan datang, sementara itu cincin manik-manik bekerja dengan baik ketika kecemasan “lawan atau lari” terjadi. Saat mengalami kecemasan, cukup tekan cincin dengan jari untuk memfokuskan kembali pikiran. 

Baca juga: Hidup dengan Gangguan Kecemasan, Apa yang Perlu Diketahui?

Beberapa ahli memang meyakini bahwa cincin ini bisa membantu beberapa orang dengan gangguan kecemasan. Namun, masih banyak juga yang merasa perlu dilakukan penelitian yang lebih dalam dan akurat akan efektivitasnya sebelum digunakan secara luas. 

Selain itu, gejala gangguan kecemasan seperti panik yang berlebihan nyatanya perlu didiskusikan dengan psikolog atau psikiater. Jika kamu atau orang terdekat ada yang mengalami gejala gangguan kecemasan, sebaiknya jangan tunda lagi untuk menemui psikolog atau psikiater di rumah sakit terdekat. Segera buat janji melalui aplikasi Halodoc supaya lebih praktis!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Huff Post. Diakses pada 2021. What’s The Deal With Anxiety Rings And Do They Help Symptoms?
Metro UK. Diakses pada 2021. What are Anxiety Rings and Do They Actually Work?