• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Air Beras Optimalkan Pertumbuhan Rambut?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Air Beras Optimalkan Pertumbuhan Rambut?

Cek Fakta: Benarkah Air Beras Optimalkan Pertumbuhan Rambut?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 Oktober 2021
Cek Fakta: Benarkah Air Beras Optimalkan Pertumbuhan Rambut?

“Memiliki rambut lebat dan kuat merupakan keinginan banyak orang. Banyak cara yang bisa dilakukan, seperti perawatan di salon dan di rumah. Lalu, benarkah perawatan di rumah menggunakan air beras mengoptimalkan pertumbuhan rambut? Meskipun dapat menutrisi rambut untuk sementara, air beras ternyata tidak memengaruhi pertumbuhan rambut.”

Halodoc, Jakarta – Memiliki rambut yang kuat dan lebat menjadi dambaan hampir semua orang. Berbagai cara dilakukan untuk menjaga kesehatan rambut, mulai dari perawatan di salon hingga perawatan sederhana di rumah. 

Ada berbagai jenis bahan alami yang bisa kamu jadikan masker rambut untuk menjaga kesehatan rambut dan mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Namun, benarkah menggunakan air beras bisa membuat pertumbuhan rambut semakin baik? Yuk, simak beberapa fakta mengenai manfaat air beras untuk pertumbuhan rambut.

Baca juga: Apa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Menumbuhkan Rambut?

Air Beras Tidak Memengaruhi Pertumbuhan Rambut

Selain perawatan di salon, kamu juga bisa melakukan berbagai perawatan sederhana di rumah untuk menjaga kesehatan rambut. Alpukat, putih telur, minyak zaitun, hingga teh hijau dinilai sebagai bahan-bahan alami yang bisa dijadikan masker rambut di rumah.

Membilas rambut dengan air beras merupakan salah satu perawatan tradisional yang kerap dilakukan oleh masyarakat di Asia. Namun, benarkah air beras bisa digunakan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut? Air beras adalah air hasil pencucian beras dan air bersih. Biasanya, kamu bisa mendapatkan air beras saat membersihkan beras yang akan diolah.

Menurut Mona Gohara, MD, profesor dermatology di Yale School of Medicine, air beras memiliki kandungan vitamin B dan E yang dapat mendukung pertumbuhan rambut, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian yang berhasil menunjukkan bahwa penggunaan air beras mampu mengoptimalkan pertumbuhan rambut. 

Mona Gohara menjelaskan, vitamin yang terdapat dalam air beras bisa menutrisi rambut untuk sementara, tetapi tidak mempercepat pertumbuhan rambut karena air beras tidak dapat menembus ke dalam batang rambut. 

Hal serupa juga dikatakan oleh Morgan Rabach, MD, dokter kulit di LM Medical, air beras tidak dapat memengaruhi proses pertumbuhan rambut meskipun kaya akan nutrisi. Rabach menambahkan, keberhasilan dalam perawatan ini juga tidak bisa ditentukan hanya dari satu orang saja. Hal ini akan ditentukan dari jenis rambut, tekstur rambut, gaya hidup, kebiasaan menata rambut, pola diet, hingga genetika seseorang.

Baca juga: 6 Tips Sederhana untuk Cepat Menumbuhkan Rambut

Waspada juga dampak yang bisa terjadi akibat penggunaan air beras yang tidak tepat. Ada berbagai efek samping yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan air beras pada rambut, seperti penumpukan kotoran di kulit kepala, kelebihan protein pada kutikula rambut, rambut kering, dan kerusakan pada rambut.

Ahli trikologi, Bridgette Hill, juga mengatakan komponen pati yang cukup berat dari air beras dapat menyebabkan kerapuhan dan kerusakan dari waktu ke waktu. Untuk itu, pastikan kamu selalu bertanya langsung pada dokter untuk mencari tahu bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai perawatan rambut di rumah. 

Yuk, gunakan Halodoc dengan download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

Cara Tepat Mengoptimalkan Pertumbuhan Rambut

Ingin pertumbuhan rambut berjalan lebih optimal? Sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut ini:

  1. Penuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang dapat membantu kamu mengoptimalkan pertumbuhan rambut, seperti biotin, vitamin C, D, E, zinc, zat besi, omega-3, dan omega-6.
  2. Memijat kulit kepala dengan tepat bisa merangsang pertumbuhan rambut secara optimal. Pastikan kamu mengetahui cara memijat yang benar atau tidak ada salahnya lakukan dengan ahli.
  3. Hindari penggunaan alat penata rambut yang menggunakan panas terlalu sering, seperti pengering, pelurus, hingga pengeriting rambut.
  4. Penuhi kebutuhan air untuk tubuh agar terhidrasi dengan baik.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut. 

Baca juga: Tips Melebatkan Rambut dengan Cara Alami

Tidak ada yang salah jika kamu ingin mencoba menggunakan air beras sebagai tradisi di daerah tertentu, tetapi hingga saat ini belum ada penelitian yang menjelaskan kaitan air beras dengan pertumbuhan rambut. Jadi, pastikan kamu selalu menggunakan air bersih untuk membilas rambut agar terhindar dari berbagai gangguan pada rambut.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Health. Diakses pada 2021. Rice Water for Hair Growth: Does It Actually Work?
Medical News Today. Diakses pada 2021. What Does Rice Water Do for Your Hair?
Cosmopolitan. Diakses pada 2021. Rice Water for Hair: The Benefits, Side Effects, and How to DIY It.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Best Ways to Boost Hair Growth.