• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Hipertensi?

Cek Fakta: Benarkah Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Hipertensi?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Fakta: Benarkah Gula Darah Rendah Bisa Sebabkan Hipertensi?

“Mungkin belum banyak yang tahu, bahwa kadar gula darah rendah atau hipoglikemia ternyata bisa sebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sebab, saat hipoglikemia, tubuh akan bekerja dengan cara yang berbeda agar organ-organ penting tetap berfungsi. Salah satu yang kena imbas adalah tekanan darah.”

Halodoc, Jakarta – Gula darah rendah, atau juga dikenal sebagai hipoglikemia, merupakan kondisi ketika kadar gula darah 70 miligram per desiliter (mg/dL) atau lebih rendah. Gejala umumnya adalah kelelahan, berkeringat, dan bibir kesemutan. Tahukah kamu bahwa tekanan darah tinggi atau hipertensi juga bisa menjadi tanda rendahnya kadar gula darah?

Gula darah rendah sangat umum terjadi pada orang dengan diabetes tipe 1. Ini merupakan kondisi ketika pankreas menghasilkan sedikit atau tidak ada insulin sama sekali. Namun, dapat juga terjadi pada pengidap diabetes tipe 2 yang menggunakan insulin atau obat-obatan tertentu.

Alasan Gula Darah Rendah Sebabkan Hipertensi

Tubuh mendapatkan energi untuk berfungsi dengan baik dari glukosa, yang ditemukan dalam karbohidrat dari makanan. Insulin bertanggung jawab untuk menarik glukosa dari aliran darah ke dalam sel, untuk digunakan sebagai energi.

Ketika kadar gula darah rendah, tubuh mencoba untuk menjaga organ-organ penting tetap bekerja. Namun, ada berbagai perubahan yang terjadi, termasuk peningkatan denyut jantung dan tekanan darah sistolik perifer, yang mendorong darah dan nutrisi kembali ke paru-paru dan jantung.

Episode rendahnya kadar gula darah yang berulang dapat menyebabkan perubahan permanen pada tekanan darah, dan meningkatkan risiko hipertensi pada pengidap diabetes. 

Hipertensi dapat menyebabkan dinding arteri mengalami tekanan yang tidak dapat dipertahankan. Ini membuat jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah. Jika dibiarkan, hal ini dapat merusak otot jantung.

Sebuah penelitian kecil terhadap 22 orang dengan diabetes tipe 1 dilakukan pada 2010 dan diterbitkan di jurnal JAMA Internal Medicine. Para peneliti mencoba mencari tahu hubungan antara rendahnya kadar gula darah dengan tekanan darah tinggi. Hasilnya, ditemukan bahwa gula darah rendah dapat menyebabkan hipertensi dari waktu ke waktu.

Tips Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Berikut ini beberapa tips untuk menghindari gula darah rendah:

  • Makan teratur dan bergizi seimbang.
  • Selalu sedia camilan sehat saat bepergian.
  • Pelajari cara menggunakan alat cek gula darah di rumah.
  • Buat buku harian makanan, yang dapat membantu mengidentifikasi pemicu dan memodifikasi pola makan yang tepat.

Terkadang, rendahnya gula darah dapat terjadi bahkan ketika kamu mencoba untuk mencegahnya. Oleh karena itu, ada baiknya membawa tablet glukosa atau karbohidrat kerja cepat lainnya, seperti buah pisang atau beberapa sendok makan kismis.

Perlu diketahui bahwa mencegah gula darah rendah adalah bagian penting dari pencegahan hipertensi. Namun, ini bukan satu-satunya cara. Risiko hipertensi juga bisa diturunkan dengan berbagai cara lain.

Misalnya dengan mengurangi asupan garam dalam makanan, rutin berolahraga, dan kelola stres dengan baik. Carilah langkah-langkah yang dapat diambil agar kadar gula dan tekanan darah tetap normal. 

Itulah pembahasan mengenai alasan gula darah rendah bisa menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dapat diketahui bahwa keduanya ternyata berkaitan, ya.

Bagi pengidap diabetes, menjaga kadar gula darah terkontrol sangatlah penting. Namun, jika terlalu rendah, tidak baik juga. Salah satu efek yang bisa timbul adalah kenaikan tekanan darah.

Jadi, yang terbaik adalah menjaga gula darah tetap di batas yang normal. Lebih lanjutnya, bicarakan dengan dokter saat pemeriksaan kesehatan. Jika dokter meresepkan obat untuk diminum secara rutin, kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk cek kebutuhan medis kamu dengan mudah.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
JAMA Internal Medicine. Diakses pada 2021. Hypoglycemia-Induced Blood Pressure Elevation in Patients With Diabetes.
Very Well Health. Diakses pada 2021. Can Low Blood Sugar Cause High Blood Pressure?