• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Keramas Pakai Kopi Mampu Atasi Rambut Rontok?

Cek Fakta: Benarkah Keramas Pakai Kopi Mampu Atasi Rambut Rontok?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Fakta: Benarkah Keramas Pakai Kopi Mampu Atasi Rambut Rontok?

Keramas dengan menggunakan kopi yang viral di Tiktok ternyata memang bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan rambut. Faktanya, kandungan kafein pada kopi bisa merangsang folikel rambut, sehingga mampu mengatasi rambut rontok dan memicu pertumbuhan rambut. Hasilnya, rambut lebih kuat dan tebal.”

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan dan keindahan rambut tidak harus selalu dengan pergi ke salon kok. Aktivitas sederhana seperti mencuci rambut secara rutin saja sebenarnya sudah cukup untuk menutrisi rambut agar rambut kamu bisa tetap sehat dan berkilau.

Namun, baru-baru ini sempat viral di Tiktok, konten mengenai keramas menggunakan campuran sampo dan kopi yang bisa menyehatkan rambut. Cara tersebut dikatakan bisa menjadi solusi untuk rambut rontok. Benarkah keramas pakai kopi mampu mengatasi rambut rontok? Cek dulu faktanya di sini.

Baca juga: Cara Mengobati Rambut Rontok Secara Alami

Faktanya, Keramas Pakai Kopi Bisa Mengatasi Rambut Rontok

Kerontokan rambut bisa terjadi seiring bertambahnya usia dan bisa memengaruhi, baik pria dan wanita. Nah, mencuci rambut dan kulit kepala dengan menggunakan kopi bisa menghentikan kerontokan rambut dan merangsang rambut untuk tumbuh kembali.

Pada kasus kebotakan pada pria, rambut rontok biasanya terjadi ketika hormon seks, yaitu dihidrotestosteron (DHT), merusak folikel rambut. Wanita dengan DHT yang terlalu banyak juga bisa mengalami kerontokan rambut. Nah, kerusakan folikel rambut terjadi secara bertahap hingga akhirnya menyebabkan kebotakan. 

Namun, menurut sebuah studi laboratorium pada tahun 2007, kafein bisa membantu memblokir efek DHT pada folikel rambut pria. Kandungan ini juga merangsang pertumbuhan batang rambut yang menghasilkan akar rambut yang lebih panjang dan lebih lebar. Kafein dalam kopi juga bisa memperpanjang durasi anagen yang merupakan tahap pertumbuhan rambut.

Studi tersebut juga menguji manfaat kafein pada folikel rambut wanita dan menemukan bahwa kandungan dalam kopi juga memberikan efek pertumbuhan pada folikel rambut pada wanita. 

Selain itu, folikel rambut yang lemah juga bisa menyebabkan kerontokan rambut yang tidak normal hingga mengakibatkan kebotakan. Nah, kopi bisa membantu merangsang folikel rambut, sehingga bisa mengatasi kerontokan rambut dan membuat rambut kamu lebih tebal dan kuat.

Jadi, bila kamu punya masalah dengan rambut rontok, keramas pakai kopi mungkin bisa menjadi salah satu cara yang bisa kamu coba untuk mengatasinya.

Baca juga: Tips Melebatkan Rambut dengan Cara Alami

Manfaat Kopi Lainnya untuk Kesehatan Rambut

Tidak hanya mengatasi rambut rontok, kopi juga bisa memberikan banyak manfaat lainnya untuk rambut kamu, antara lain:

  • Membuat Rambut Lebih Halus dan Berkilau

Bila rambut kamu kusam, rapuh dan kering, menggunakan conditioner rambut bisa memperbaiki penampilan rambut kamu tersebut. Selain itu, keramas pakai kopi ternyata juga bisa memperbaiki rambut kusam lho. Hal itu berkat kandungan flavonoid dalamnya yang merupakan antioksidan yang mendorong regenerasi rambut. 

Batang rambut kamu menjadi lebih halus, dan kopi juga bisa mengatasi rambut kusut lho dengan membuat rambut lebih halus dan mudah diurai.

Meskipun kopi memiliki efek diuretik, tetapi ia tidak menghilangkan minyak pada rambut. Sebaliknya, minuman tersebut mampu menjaga kelembapan dan membuat rambut kamu berkilau secara alami. Hal itu karena kopi bisa meningkatkan sirkulasi darah yang membantu mengedarkan nutrisi ke akar rambut, sehingga menghasilkan rambut yang sehat dan lebih berkilau.

  • Menghilangkan Uban

Tahukah kamu, keramas pakai kopi juga bermanfaat untuk menghilangkan uban lho. Cairan kopi yang berwarna gelap bisa bertindak sebagai cat yang menghitamkan rambut beruban. Ini adalah cara cepat menghilangkan helai rambut abu-abu bagi kamu yang memiliki rambut cokelat atau hitam. Untuk hasil terbaik, gunakan kopi kental seperti espresso.

Hindari Menggunakan Kopi Berlebihan Pada Rambut

Meskipun kopi memberikan banyak manfaat untuk kesehatan rambut, tetapi minuman tersebut bisa berdampak buruk pada rambut bila digunakan secara berlebihan. Karena itu, jangan terlalu sering keramas pakai kopi dan batasi jumlahnya setiap kali kamu menggunakan kopi untuk keramas. Ingat, bagi kamu yang punya rambut berwarna terang, kamu perlu berhati-hati menggunakan kopi untuk rambut karena bisa menggelapkan warna rambut kamu.

Baca juga: Selain Bisa Diminum, 4 Manfaat Kopi untuk Kecantikan Ini Harus Kamu Ketahui

Selain keramas pakai kopi, kamu juga bisa menjaga kesehatan rambut kamu dengan menggunakan vitamin untuk rambut. Vitamin tersebut bisa menutrisi dan menguatkan rambut agar tidak rontok. Kamu bisa beli vitamin rambut melalui aplikasi Halodoc. Tidak perlu keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesananmu akan diantar dalam waktu satu jam. Praktis bukan? Yuk, download aplikasinya sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. What Are the Benefits of Using Coffee on Your Hair?
Parenting Firstcry. Diakses pada 2021. Coffee for Hair – Benefits, Tips, and Side Effects