• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Konsumsi Buah Bisa Menurunkan Demam?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Konsumsi Buah Bisa Menurunkan Demam?

Cek Fakta: Benarkah Konsumsi Buah Bisa Menurunkan Demam?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 25 Februari 2022

“Ketika terserang demam, tubuh memerlukan energi dan nutrisi untuk mengembalikan vitalitas dan kemampuannya melawan serangan infeksi. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C dan antioksidan seperti mangga, jeruk, semangka, buah naga, atau nanas dapat meningkatkan sistem imun tubuh, sehingga baik dikonsumsi saat demam.”

Cek Fakta: Benarkah Konsumsi Buah Bisa Menurunkan Demam?

Halodoc, Jakarta – Buah sering kali menjadi buah yang kerap dibawa saat menjenguk kerabat yang sedang sakit. Ternyata bukan tanpa alasan buah menjadi penganan yang identik dengan kunjungan ke rumah sakit. Soalnya buah memang baik untuk orang yang sedang mengalami masa pemulihan, terutama dari demam. 

Kandungan flavonoid dan vitamin C pada buah dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kekebalan, yang dapat membantu melawan demam. Quercetin pada buah beri dapat membantu mengobati infeksi rhinovirus. Informasi selengkapnya mengenai konsumsi buah bisa menurunkan demam bisa dibaca di sini!

Vitamin C pada Buah Bantu Tingkatkan Imun Tubuh

Ketika terserang demam, tubuh memerlukan energi dan nutrisi untuk mengembalikan vitalitas dan kemampuannya melawan serangan infeksi. Seperti sudah disampaikan sebelumnya, buah—terutama buah-buahan tertentu—kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh.

Imun tubuh yang meningkat dapat memberikan perlawanan yang semestinya akan penyakit penyebab demam. Beberapa jenis buah yang direkomendasikan saat terserang demam adalah semangka, mangga, jeruk, pepaya, buah naga, anggur, dan lain-lain. 

Nah, saat demam biasanya kamu kurang berselera makan, untuk mengatasinya kamu bisa membuat jus dari buah-buahan tadi. Kombinasi jeruk dan buah naga adalah rekomendasi jus yang paling baik saat demam melanda. 

Selain itu, makanan yang sulit dicerna sebaiknya dihindari selama demam, karena sistem pencernaan tidak dalam kondisi terbaiknya. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat demam:

1. Daging merah.

2. Kerang.

3. Camilan tidak sehat.

4. Susu yang tidak dipasteurisasi dan produk serupa.

5. Soda.

6. Kopi.

7. Alkohol.

Makanan Lain yang Perlu Dikonsumsi saat Demam Selain Buah

Selain buah, kamu juga disarankan untuk mengonsumsi makanan yang hangat, salah satunya adalah sup. Sup ayam sangat dianjurkan dimakan sebagai obat flu. Sup ayam adalah sumber vitamin, mineral, kalori dan protein yang baik dan dibutuhkan ketika sedang drop. 

Sup ayam juga merupakan sumber cairan dan elektrolit yang sangat baik, yang dapat membantu kamu tetap terhidrasi. Selain itu, sup ayam juga merupakan dekongestan alami yang menghambat aksi neutrofil yang menjadi pemicu batuk dan hidung tersumbat.

Ada juga bawang putih yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi keparahan pilek dan flu. Bawang putih memiliki efek antibakteri, antivirus, dan antijamur. Dengan demikian dapat membantu menghindari penyakit dan pulih lebih cepat ketika sedang demam.

Asupan hidrasi menjadi bagian sangat penting saat terkena demam dan air kelapa adalah minuman sempurna yang bisa diminum saat sakit. Air kelapa mengandung glukosa dan elektrolit yang dapat membantu tetap terhidrasi.

Selain itu, minum teh panas juga dapat membantu meringankan banyak gejala yang berhubungan dengan pilek dan flu. Ini adalah dekongestan alami yang membantu membersihkan sinus dari lendir. Bahkan, teh hitam dapat menurunkan pertumbuhan bakteri di tenggorokan. 

Itulah informasi mengenai buah untuk menurunkan demam dan jenis makanan lain sebagai pereda demam. Kalau kamu punya pertanyaan seputar isu kesehatan lainnya, tanyakan saja langsung ke dokter Halodoc. Belum punya aplikasinya? Yuk, download sekarang juga!

Referensi:
Geelong Medical and Health Group. Diakses pada 2022. Foods To Eat When You Have A Fever.
Medical News Today. Diakses pada 2022. What should you eat when you are sick?
Livestrong.com. Diakses pada 2022. The 7 Best Foods to Eat When You Have a Fever (and 3 to Avoid).
The Health Site.com. Diakses pada 2022. Suffering from fever? Be cautious with the foods you eat.