• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Lihat Meme Bantu Redakan Stres?

Cek Fakta: Benarkah Lihat Meme Bantu Redakan Stres?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Fakta: Benarkah Lihat Meme Bantu Redakan Stres?

“Olahraga, memasak, bermain game, melakukan hobi, bepergian, yoga, dan meditasi. Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, terlebih selama masa pandemi yang telah berlangsung hampir dua tahun ini. Namun, studi terbaru menyebutkan, stres bisa mereda dengan melihat meme yang belakangan banyak bertebaran di media sosial.”

Halodoc, Jakarta – Nyatanya, stres memang menjadi masalah kesehatan yang tidak terhindarkan di masa pandemi. Harus menahan diri untuk di rumah saja saat melakukan berbagai aktivitas dan tidak bersua dengan teman maupun keluarga jadi penyebab paling utama munculnya masalah kesehatan mental ini. Berbagai cara dilakukan, tetapi terkadang memang masih belum banyak memberikan bantuan. 

Ternyata, studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Psychological Association, memberikan informasi bahwa melihat gambar-gambar atau bisa disebut meme yang banyak bermunculan di sosial media bisa membantu meredakan stres dan membuat pikiran menjadi lebih tenang di masa pandemi ini. 

Baca juga: Stres di Tengah Pandemi Virus Corona? Ini 3 Tips Mengatasinya

Mengapa Melihat Meme Bisa Redakan Stres?

Studi yang mengikutsertakan 748 partisipan tersebut melakukan pengamatan bagaimana gambar lucu bisa memberikan dampak pada kondisi emosional seseorang. Mulanya, para peneliti melakukan pengukuran terhadap kegugupan dan tingkat stres yang dirasakan para partisipan. 

Setelahnya, para peneliti menunjukkan berbagai gambar meme yang dilengkapi dengan teks yang berhubungan dengan penyakit COVID-19 yang sedang menjadi issue di banyak negara di dunia. Sementara untuk kelompok kontrol, peneliti memberikan teks biasa yang tidak dilengkapi dengan gambar. 

Hasilnya terbilang tidak terduga. Partisipan yang termasuk dalam kelompok yang diberikan perlakuan dengan meme dan teks memberikan respons emosi yang bisa dikatakan lebih positif, dibandingkan dengan kelompok yang tidak mendapatkan perlakuan tersebut. Tidak hanya itu, tingkat stres kelompok ini pun lebih rendah dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan. 

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Stres Akibat Bosan di Masa Pandemi?

Pemimpin studi, Profesor Jessica Gall Myrick yang berasal dari Pennsylvania State University menuturkan, cukup dengan melihat tiga gambar meme bisa membantu seseorang mengatasi stres dan masalah kesehatan mental yang menyebabkan tekanan hidup selama pandemi berlangsung. 

Tidak hanya itu, orang-orang yang melihat gambar meme yang memiliki hubungan dengan COVID-19 pun disinyalir akan menjadi lebih percaya diri dengan apa yang mereka miliki untuk melalui pandemi tersebut. Jadi, meski harus terus membatasi mobilitas atau tatap muka dan aktivitas di luar rumah, stres tak lagi jadi masalah serius. 

Memang benar, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan masyarakat di seluruh penjuru dunia untuk tidak berinteraksi terlalu banyak dengan media sosial demi menjaga kesehatan mental mereka. Namun, para peneliti meyakini studi yang mereka lakukan, yaitu dengan melihat meme yang berkaitan dengan COVID-19 bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri masyarakat dengan kemampuan yang mereka miliki untuk terus bertahan dan melalui hati di tengah pandemi. 

Baca juga: 4 Langkah Manajemen Stres Kerja di Masa Pandemi COVID-19

 Cara Lain Mengatasi Stres

Sebenarnya, banyak cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres ketika menghadapi pandemi. Terlebih dengan terbatasnya interaksi dengan dunia luar dan ponsel menjadi benda yang paling sering mengisi waktu. Kamu bisa berolahraga, melakukan hobi, seperti membaca, mendengarkan musik, menggambar, menonton film, yoga, dan meditasi

Memang benar, tidak ada salahnya berinteraksi melalui laman media sosial. Namun, sekali lagi, ada dampak negatif yang justru sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan mental ketika kamu terlalu lama berinteraksi dengan media sosial. Jadi, selain menjaga kesehatan mental, kamu juga harus menjaga kondisi fisikmu. Konsumsi vitamin secara rutin, beli melalui pharmacy delivery aplikasi Halodoc agar tak harus keluar rumah. Segera download aplikasinya di ponselmu, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi: 
American Psychological Association. Diakses pada 2021. Coping with COVID-19 stress easier with a dose of humor.