• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Sarapan Membantu Turunkan Berat Badan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Sarapan Membantu Turunkan Berat Badan?

Cek Fakta: Benarkah Sarapan Membantu Turunkan Berat Badan?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 10 Maret 2022

“Sebaiknya jangan melewatkan waktu sarapan. Ketika sarapan, tubuh mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang hari atau saat waktu makan siang. Hal ini membuat kamu bisa mengontrol dan mengatur porsi makan siang sehingga tidak makan dalam jumlah berlebihan.”

Cek Fakta: Benarkah Sarapan Membantu Turunkan Berat Badan?

Halodoc, Jakarta – Ada banyak alasan yang dimiliki oleh orang-orang ketika melewatkan sarapan. Mulai dari tidak biasa mengonsumsi makanan, tidak memiliki waktu untuk menyiapkan makanan, hingga sedang menjalankan diet. Padahal, sarapan menjadi salah satu waktu makan yang tidak boleh dilewatkan karena cukup penting bagi kesehatan.

Dengan mengonsumsi sarapan, tentunya ada berbagai manfaat yang bisa kamu rasakan. Mulai dari kesiapan energi untuk menjalani berbagai aktivitas hingga membantu kamu menurunkan berat badan. Sarapan membantu turunkan berat badan asal kamu mengonsumsi berbagai makanan yang tepat untuk dinikmati.

Alasan Sarapan Membantu Turunkan Berat Badan

Memiliki berat badan berlebih dan perut buncit terkadang membuat rasa percaya diri seseorang menurun. Berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang diinginkan dan menghilangkan perut buncit. Selain berolahraga secara rutin, sebaiknya jangan melewatkan waktu sarapan saat ingin menurunkan berat badan. Mengonsumsi sarapan bisa membantu turunkan berat badan.

Lalu, bagaimana proses sarapan membantu turunkan berat badan? Ketika kamu melewatkan sarapan, hal ini menyebabkan kamu kelaparan sebelum makan siang sehingga berisiko mengonsumsi makanan dengan tidak terkontrol. Jika dilakukan secara terus-menerus, bukan tidak mungkin kondisi ini bisa membuat kamu mengalami kenaikan berat badan.

Sedangkan, saat mengonsumsi sarapan, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk beraktivitas hingga siang hari atau saat makan siang. Hal ini membuat kamu bisa mengontrol dan mengatur porsi makan siang sehingga tidak makan dalam jumlah berlebihan.

Bukan hanya makan siang, dengan mengonsumsi sarapan kamu juga bisa mengatur jumlah makan malam dengan tepat sehingga mencegah kenaikan berat badan.

Selain itu, mengonsumsi sarapan juga membantu menjaga tingkat energi glukosa tetap seimbang. Itulah alasan mengapa sarapan pagi bisa menjadi strategi bermanfaat untuk menurunkan dan mengontrol berat badan.

Jenis Makanan untuk Sarapan yang Membantu Turunkan Berat Badan

Namun, jangan asal dalam memilih menu sarapan. Untuk membantu turunkan berat badan, kamu perlu mengetahui jenis makanan yang bisa dikonsumsi.

  1. Telur

Selain mudah didapatkan, telur menjadi sumber protein dan kandungan nutrisi lainnya, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sarapan. Kandungan protein yang sangat tinggi dalam telur mampu membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menghindari camilan di antara waktu sarapan dan makan siang.

Kamu bisa membuat telur dengan beragam cara, mulai dari direbus, didadar, hingga diceplok. Kamu juga bisa menambahkan sayuran untuk sebagai teman mengonsumsi telur.

  1. Pisang

Pisang menjadi salah satu jenis buat yang memiliki kandungan serat tinggi tetapi rendah kalori. Hal ini membuat pisang menjadi salah satu buah yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat sarapan. Apalagi buah pisang memiliki rasa manis alami yang pasti disukai.

Kandungan serat juga dinilai baik untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kamu bisa mengontrol porsi makan siang untuk mencegah kenaikan berat badan.

  1. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu jenis makanan yang bisa kamu olah untuk sarapan, apalagi jika kamu berencana untuk menurunkan berat badan. Oatmeal mengandung serat dan protein sehingga baik untuk membuat kamu merasa kenyang lebih lama dan membantu menurunkan berat badan.

Itulah alasan sarapan membantu turunkan berat badan. Jika kamu berencana ingin menurunkan berat badan, pilihlah menu sarapan dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Jangan lupa untuk menghindari asupan gula berlebih, memenuhi kebutuhan air putih, tidur yang cukup dan teratur, serta kelola tingkat stres dengan baik. Dengan begitu, manfaat sarapan akan dirasakan lebih optimal.

Kamu juga bisa menambah asupan vitamin dan mineral dengan mengonsumsi suplemen yang dianjurkan oleh dokter. Cek kebutuhan medis dan vitamin kamu melalui aplikasi Halodoc. Caranya, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play. 

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2022. 14 Healthy Breakfast Foods That Help You Lose Weight.
Very Well Fit. Diakses pada 2022. Pros and Cons of Skipping Breakfast.
Web MD. Diakses pada 2022. Eat Breakfast, Lose Weight.
Nourish by Web MD. Diakses pada 2022. Can Breakfast Help You Lose Weight?