• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Benarkah Tidur Menggunakan Ear Plug Berbahaya?

Cek Fakta: Benarkah Tidur Menggunakan Ear Plug Berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cek Fakta: Benarkah Tidur Menggunakan Ear Plug Berbahaya?

“Beberapa orang memilih untuk tidur menggunakan ear plug. Pada dasarnya, penggunaan ear plug aman-aman saja. Selama kamu memakainya dengan benar. Hindari memasukkan ear plug terlalu dalam dan menariknya dengan kasar.”

Halodoc, Jakarta – Meski salah satu kebutuhan utama manusia, nyatanya masih banyak orang yang berjuang untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Beberapa orang yang tinggal di lingkungan bising, sering tidur menggunakan ear plug agar lebih nyenyak.

Lingkungan bising yang dimaksud bisa jadi suara lalu lalang kendaraan di luar rumah, anak tetangga yang berisik, atau pasangan yang mendengkur dengan keras. Namun, pertanyaannya, apakah tidur menggunakan ear plug itu aman? Yuk, simak pembahasannya!

Baca juga: 5 Cara Tingkatkan Kualitas Tidur Malam di Masa Pandemi

Kesalahan yang Sering Dilakukan saat Tidur Menggunakan Ear Plug

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Salah satunya adalah menggunakan ear plug atau penyumbat telinga. Namun, apakah alat ini aman digunakan saat tidur dan benar-benar efektif terhadap kualitas tidur?

Penelitian pada 2017 yang dipublikasikan di Journal of Sleep Research, menemukan bahwa ear plug memiliki efek positif pada kualitas tidur pasien yang sedang menjalani perawatan di ICU. 

Jadi, sebenarnya aman dan boleh saja tidur menggunakan ear plug. Namun, jika kamu mengalami sakit pada telinga setelah menggunakan ear plug, kamu mungkin melakukan satu dari beberapa kesalahan berikut ini:

  1. Memasukkannya Terlalu Dalam

Telinga yang berair bisa menjadi tanda bahwa penyumbat telinga bergesekan dengan bagian tulang saluran telinga. Bisa jadi kamu memasukkan ear plug terlalu dalam dari seharusnya. 

Saluran telinga dirancang untuk mengeluarkan kotoran telinga secara alami. Namun, jika ear plug dimasukkan terlalu dalam dan menghalangi jalan, kotoran telinga akan sulit untuk keluar. Bahkan bisa juga terdorong lebih jauh dan  menyebabkan impaksi.

  1. Ditarik Terlalu Cepat

Ketika ingin melepas ear plug dari telinga, pastikan kamu melakukannya dengan lembut. Jika kamu menariknya terlalu cepat, bisa jadi ada robekan di sekitar lubang telinga, yang menyebabkan perdarahan dan nyeri. Saat melepaskan ear plug, pegang salah satu ujungnya dengan jari dan angkat perlahan.

Baca juga: Susah Tidur? 7 Cara Mengatasi Insomnia Ini Patut Dicoba

Jangan Gunakan pada Kondisi Ini

Meski pada dasarnya aman digunakan, kamu perlu menghindari tidur menggunakan ear plug bila memiliki kondisi berikut ini:

  • Terdapat nanah di telinga. Drainase kuning atau hijau seperti susu adalah tanda infeksi, dan kamu perlu memeriksakannya. Menggunakan ear plug dapat memperburuk kondisi.
  • Telinga sedang terasa gatal. Peradangan sering menjadi penyebab telinga gatal. Penggunaan ear plug dapat memperburuk rasa gatal pada beberapa orang, dan memicu infeksi.
  • Mengalami tinnitus. Penyumbat telinga biasa tidak akan membantu jika kebisingan atau suara berdenging di telinga terjadi akibat tinnitus. 
  • Baru menjalani operasi telinga. Pastikan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum menggunakan ear plug.

Cara yang Benar Menggunakannya

Bila tetap ingin tidur menggunakan ear plug, kamu perlu tahu cara yang benar untuk memakainya. Berikut tipsnya:

  • Gulung ear plug ke sela-sela ujung jari.
  • Dengan tangan yang berlawanan, tarik telinga ke atas agar lebih mudah memasang ear plug dengan lurus ke dalam saluran telinga. 
  • Masukkan ear plug ke dalam lubang telinga dengan hati-hati. Lalu, tekan dengan lembut satu jari ke ear plug agar bisa terpasang dengan baik.
  • Letakkan tangan di atas telinga. Jika suara dari luar masih terdengar, maka ear plug belum terpasang dengan baik. Cobalah lepas dan ulangi.

Baca juga: Apa Posisi Tidur yang Baik untuk Kesehatan?

Sebelum memasang ear plug, penting juga untuk memerhatikan kebersihan. Cuci tangan dan keringkan sebelum memasang ear plug. Selain itu, jangan lupa untuk membersihkan ear plug setiap selesai digunakan untuk mencegah infeksi. 

Bila kamu menggunakan ear plug berbahan busa, pastikan untuk menggantinya ketika mulai berubah warna. Jika terdapat masalah setelah menggunakan ear plug, kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc untuk bicara dengan dokter dan beli obat yang diresepkan kapan saja.

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Journal of Sleep Research. Diakses pada 2021. Effect Of The Use Of Earplugs And Eye Mask On The Quality Of Sleep In Intensive Care Patients: a Systematic Review.
Livestrong. Diakses pada 2021. How Bad Is It Really to Sleep With Earplugs Every Night?