• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Beragam Cara Pencegahan COVID-19

Cek Fakta: Beragam Cara Pencegahan COVID-19

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Fakta: Beragam Cara Pencegahan COVID-19

Pencegahan COVID-19 sebenarnya bukan hal yang mustahil. Sebaliknya, hal ini justru penting dilakukan untuk menurunkan risiko gejala penyakit parah akibat infeksi virus. Sejauh ini, ada beberapa cara yang diketahui ampuh untuk mencegah penyakit, seperti mengenakan masker, selalu mencuci tangan, dan mendapatkan vaksin corona.”

Halodoc, Jakarta – Pencegahan COVID-19 merupakan langkah yang penting dilakukan agar terhindar dari risiko penyakit akibat serangan virus corona. Virus corona merupakan penyebab COVID-19 yang hingga saat ini masih menjadi pandemi di dunia. Sejauh ini, beragam cara pencegahan penularan dan penyebaran virus ini sudah diterapkan. 

Langkah pencegahan COVID-19 yang sudah dilakukan oleh hampir seluruh masyarakat dunia adalah mengenakan masker untuk mencegah penularan, selalu menjaga kebersihan, mencuci tangan dengan sabun dan hand sanitizer, serta mendapatkan vaksin COVID-19. Selain langkah-langkah di atas, ada cara lain yang disebut bisa dilakukan untuk mencegah penyakit ini, mitos atau fakta? 

Deretan Cara yang Dianggap sebagai Pencegahan COVID-19 

Ada sejumlah cara yang sejauh ini terbukti bisa menjadi langkah pencegahan COVID-19, yaitu mengenakan masker saat berada di luar rumah, menjaga jarak dengan kerumunan, selalu mencuci tangan, serta mendapatkan vaksin corona. Namun, ada beberapa cara lain yang disebut bisa dilakukan untuk mencegah penularan virus ini. Cek di sini apakah cara tersebut fakta atau mitos belaka! 

  1. Mitos atau Fakta, Berjemur bisa mencegah penularan virus corona? 

Jawabannya mitos, hingga kini belum ada penelitian yang menyebut bahwa virus corona bisa dimatikan oleh paparan sinar UV dan panas matahari. Namun, kamu tetap bisa berjemur pada pagi hari untuk mendapatkan manfaatnya, seperti menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan imunitas tubuh. Pastikan untuk pada pagi hari sebelum pukul 10.00 WIB. 

  1. Mitos atau Fakta, Bawang putih bisa mencegah COVID-19? 

Jawabannya mitos, bawang putih memang memiliki kandungan antibakteri yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Namun, kandungan ini belum terbukti bisa mencegah penularan COVID-19. Karena itu, tidak perlu berlebihan dalam mengonsumsinya! 

  1. Mitos atau Fakta, Minuman beralkohol sebagai cara pencegahan COVID-19? 

Jawabannya mitos. Mengonsumsi minuman beralkohol tidak akan membunuh virus corona yang sudah masuk ke dalam tubuh. Sebaliknya, mengonsumsi minuman ini secara berlebihan malah bisa berdampak pada penurunan daya tahan tubuh dan bisa memperparah gejala penyakit. 

  1. Mitos atau fakta, Konsumsi suplemen atau vitamin bisa mencegah COVID-19? 

Jawabannya mitos. Mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C, zinc, vitamin D, atau nutrisi lain nyatanya tidak bisa mencegah COVID-19. Akan tetapi, rutin mengonsumsi suplemen sesuai kebutuhan bisa meningkatkan imunitas tubuh, sehingga risiko munculnya gejala penyakit parah akibat infeksi virus bisa dihindari. 

  1. Mitos atau Fakta, air panas bisa mencegah penyakit akibat virus corona? 

Jawabannya mitos. Mengonsumsi air panas atau mandi dengan air panas tidak bisa mencegah penularan virus corona serta gejala penyakit yang mungkin muncul. 

  1. Mitos atau Fakta, kandungan alkohol bisa menjadi pencegahan COVID-19? 

Jawabannya Fakta. Asalkan kandungan alkohol terdapat di dalam cairan hand sanitizer atau disinfektan yang digunakan dengan cara tepat. Hand sanitizer digunakan untuk mencuci tangan, bukan disemprotkan ke baju dan bagian luar tubuh dengan harapan bisa membunuh virus. 

  1. Mitos atau Fakta, vaksin corona bisa mencegah penyakit akibat virus? 

Jawabannya Fakta. Hingga kini, penggunaan vaksin untuk mencegah risiko penyakit masih terus dilakukan. Beragam klaim dari penelitian menyebut bahwa cara ini cukup ampuh untuk dijadikan langkah bertahan di tengah pandemi virus corona. 

Masih penasaran apalagi mitos dan fakta terkait virus corona dan COVID-19? Coba tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Lebih mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call atau Chat. Sampaikan pertanyaan seputar kesehatan dan dapatkan jawaban terbaik dari ahlinya. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
John Hopkins Medicine. Diakses pada 2021. Covid-19 — Myth Versus Fact. 
WHO. Diakses pada 2021. 12 Myths about Covid-19. 
Healthline. Diakses pada 2021. Is Sunbathing Good for You? Benefits, Side Effects, and Precautions.