• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Berkumur Setelah Sikat Gigi Tidak Diperlukan?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Berkumur Setelah Sikat Gigi Tidak Diperlukan?

Cek Fakta: Berkumur Setelah Sikat Gigi Tidak Diperlukan?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 06 Desember 2022

“Anggapan konvensional seputar membilas mulut dengan air setelah menyikat gigi sebenarnya memiliki beberapa dasar. Sebab, secara umum, seseorang tidak seharusnya menelan fluorida konsentrasi tinggi.”

Cek Fakta: Berkumur Setelah Sikat Gigi Tidak Diperlukan?Cek Fakta: Berkumur Setelah Sikat Gigi Tidak Diperlukan?

Halodoc, Jakarta – Guna menerapkan pola hidup sehat dan menjaga higienitas mulut dan gigi, kita dianjurkan untuk menggosok gigi 2–3 kali sehari. Sedari kecil, kebanyakan orang diajarkan untuk membilas mulut dengan cara berkumur setelah menyikat gigi. Sebab, hal ini dianggap dapat membantu membersihkan kotoran yang ada di dalam mulut. 

Kendati begitu, anggapan lain justru mengatakan kalau berkumur setelah menyikat gigi sebenarnya tidak diperlukan. Artinya, ada orang yang memiliki kebiasaan sebaliknya. Lantas, apakah berkumur setelah sikat gigi sebenarnya tidak diperlukan? 

Dapat Mengurangi Banyak Manfaat Fluoride

Di dalam pasta gigi terkandung senyawa fluoride sebagai bahan utama dalam pasta gigi. Fluoride sendiri merupakan mineral yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Selain pasta gigi, senyawa fluoride juga ditemukan secara alami di beberapa makanan yang dikonsumsi seseorang. 

Fluoride paling membantu gigi saat dioleskan langsung ke gigi. Bahkan, fluoride yang menempel di gigi selama beberapa menit dapat memberikan manfaat terbesar. Anggapan konvensional seputar membilas mulut dengan air setelah menyikat sebenarnya memiliki beberapa dasar. Sebab, secara umum, seseorang tidak seharusnya menelan fluorida konsentrasi tinggi.

Pasalnya, beberapa produk gigi mengandung konsentrasi fluoride lebih tinggi dari yang direkomendasikan untuk dikonsumsi setiap harinya. Jadi strategi berkumur setelah menyikat gigi diartikan sebagai cara untuk mencegah konsumsi fluoride dalam jumlah yang signifikan.

Selain itu, keinginan untuk menetralkan rasa mint yang kuat dari pasta gigi, juga dapat menjadi alasan berkumur setelah sikat gigi. Namun, membilas rasa yang keluar dari mulut setelah menyikat terkadang hanya memenuhi keinginan tubuh untuk menghilangkan rasa tersebut. Padahal, bila kamu segera berkumur setelah menyikat gigi, kamu dapat menghapus banyak manfaat dari penggunaan fluoride pada gigi.

Cara Lain yang Direkomendasikan

Karena dianggap dapat mengurangi banyak manfaat dari fluoride, tentunya ada cara lain yang direkomendasikan untuk membersihkan mulut setelah sikat gigi. Nah, menurut pendapat beberapa ahli, termasuk Yayasan Kesehatan Mulut Inggris, cara yang direkomendasikan adalah dengan mengeluarkan air liur atau pasta gigi berlebih. 

Cara ini dianggap lebih efektif untuk memaksimalkan manfaat yang dapat diperoleh dari fluoride, dibandingkan dengan berkumur atau membilas gigi, setelah menyikatnya. Setelahnya, pastikan juga untuk menghindari makan atau minum selama 10 menit atau lebih setelah menyikat gigimu. 

Risiko Efek Samping Tidak Berkumur 

Memang tidak berkumur setelah menyikat gigi dianggap aman. Meski demikian, ada beberapa efek samping yang juga perlu dipertimbangkan. Nah, efek samping tidak berkumur setelah menyikat gigi dapat timbul dari kandungan senyawa fluoride yang berisiko tertelan. 

Fluoride dapat menimbulkan sejumlah gejala ketika tertelan. Mulai dari mual, diare, hingga sakit perut. Namun, efek samping tersebut tidak akan muncul jika kamu hanya menggunakan sedikit pasta gigi. Selain itu, efek samping tersebut biasanya rentan terjadi pada anak-anak yang tanpa sengaja menelan fluoride pada produk pasta gigi untuk orang dewasa. 

Itulah fakta mengenai berkumur setelah menyikat gigi. Sebenarnya berkumur atau membilas pasta gigi setelah menyikat gigi boleh-boleh saja untuk dilakukan. Namun, jika langsung berkumur setelah menyikatnya, kamu bisa mengurangi manfaat yang dapat diperoleh dari senyawa fluoride dari pasta gigi. 

Jika saat ini kamu masih memiliki pertanyaan seputar menyikat gigi, atau memiliki keluhan pada gigimu, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi atau saran medis yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2022. Should You Rinse After Brushing Your Teeth?
NHS. Diakses pada 2022. How to keep your teeth clean. 
Oral Health Foundation.UK. Diakses pada 2022. “Spit don’t rinse” for better oral health. 
CNN Indonesia. Diakses pada 2022. Kumur-kumur Setelah Sikat Gigi, Perlu atau Tidak?