• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Menikah Lebih Baik untuk Kesehatan Mental Pria

Cek Fakta: Menikah Lebih Baik untuk Kesehatan Mental Pria

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Cek Fakta: Menikah Lebih Baik untuk Kesehatan Mental Pria

Bagaimana menikah bisa baik untuk kesehatan mental pria? Kesehatan fisik dan mental pria mengalami peningkatan karena pengaruh positif pasangannya. Hubungan yang positif bisa meningkatkan kesehatan mental pria tetapi kegagalan hubungan juga dapat membahayakan kesehatan.“

Halodoc, Jakarta – Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh Harvard Health Publishing, pria yang menikah lebih sehat mentalnya daripada pria yang tidak pernah menikah atau yang pernikahannya berakhir dengan perceraian ataupun karena pasangannya meninggal. 

Faktor yang memicu kesehatan mental tersebut dikarenakan pria yang tidak menikah ataupun ditinggal pasangannya lebih merasa kesepian. Kesepian bisa memicu gangguan pada kesehatan mental. Yuk, simak faktanya di sini!

Tidak Lagi Sendirian

Bagaimana menikah bisa baik untuk kesehatan mental pria? Kesehatan fisik dan mental pria mengalami peningkatan karena pengaruh positif pasangannya. Hubungan yang positif bisa meningkatkan kesehatan mental pria tetapi kegagalan hubungan juga dapat membahayakan kesehatan. 

Walaupun ada kemungkinan demikian, itu bukan berarti harus menghindari pernikahan. Justru ketika dalam pernikahan terjadi guncangan tetapi pasangan berhasil menyelesaikan masalah tersebut, maka hubungan keduanya akan semakin kuat. Hubungan yang kuat ini akan berdampak pada kesehatan mental.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Pasangan yang sudah menikah juga dapat memperoleh keuntungan finansial. Pernikahan dapat membawa peningkatan dukungan emosional dan instrumental. Pernikahan dapat mengubah gaya hidup yang mendukung pada aktivitas yang sehat dan menurunkan perilaku berisiko. Bisa jadi ini dikarenakan adanya tanggung jawab setelah menikah yang membuat pasangan harus lebih berhati-hati dalam melakukan sesuatu dan menentukan pilihan.

Ada kecenderungan orang yang sudah menikah lebih menjaga perilakunya dan mengerem hal-hal yang berpotensi mengganggu ketenteraman hubungan. Namun terkadang, hal ini tidak selalu baik. Jika pasangan memilih untuk mendiamkan dan menekan perasaannya justru malah jadi bikin mental terganggu. 

Jadi, ketika disebutkan menikah lebih baik untuk kesehatan mental pria, perlu digali lebih dalam faktor-faktor penentu lainnya. Misalnya seperti apakah hubungan dengan pasangan, apakah relasi pernikahan tersebut setara atau tidak, bagaimana kondisi finansial pernikahan tersebut serta hal-hal lainnya. 

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Hormon untuk Mental yang Sehat

Pastinya menikah saja tidak akan menjamin kalau kesehatan pria bisa lebih baik, tergantung seberapa berkualitas relasi pernikahan tersebut. Karena kalau ngomongin soal kesepian, ada banyak juga pasangan yang merasa kesepian walaupun sudah menikah. Ada saja pasangan yang mengalami depresi dan stres karena pasangannya terlalu mengekang.

Tanda Pernikahan yang Sehat

Tadi sudah disinggung kalau tidak selalu pernikahan dapat berdampak pada kesehatan mental. Cek tandanya di sini, seperti apakah tanda pernikahan yang sehat?

Baca juga: Ketahui Cek Pra Nikah yang Perlu Dilakukan Wanita

1. Seperti Teman

Relasi yang baik adalah relasi dimana kamu dan pasanganmu seperti teman. 

2. Bekerja Sebagai Satu Tim

Kerja tim akan membuat pernikahan berhasil. Pada akhirnya pernikahan tidak ubahnya mitra setara yang saling mendukung.

3. Tahu Cara Mengelola Stres

Stres dalam pernikahan adalah hal yang tidak bisa dihindari. Tahu cara mengelola dan mengatasi stres dalam pernikahan adalah kunci pernikahan yang sehat.

4. Menikmati Kebersamaan

Apakah kamu merasa kebersamaan dengan pasangan adalah sesuatu yang membosankan? Bisa jadi itu tandanya pernikahanmu sedang tidak baik. Menikmati kebersamaan adalah tanda pernikahan yang sehat.

Nah, kalau kamu punya masalah kesehatan mental yang tidak bisa didiskusikan dengan pasangan, hubungi saja psikolog atau psikiater di Halodoc! Jangan ditunda lagi ya, kesehatan mental itu sangat penting. Belum punya aplikasinya? Download sekarang juga, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Marriage and men’s health.
Science Daily.com. Diakses pada 2021. Marriage is good for physical and mental health, study finds.
Fatherly.com. Diakses pada 2021. How Happy Marriages Stay Happy: 7 Signs of a Rock Solid Relationship.