• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cek Fakta: Turunkan Kadar Kolesterol dengan Olahraga

Cek Fakta: Turunkan Kadar Kolesterol dengan Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Cek Fakta: Turunkan Kadar Kolesterol dengan Olahraga

“Kadar kolesterol tinggi adalah hal yang harus diwaspadai. Sebab, kondisi ini bisa memicu terjadinya berbagai penyakit berbahaya serta mengancam nyawa. Kabar baiknya, rutin berolahraga ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Halodoc, Jakarta – Kadar kolesterol tinggi adalah kondisi yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai gangguan kesehatan yang mengancam nyawa. Maka dari itu, penting untuk selalu memeriksakan kadar kolesterol dan mengetahui cara menurunkannya jika sudah terlalu tinggi. 

Pada dasarnya, tubuh manusia terdiri dari “kolesterol baik” alias high-density lipoprotein (HDL) dan “kolesterol jahat” yaitu low-density lipoprotein (LDL). Waspadai jika kadar LDL jauh berada di atas HDL. Lantas, benarkah kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa diatasi dengan berolahraga? Jawabannya bisa! Nyatanya, aktivitas fisik bisa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca juga: Ini Cara Mengenali Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi

Olahraga untuk Mengatasi Kadar Kolesterol Tinggi 

Olahraga ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Karena itu, melakukan aktivitas fisik yang cukup sangat disarankan bagi orang yang memiliki risiko mengalami kadar kolesterol tinggi, misalnya pengidap obesitas. Ada beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba untuk membantu mengatasi masalah kolesterol, di antaranya: 

  1. Joging 

Joging atau berlari bisa menjadi pilihan olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Kabar baiknya, bonus penurunan berat badan adalah hal yang bisa didapat jika melakukannya secara rutin. Berlari disebut bisa membantu meningkatkan HDL dan mengatur tekanan darah. 

  1. Jalan cepat

Jika merasa tidak sanggup untuk berlari, kamu bisa mencoba jalan cepat. Jenis olahraga ini juga bisa menjadi pilihan bagi orang yang memiliki masalah pada kesehatan sendi. Aktivitas fisik yang satu ini juga bisa membantu mengurangi risiko peningkatan kolesterol dalam darah. Risiko tekanan darah tinggi juga menurun pada orang yang rutin melakukan olahraga ini. 

  1. Berenang 

Ada kabar baik bagi pencinta olahraga air yang satu ini. Ternyata, berenang bisa membantu menstabilkan kadar kolesterol dalam darah. Olahraga ini juga cocok untuk dilakukan oleh orang yang memiliki masalah dengan kesehatan sendi.

  1. Bersepeda 

Bersepeda secara rutin juga menjanjikan manfaat sehat yang tidak kalah dengan jenis olahraga lain. Salah satu manfaat yang didapat dari kebiasaan ini adalah penurunan risiko terserang penyakit akibat kolesterol tinggi. Selain itu, bersepeda juga disebut bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Ketahui 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

  1. Yoga 

Yoga disebut sebagai jenis olahraga yang bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jenis olahraga ini juga disebut dapat secara langsung memengaruhi kadar kolesterol dalam darah. Katanya, melakukan yoga secara rutin, setidaknya selama tiga bulan bisa membantu mengurangi kadar kolesterol total, tertuama kadar LDL. Aktivitas fisik ini juga disebut bisa meningkatkan kadar HDL, termasuk pada pengidap penyakit diabetes. 

Pola Hidup Sehat untuk Mencegah Penyakit 

Selain berolahraga, mengatasi dan mencegah kadar kolesterol tinggi bisa dilakukan dengan menerapkan pola hidup sehat. Orang yang memiliki riwayat atau faktor risiko mengalami kolesterol tinggi disarankan untuk memangkas asupan lemak jenuh dan lemak trans. Sebagai gantinya, perbanyaklah konsumsi makanan yang mengandung serat. 

Baca juga: Kolesterol Tinggi dan Darah Tinggi Berbahaya Jika Disatukan

Selain itu, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk memantau kadar kolesterol. Jika dibutuhkan, konsumsi suplemen khusus agar kebugaran tubuh selalu terjaga. Cek kebutuhan suplemen dan multivitamin di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
Healthline. Diakses pada 2021. Lowering Your High Cholesterol: 6 Exercises That Will Pay Off.
Healthline. Diakses pada 2021. 10 Natural Ways to Lower Your Cholesterol Levels.