Cicipi Manfaat Ikan Herring Asal Eropa

Ikan herring, manfaat ikan herring, ikan haring belanda

Halodoc, Jakarta - Apakah ikan herring asing di telingamu? Kamu bukan satu-satunya, karena ikan herring merupakan nama ikan kecil yang populer di Belanda. Tradisi orang Belanda memakan ikan herring ini sudah terjadi selama 600 tahun.

Tahukah kamu bahwa ikan haring Belanda merupakan kuliner ekstrem? Karena biasanya ikan herring ini disantap utuh tanpa kepala dan hanya dengan taburan bawang dan jeruk nipis, kemudian dimakan mentah. Berbeda sekali dengan sashimi di Jepang yang sudah di potong-potong dan dicelup saus.

Ikan Herring merupakan ikan yang hidup bergerombol di perairan laut yang memiliki gunung-gunung laut. Ikan ini menjadi santapan empuk bagi para ikan predator yang tubuhnya lebih besar. Hal ini menunjukkan bahwa ikan herring memiliki khasiat dan manfaat yang sangat tinggi, sehingga ikan ini juga banyak diburu oleh ikan lain

Selain enak untuk dikonsumsi, ternyata ikan ini bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi ikan ini, kesehatanmu akan stabil dan daya tahan tubuhmu pun akan semakin baik. Ini dia manfaat ikan herring bagi kesehatan:

1. Kesehatan Ibu Hamil

Untuk kamu yang sedang hamil, sebaiknya mengonsumsi ikan ini dalam keadaan matang. Dengan begitu, kehamilanmu akan sehat dan selamat hingga tiba masa persalinan. Ikan ini juga menghindarkan ibu dari gejala morning sickness. Selain itu,  ikan ini juga bermanfaat untuk mencegah pecah ketuban dini dan kelahiran bayi prematur.

2. Mengontrol Kadar Kolesterol

Jika kamu memiliki tingkat kolesterol yang tinggi, jangan bingung mau makan apa. Ikan herring masih boleh kamu santap, asalkan jumlahnya tidak berlebihan. Sebab, ikan ini mempunyai kandungan HDL (High-Density Lipoprotein). Kandungan HDL dalam ikan ini dapat mengontrol kadar kolesterol dalam tubuhmu.

3. Mengurangi Risiko Diabetes

Diabetes sebenarnya tidak ada obatnya. Pengobatan diabetes akan terus dilakukan seumur hidup, mengingat penyakit ini tidak bisa disembuhkan. Supaya kamu terhindar dari penyakit mematikan ini, sebaiknya mengkonsumsi olahan makanan berbahan dasar ikan herring. Kandungan nutrisi dalam ikan herring dapat menghindarkan kamu dari risiko diabetes.

3. Mengandung Protein

Protein merupakan unsur penyusun utama tubuh. Seluruh jaringan tubuh manusia merupakan himpunan protein-protein kompleks, misalnya otot. Otot merupakan jaringan yang terbentuk karena protein. Bila kamu ingin mempunyai otot yang besar, perbanyak konsumsi protein yang terkandung di dalam ikan herring.

4. Mengatasi Stres dan Depresi

Stres merupakan tekanan batin yang membuat pengidapnya merasakan lemah dan lesu atas kehidupannya. Sedangkan depresi merupakan efek berkelanjutan dari stres. Ciri-ciri seseorang mengalami depresi adalah hanyut dalam perasaan sedih yang mendalam, sehingga muncul perasaan ingin mengakhiri hidup.

Perasaan tertekan karena stres bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan yang bisa mengatasi stres adalah ikan herring. Ikan jenis ini ternyata memiliki kandungan serotonin dan dopamin yang tinggi. Kedua kandungan tersebut berfungsi sebagai menjadi anti-stres dan mood stabilizer.

5. Alternatif Makanan untuk Diet

Cara penyantapan ikan mentah di Eropa berbeda dengan di Jepang. Mereka lebih senang menaruh ikan mentah di antara roti lapis. Kadang, mereka juga memakan ikan haring Belanda secara langsung tanpa tambahan apa-apa. Konon, ikan jenis ini dianggap sebagai makanan yang cocok untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan.

6. Kaya Akan Zat Besi

Selain rasanya yang lezat, ikan herring juga kaya akan zat besi. Maka dari itu, ikan ini cocok sekali untuk kamu yang ingin menambah kadar HB atau kamu yang mengidap anemia. Kamu bisa mengonsumsinya mentah, atau bisa juga dimasak terlebih dahulu. Namun, sebaiknya kamu memasaknya setengah matang saja.

7. Mengandung DHA dan EPA

DHA dan EPA merupakan 2 zat anggota asam lemak omega 3 yang memiliki peranan penting untuk kesehatan otak. Meski ikan herring bertubuh kecil, tetapi ikan jenis ini kaya akan kandungan DHA dan EPA.

Itulah beberapa manfaat ikan herring. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya? Jika kamu ingin berdiskusi dengan dokter ahli terkait dengan manfaat mengkonsumsi ikan herring bagi kesehatan, kamu bisa ngobrol langsung di Halodoc. Kamu tidak hanya dapat berdiskusi langsung, kamu juga dapat membeli obat dengan layanan Apotek Antar dari Halodoc. Yuk, download aplikasinya segera di App Store atau Google play!

Baca juga: