• Home
  • /
  • Ciri-Ciri Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Ciri-Ciri Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
Ciri-Ciri Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Halodoc, Jakarta - Ibu, tahukah jika pembengkakan kelenjar getah bening pada anak akan lebih mudah terlihat karena ukurannya lebih besar dari orang dewasa? Penyebabnya pun beragam. Pada sebagian besar kasus, kondisi ini bukanlah hal yang berbahaya, dan bukan merupakan masalah kesehatan serius.

Kelenjar getah bening bukan hanya memproduksi zat kimia guna membunuh kuman penyebab infeksi. Kelenjar ini juga berfungsi untuk menyaring bakteri dan virus dalam tubuh yang harus dihancurkan oleh sel darah putih. Pada anak, ketahui ciri-ciri pembengkakan kelenjar getah bening berikut ini!

Baca juga: Pemeriksaan untuk Deteksi Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak

Pembengkakan Kelenjar Getah Bening pada Anak, Ini Gejalanya

Jika muncul pada anak, terkadang penyakit ini tidak terdeteksi karena tidak menimbulkan gejala. Jika timbul, terkadang pembengkakan hanya terjadi dalam intensitas yang ringan, sehingga tidak terlalu tampak. Jika dibiarkan begitu saja, pembengkakan akan bertambah dan menimbulkan keluhan, seperti nyeri.

Jika muncul pada leher, pembengkakan akan membuat Si Kecil menjadi sulit untuk berbicara, sesak napas, atau kesulitan menelan. Jika muncul pada selangkangan, pembengkakan akan membuat Si Kecil menjadi sulit untuk berjalan atau membungkuk. Berikut gejala yang perlu ibu waspadai:

  • Benjolan muncul secara tiba-tiba dan cepat membesar.

  • Benjolan bertekstur keras dan tidak bergerak saat ditekan.

  • Benjolan muncul disertai dengan demam yang tidak kunjung hilang.

  • Benjolan muncul disertai dengan penurunan berat badan anak.

  • Benjolan terasa nyeri.

  • Benjolan muncul dengan area kulit di sekitarnya yang berubah warna menjadi keunguan atau kemerahan.

  • Benjolan muncul disertai dengan darah pada pembengkakan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, pembengkakan kelenjar getah bening pada anak biasanya tidak berbahaya. Namun, saat gejala parah berikut ini muncul, ibu harus sigap untuk membawa Si Kecil ke rumah sakit terdekat untuk mendapat pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Berikut gejala parah yang dimaksud:

  • Benjolan membengkak tanpa alasan dan menimbulkan luka, radang tenggorokan, hidung meler, atau infeksi ringan.

  • Benjolan berdiameter 4 sentimeter.

  • Benjolan terletak di leher dan menimbulkan rasa sakit saat menelan serta kesulitan bernapas.

  • Benjolan kelenjar getah bening yang terletak di area leher disertai dengan gejala, seperti demam, ruam, serta tangan, telapak kaki, bibir, serta lidah yang berwarna merah.

Saat gejala parah terakhir tampak, itu adalah gejala dari penyakit kawasaki, yaitu penyakit peradangan jangka panjang yang dapat menimbulkan komplikasi berbahaya, salah satunya adalah penyakit jantung. Penyakit kawasaki umum dialami oleh anak di bawah usia 5 tahun. Waspadai hal ini ya, bu!

Baca juga: Pilihan Pengobatan untuk Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Selain Infeksi, Ini Penyebab Pembengkakan Kelenjar Getah Bening Anak

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penyebab umum pembengkakan kelenjar getah bening pada anak adalah infeksi di bagian tubuh tertentu, seperti infeksi telinga, sinusitis, infeksi gigi, atau tenggorokan, yang disebabkan oleh bakteri, parasit, dan virus. Berikut penyebab lainnya:

  • Gangguan Sistem Kekebalan Tubuh

Pembengkakan kelenjar getah bening menandakan bahwa adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh, seperti penyakit lupus dan rheumatoid arthritis.

  • Kanker

Kelenjar getah bening juga dapat membengkak jika Si Kecil mengidap tumor atau kanker, seperti limfoma, leukemia, serta kanker stadium lanjut yang telah menyebar ke organ lain di sekitarnya.

  • Efek Samping Pemakaian Obat

Contoh obat yang dapat menimbulkan efek samping berupa pembengkakan pada kelenjar getah bening pada anak, yaitu  obat antikejang, antibiotik, dan antimalaria.

Baca juga: Rutin Olahraga Bisa Mencegah Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Untuk mengetahui penyebabnya, pembengkakan kelenjar getah bening perlu penanganan dari para ahli dengan melakukan sejumlah pemeriksaan fisik dan penunjang, seperti tes darah, USG, rontgen, CT scan, hingga biopsi. Setelah penyebab pasti diketahui, dokter akan memberikan pengobatan yang tepat.

Referensi:
Seattle Children’s Hospital. Diakses pada 2020. Lymph Nodes – Swollen.
Healthline. Diakses pada 2020.. What’s Causing My Swollen Lymph Nodes?
Verywell Health. Diakses pada 2020. Swollen Glands in Children.