• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cisapride: Obat untuk Atasi Maag dan Penyakit Asam Lambung
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cisapride: Obat untuk Atasi Maag dan Penyakit Asam Lambung

Cisapride: Obat untuk Atasi Maag dan Penyakit Asam Lambung

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 10 Agustus 2022

“Biasanya cisapride tersedia dalam bentuk tablet atau cair di mana penggunaannya harus mengikuti resep dan anjuran dokter. Terkait konsumsinya, cisapride dapat dikonsumsi setidaknya 15 menit sebelum makan dan sebelum tidur.”

Cisapride: Obat untuk Atasi Maag dan Penyakit Asam LambungCisapride: Obat untuk Atasi Maag dan Penyakit Asam Lambung

Halodoc, Jakarta – Cisapride merupakan obat stimulan pencernaan yang digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan seperti maag dan asam lambung. Perlu diketahui bahwa cisapride bekerja dengan cara meningkatkan kecepatan gerakan saluran pencernaan. Obat ini juga bekerja dengan menguatkan katup kerongkongan yang menuju ke lambung. Berdasarkan cara kerjanya, risiko naiknya isi lambung menuju kerongkongan akan berkurang. 

Nah, berikut informasi lengkap seputar cisapride. Khususnya terkait manfaat, dosis aman, dan efek samping dari penggunaan obat ini. Berikut ulasannya!

Dosis Aman Penggunaan 

Biasanya cisapride tersedia dalam bentuk tablet atau cair di mana penggunaannya harus mengikuti resep dan anjuran dokter. Selain itu, penting untuk terlebih dahulu membaca semua informasi yang diberikan atau yang tertera pada kemasannya. Jika konsumsinya dalam bentuk cair, maka suspensi oral (cair) cisapride perlu dikocok dengan baik sebelum mengukur dosis. Ukur cairan dengan sendok pengukur dosis khusus atau cangkir obat, bukan dengan sendok makan biasa. Jika kamu tidak memiliki alat pengukur dosis, mintalah pada apoteker. Terkait konsumsinya, cisapride dapat dikonsumsi setidaknya 15 menit sebelum makan dan sebelum tidur. 

Sementara itu, dosis aman penggunaan cisapride akan bervariasi, tergantung dari kondisi pencernaan yang mendasarinya. Berikut adalah penjelasannya: 

1. Dosis Dewasa untuk Penyakit Refluks Gastroesofageal 

10 miligram oral empat kali sehari 15 menit sebelum makan dan sebelum tidur. Dosis ini dapat ditingkatkan menjadi 20 miligram per dosis jika dianjurkan oleh dokter. 

2. Dosis Dewasa untuk Gastroparesis 

10 miligram oral empat kali sehari, 15 menit sebelum makan dan sebelum tidur. Dosis ini dapat ditingkatkan menjadi 20 miligram per dosis jika dianjurkan dokter.

3. Dosis Dewasa Biasa untuk Dispepsia

5 miligram per oral 3 kali sehari, 15 menit sebelum makan. Dosis dapat ditingkatkan menjadi 10 miligram per dosis jika dianjurkan oleh dokter. 

4. Dosis Pediatrik Biasa untuk Penyakit Refluks Gastroesofageal

Untuk bayi berusia di bawah satu tahun: 0,2 hingga 0,3 miligram/kg/dosis per oral 3 hingga 4 kali sehari. Khusus untuk usia ini, maksimum dosisnya adalah 10 miligram per dosisnya.

Jika pengguna obat ini melewatkan satu dosis, maka dosis yang terlewat tersebut perlu dilewatkan. Penggunaannya perlu meminum obat ini kembali sesuai dengan dosis normal sesuai dengan waktu penggunaannya. Selain itu, hindari mengambil dua dosis pada waktu yang sama, atau menambahkan dosis tanpa arahan dokter. 

Adakah Risiko Efek Samping dari Cisapride?

Semua obat dapat menyebabkan efek samping. Namun, banyak orang tidak memiliki efek samping atau hanya memiliki efek samping ringan. Meski begitu, cisapride dapat menimbulkan reaksi alergi dan kondisi medis lainnya sebagai efek samping penggunaannya. Segeralah mencari bantuan medis darurat jika kamu memiliki tanda reaksi alergi setelah mengonsumsi cisapride. Berikut adalah tanda alergi yang perlu diwaspadai:  

  • Gatal-gatal. 
  • Sulit bernapas. 
  • Pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.
  • Kesulitan menelan. 

Selain itu, segeralah menghentikan penggunaan cisapride dan hubungi dokter jika kamu memiliki efek samping yang serius seperti:

  • Detak jantung cepat atau tidak teratur. 
  • Merasa seperti akan pingsan.
  • Sakit perut, mual, diare yang tak kunjung membaik. 
  • Peningkatan buang air kecil.

Itulah penjelasan mengenai cisapride, terkait dosis aman, dan risiko efek sampingnya. Penting untuk menggunakan obat tersebut sesuai dengan anjuran pakai atau resep dokter. Tujuannya agar manfaatnya dapat diperoleh secara maksimal, dan kamu dapat terhindari dari efek samping serius yang dapat terjadi.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar cisapride, segeralah hubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter terpercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang kamu butuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call pada aplikasinya secara langsung. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga!

Referensi: 

Drugs. Diakses pada 2022. Cisapride. 
Drugs. Diakses pada 2022. Cisapride Tablets. 
Medline Plus. Diakses pada 2022. Cisapride.