• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba 6 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Mood Seharian
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba 6 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Mood Seharian

Coba 6 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Mood Seharian

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 23 Mei 2022

“Yoga merupakan olahraga yang efektif untuk meningkatkan mood. Ada beberapa gerakan yoga yang bisa membantu membuat kamu lebih tenang dan memperbaiki suasana hati.”

Coba 6 Gerakan Yoga untuk Tingkatkan Mood Seharian

Halodoc, Jakarta – Suasana hati kamu sedang tidak menentu? Rasa lelah dan bosan akibat rutinitas yang monoton bisa membuatmu merasa tidak mood melakukan kegiatan. Kalau sudah begini, tentu saja bisa mengganggu pekerjaan yang sedang kamu jalani, bukan?.

Nah, cara mudah dan sehat agar suasana hati tetap terjaga adalah dengan yoga. Kamu hanya perlu matras, musik favorit yang menenangkan, dan tempat yang cukup. Yuk, cari tahu gerakan yoga untuk meningkatkan mood seharian di sini.

Gerakan Yoga untuk Meningkatkan Mood

Inti dari yoga adalah melakukan latihan pernapasan, jika kamu melakukannya dengan baik maka bisa mengubah suasana hati kamu seharian, bahkan sepanjang usia, lo. Cobalah beberapa gerakan yoga berikut yang bisa membantu membuat mood kamu tetap baik seharian:

1. Wild Warrior

Pertama berdiri dengan kaki terbuka lebih lebar dari bahu. Telapak kaki kanan menghadap ke depan dan kaki kiri mengarah ke kiri. Tumpukan berat badan ke kaki kiri kemudian rentangkan tangan ke samping dengan tubuh bagian atas menghadap ke depan. Setelah itu lakukan tepukan tangan dengan menyatukan telapak tangan dan lengan ke arah tangan kiri.

Ketika tangan terbuka tarik napas dalam kemudian keluarga dan tepukkan tangan. Ulangi gerakan ini 10 kali lalu berganti dengan ke arah sebaliknya (kanan).

2. Powered By Love

Pertama buka kaki selebar bahu (mirip posisi awal squat). Lalu tekuk lutut sedikit sambil menurunkan pinggul. Kemudian luruskan kaki dan silangkan tangan di dada (telapak tangan kanan di bahu kiri dan telapak tangan kiri di bahu kanan). Kemudian angkat kedua tangan ke atas sambil mengucapkan, “POWERED BY LOVE”.

3. Thunder Bolt Twist

Pertama tarik napas sambil berdiri tegak dan tangan ke atas. Kemudian buang napas sambil menekuk lutut dan menyatukan tangan (seperti berdoa) menghadap ke kiri membentuk posisi Utkatasana (pose kursi). Ulangi gerakan ini selama 10 kali bergantian menghadap ke kanan.

4. Magic Takes Guts

Pertama, berjongkok dengan kaki lebar seperti posisi squat kemudian angkat tumit sedikit sambil menyatukan tangan seperti berdoa. Kemudian buka lengan, satu ke atas dan satu ke bawah, ulangi bergantian. Jangan lupa mengatur napas, ya.

5. Breath of Joy

Pertama, duduk dengan kaki bersila dan tarik napas dengan lengan terbuka lebar. Kemudian buang napas sambil seakan memeluk badan. Ulangi gerakan ini 10 kali.

6. Mountain Pose (Tadasana)

Pose yoga sederhana ini membantu menenangkan sistem saraf dan mengendalikan respons fight or flight kamu, sehingga kamu bisa merasa lebih baik. Melakukan gerakan yoga ini juga bisa membantu kamu memiliki pernapasan yang sadar dan dalam. Dengan begitu, kamu bisa menjadi sadar dan hadir, yang merupakan kunci untuk meningkatkan suasana hati.

Cara melakukannya, berdirilah dengan kaki selebar pinggul dan tekuk lutut sedikit. Pastikan tubuhmu stabil. Kemudian tarik napas dan angkat kedua tangan ke atas. Angkat sedikit panggul ke depan, putar paha ke dalam dan kencangkan intu tubuh kamu. Lalu, tarik napas dalam-dalam dan jatuhkan bahumu. Tahan lah posisi ini selama lima kali napas, hingga 2 menit.

Yang terpenting saat melakukan yoga untuk tingkatkan mood adalah bagaimana kamu menyesuaikan tarikan napas sesuai dengan kemampuan kamu. Jadi, nikmati gerakannya dan tarik serta buang napas secara perlahan namun dalam agar tubuh terasa lebih rileks dan nyaman.

Manfaat Yoga untuk Meningkatkan Mood

Semua jenis olahraga sebenarnya bisa meningkatkan suasana hati dengan cara menurunkan kadar hormon stres, meningkatkan produksi bahan kimia perasaan baik yang dikenal sebagai endorfin, dan membawa lebih banyak darah penuh oksigen ke otak kamu. 

Namun, manfaat yoga untuk meningkatkan mood mungkin lebih unggul daripada jenis olahraga lainnya. Menurut sebuah artikel di The Journal of Alternative and Complementary Medicine, yoga bisa memengaruhi suasana hati dengan meningkatkan kadar zat kimia otak yang disebut asam gamma-aminobutyric (GABA).

GABA merupakan zat kimia di otak yang membantu mengatur aktivitas saraf. Aktivitas GABA terlihat berkurang pada orang dengan gangguan mood dan kecemasan. Itulah mengapa obat-obatan yang meningkatkan aktivitas GABA biasanya diresepkan untuk memperbaiki mood dan mengurangi kecemasan. Nah, yoga bisa menjadi cara alami untuk meningkatkan suasana hati.

Jika kamu mengalami suasana hati yang buruk hingga mengganggu kehidupan sehari-hari, cobalah untuk membicarakannya dengan ahlinya dengan menggunakan aplikasi Halodoc. Kamu bisa tanya dokter dan minta saran kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat.  Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play.

Referensi:
Science Daily. Diakses pada 2022. Yoga’s ability to improve mood and lessen anxiety is linked to increased levels of a critical brain chemical, research finds.
The Health Site. Diakses pada 2022. Yoga could help boost your mood: 3 inversion poses that can do the trick