• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba 8 Cara Alami Ini untuk Menyegarkan Wajah yang Lelah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba 8 Cara Alami Ini untuk Menyegarkan Wajah yang Lelah

Coba 8 Cara Alami Ini untuk Menyegarkan Wajah yang Lelah

4 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 27 Juni 2022

“Stres, kurang tidur, dan paparan sinar matahari bisa membuat wajah menjadi lelah dan kusam. Namun, jangan khawatir ada beberapa cara alami dan mudah yang bisa menyegarkan wajah lelah dengan cepat.”

Coba 8 Cara Alami Ini untuk Menyegarkan Wajah yang Lelah

Halodoc, Jakarta – Padatnya aktivitas sehari-hari tidak hanya bisa membuat badan lelah, tapi kelelahan pun juga bisa terlihat dari wajah kamu. Stres dan kurang tidur bisa membuat wajah kamu terlihat kuyu. Apalagi bila sebagian besar aktivitas kamu dilakukan di luar ruangan yang membuat wajah terpapar sinar matahari dalam waktu lama. Hal itu bisa membuat wajah menjadi kusam dan nampak tidak segar.

Wajah yang lelah dan kusam tentu bisa mengurangi penampilan. Karena itu, jangan lupa untuk tetap merawat kesehatan kulit wajah di tengah-tengah kesibukan. Ada beberapa cara alami dan mudah nih yang bisa kamu coba lakukan untuk menyegarkan kembali wajah yang lelah. Yuk, cari tahu di sini.

Tips Membuat Wajah Segar Kembali

Berikut beberapa perawatan kulit dengan cara alami untuk menyegarkan wajah yang lelah:

1. Basuh Wajah dengan Air Dingin

Cara termudah untuk menyegarkan wajah yang lelah adalah mencuci muka dengan menggunakan air dingin. Efek segar dari air dingin tidak hanya akan membuat mata kamu terbuka lebar, tapi juga dapat menyempitkan pembuluh darah, sehingga kulitmu pun jadi lebih kencang dan tampak halus.

2. Mengatasi Mata Sembap

Kurang tidur bisa membuat mata kamu jadi sembap ketika bangun di pagi hari. Kondisi tersebut bisa terjadi karena sistem sirkulasi tubuh tidak bisa bekerja dengan baik ketika tubuhmu lelah. Alhasil,  ada sisa cairan yang tertinggal dan menumpuk di bawah mata. 

Untuk mengatasi mata sembap, kamu bisa mengompres mata dengan handuk dingin selama beberapa menit.  Kamu juga bisa menggunakan krim mata yang sudah disimpan terlebih dahulu dalam lemari es, sehingga mata akan terasa dingin saat krim diaplikasikan. Pilihlah krim mata yang mengandung peptide atau kafein.

3. Scrub Wajah

Lakukan perawatan wajah dengan menggunakan scrub untuk exfoliasi wajah minimal seminggu sekali. Exfoliasi mampu mengangkat sel kulit mati, sehingga menjadi cara  ampuh menyegarkan wajah yang lelah.

Cobalah menggunakan kopi sebagai scrub wajah kamu. Antioksidan yang terkandung dalam kopi bisa menstimulasi wajah dan meningkatkan aliran darah. Scrub kopi bisa membantu menghilangkan sel kulit mati, mengunci kelembapan di kulit dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Hasilnya, wajah kamu menjadi segar dan halus kembali.

4. Gunakan Bahan-bahan Alami

Beberapa bahan alami berikut dikenal ampuh untuk mengatasi sejumlah masalah yang dialami wajah lelah:

  • Kentang dan ketimun dapat kamu gunakan untuk meredakan mata yang bengkak karena lelah. Caranya, potong tipis-tipis kentang atau ketimun, lalu letakkan di atas mata selama beberapa menit.
  • Selain meredakan mata bengkak, kentang juga bermanfaat untuk mengatasi kulit wajah yang terbakar sinar matahari, lo. Caranya, lumatkan sebuah kentang dan campur dengan satu sendok teh air lemon. Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 30-40 menit. Kemudian, bersihkan wajah dengan air dingin.
  • Untuk meluruhkan sel kulit mati, kamu bisa membuat salep dengan mencampurkan dua sendok teh nanas yang sudah dilumat dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada seluruh wajah sampai leher, diamkan selama 3-5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

5. Gunakan Pelembap dan Hindari Makeup Tebal

Kulit wajah akan menjadi lebih kering, kusam, dan tidak merona ketika tubuh sedang lelah. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menggunakan pelembap setiap hari sebelum beraktivitas. Akan lebih baik lagi jika kamu menggunakan serum wajah yang efektif membantu melembapkan wajah.

Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan riasan yang terlalu tebal dulu untuk sementara. Selain kulit akan semakin terbebani, makeup juga akan menjadi pecah jika diaplikasikan pada kulit yang sedang kering karena lelah.  

6. Pijat Wajah dengan Lembut

Memijat wajah secara teratur dengan menggunakan serum atau face oil bisa membantu merangsang sirkulasi darah yang membantu menyegarkan kembali kulit wajahmu. Cara ini membantu wajah terlihat cerah, segar, dan bercahaya. Memijat wajah juga bisa mengurangi stres dan ketegangan, sehingga membantu mencegah kerutan lho.

7. Jaga Agar Tubuh Tetap Terhidrasi

Penuhilah kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih yang cukup sepanjang hari, dimulai dengan segelas air pada saat bangun tidur di pagi hari. Pasalnya, dehidrasi bisa membuat wajah kamu kering, terlihat berkerut dan menghilangkan cahaya di kulit kamu. Jadi, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi sebagai cara menyegarkan wajah yang lelah.

8. Senam Wajah

Senam wajah bila dilakukan secara teratur tidak hanya bisa membuat wajah lebih tirus, tapi juga bisa menjadi cara menyegarkan wajah yang lelah. Sebab senam wajah dapat meningkatkan sirkulasi darah. Cobalah tarik pipi kamu ke dalam seperti saat kamu ingin mengaplikasikan blush on, lalu majukan bibir ke depan lalu hembuskan napas lewat mulut. Lakukan senam wajah tersebut sebanyak 20 kali untuk mendapatkan wajah segar dan cerah secara cepat.

Bila kamu memiliki masalah kesehatan kulit, jangan ragu untuk tanya dokter melalui aplikasi Halodoc. Melalui Video/Voice Call dan Chat, kamu bisa menghubungi dokter untuk minta saran kesehatan kapan saja dan di mana saja. Ayo, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
Femina. Diakses pada 2022. How to freshen a tired face in 5 minutes?
Taylorview Dental. Diakses pada 2022. 10 Simple Steps To Make Yourself Look Fresh and Perky
Be Beautiful. Diakses pada 2022. Struggling With Dull Skin? These Tricks Will Save The Day