• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba Lakukan di Rumah, Ini Cara Atasi FOMO

Coba Lakukan di Rumah, Ini Cara Atasi FOMO

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Media sosial bak pedang bermata dua, di satu sisi memang memudahkan untuk setiap orang berinteraksi tanpa batas jarak, tetapi juga dapat menimbulkan kecanduan. Rasa candu ini membuat kamu tidak ingin ketinggalan informasi terkini pada media sosial yang disukai, layaknya Instagram, Facebook, Twitter, dan yang terbaru TikTok. 

Perasaan dari ketidakinginan untuk tertinggal akan sesuatu hal yang baru dapat dimasukkan dalam kategori Fear of Missing Out, atau FOMO. Masalah ini termasuk gangguan mental yang tentunya perlu diatasi dengan benar agar tidak semakin parah. Nah, untuk tahu lebih jauh terkait cara atasi FOMO, ketahui jawabannya di sini!

Baca juga: Bahaya FoMO buat Anak Muda Sulit Berkarya?

Beberapa Cara Atasi FOMO di Rumah

FOMO adalah rasa takut ketinggalan sesuatu yang mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang, menjalani kehidupan yang lebih baik, atau mengalami hal-hal yang lebih baik dibandingkan diri sendiri. Gangguan ini melibatkan rasa iri yang tidak biasa dan memengaruhi harga diri seseorang. Masalah ini dapat diperburuk dengan penggunaan akses media sosial.

Diketahui jika FOMO umumnya berhubungan dengan rasa kesepian, memiliki harga diri yang lebih rendah, dan kurangnya rasa kasih sayang yang diterima. Meski begitu, rasa takut tertinggal ini tidak berhubungan dengan usia seseorang. Pengidap masalah ini dapat mengalami FOMO yang lebih parah saat merasa kesepian dan terisolasi, memiliki pandangan yang negatif tentang diri sendiri, hingga kurang menerima diri apa adanya.

Saat mengalami ketergantungan pada media sosial, seseorang dengan gangguan FOMO dapat merasa lebih buruk terhadap diri sendiri dan hidupnya. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara mengatasi perasaan FOMO yang dapat menimbulkan dampak lebih buruk. Nah, berikut ini beberapa metode yang dapat dilakukan agar lebih baik:

1. Fokus pada Kelebihan

Salah satu cara untuk atasi FOMO adalah dengan selalu fokus pada kelebihan yang dimiliki diri sendiri dibandingkan kekurangan. Memang hal ini tidak mudah untuk dilakukan, apalagi dengan adanya pengaruh media sosial yang kuat. Maka dari itu, cobalah untuk lebih memilih orang-orang yang dapat memberikan aura positif dan sembunyikan orang yang menurut kamu dapat membuat FOMO menjadi timbul kembali. Temukan sesuatu yang selalu membuat kamu gembira saat membuka media sosial untuk menghindari segala pikiran negatif.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Tanda Sosial Media Pengaruhi Kesehatan Mental

2. Kurangi Akses Sosial Media

Cara lainnya untuk atasi FOMO adalah dengan benar-benar mengurangi akses ke media sosial yang dapat membuat gangguan ini untuk menyerang kembali. Bahkan, kamu juga dapat menonaktifkan akun untuk sementara waktu hingga diri merasa lebih baik. Kamu juga dapat melakukan metode dari terapi perilaku kognitif dengan menyediakan waktu tertentu untuk memeriksa semua akun media sosial. Di luar jam tersebut, ada baiknya untuk menjauhkan smartphone dari tangan.

3. Nikmati Semua yang Dimiliki

Kamu juga dapat menikmati semua aktivitas yang harus dilakukan setiap hari. Dengan lebih fokus pada segala hal yang perlu dilakukan layaknya pekerjaan rumah, tentu perasaan negatif yang ditimbulkan oleh FOMO dapat diredam. Cara ini juga dapat membuat kamu lebih menghargai segala hal yang dimiliki tanpa membanding-bandingkan dengan orang lain. Selain itu, cara ini juga dapat menjauhkan kamu dari akses media sosial. 

Itulah tiga cara yang dapat dilakukan untuk atasi FOMO, gangguan mental yang sedang banyak dialami seseorang karena pengaruh sosial media. Dengan mengetahui hal ini, diharapkan kehidupan menjadi lebih baik tanpa perlu iri melihat pencapaian orang lain. Tentu saja, perasaan tenang dalam hidup dapat dirasakan saat FOMO benar-benar teratasi.

Baca juga: Menjamur, Ini 4 Penyakit Umum Generasi Milenial

Kamu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait cara yang ampuh untuk atasi FOMO, atau untuk mendiagnosisnya. Caranya mudah sekali, cukup dengan download aplikasi Halodoc dan dapatkan akses langsung ke ahli medis tanpa perlu ke luar dari rumah. Maka dari itu, unduh aplikasinya sekarang juga!

Referensi:
Very Well Mind. Diakses pada 2021. How to Deal With FOMO in Your Life.
Anxiety and Depression Association of America. Diakses pada 2021. Tips to Get Over Your FOMO, or Fear of Missing Out.