Coba Perawatan Wajah dengan Akupuntur, Perhatikan Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Coba Perawatan Wajah dengan Akupuntur, Perhatikan Hal Ini

Halodoc, Jakarta - Wanita di seluruh penjuru dunia mendambakan untuk memiliki wajah yang cantik, bersinar dan berseri, serta bebas kerutan atau masalah penuaan dini lainnya. Tentu saja, berbagai macam perawatan dicoba, dari menggunakan bahan-bahan alami di rumah, hingga mengunjungi gerai kecantikan profesional demi mendapatkan hasil yang maksimal. 

Perawatan Wajah dengan Akupuntur

Pernahkah kamu mencoba melakukan perawatan wajah menggunakan metode akupuntur? Ternyata, akupuntur telah digunakan sejak lama untuk membantu mengobati berbagai penyakit hampir di seluruh tubuh. Mulai dari kepala, pencernaan, hingga masalah sendi. 

Baca juga: Atasi Spondylosis dengan Akupuntur, Benarkah?

Nah, manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari metode pengobatan alternatif satu ini adalah perawatan wajah alias kecantikan. Kabarnya, akupuntur dipercaya bisa membantu membuat kulit wajah kamu menjadi terlihat lebih awet muda. Lalu, benarkah demikian? 

Benar adanya akupuntur membantu membuat kulit menjadi tampak lebih halus, sehat, dan terlihat awet muda. Prosesnya tidak jauh berbeda dengan akupuntur pada umumnya, tetapi kali ini, jarum-jarum akupuntur ditusukkan pada area pipi. Meski begitu, kamu perlu tahu hal berikut ini sebelum melakukan perawatan. Apa saja? 

  • Awali dengan Akupuntur di Seluruh Tubuh

Sebelum melakukan perawatan wajah menggunakan akupuntur, akan lebih baik kamu melakukan perawatan akupuntur di seluruh tubuh secara teratur. Jika kamu hanya melakukan perawatan di wajah, akan terjadi aliran energi yang tidak lancar pada bagian tersebut dibandingkan dengan di seluruh tubuh. Hal ini membuat kamu rentan mengalami sakit kepala, tubuh lesu, dan tidak nyaman di sekujur tubuh. 

  • Berapa Kali Perawatan Dibutuhkan Agar Hasilnya optimal?

Untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu disarankan untuk melakukan perawatan wajah menggunakan akupuntur sebanyak 10 kali perawatan. Setiap perawatan dilakukan satu kali atau dua kali dalam satu minggu. Sementara itu, kalau kamu punya masalah kulit muka, misalnya kerutan atau jerawat, perawatan disarankan dilakukan hingga 15 kali dengan periode yang sama. 

Baca juga: Manfaat Kecantikan dari Akupuntur

Namun, kalau kamu tidak yakin, kamu bisa bertanya terlebih dahulu pada dokter ahli kulit yang terpercaya. Tidak perlu ragu, kamu bisa bertanya langsung pada dokter ahli di aplikasi Halodoc. Kamu hanya perlu download aplikasinya di ponsel kamu, baik Android maupun iOS. Selain bertanya pada dokter, kamu juga bisa beli obat dan cek lab di aplikasi ini. 

  • Adakah Efek Samping dari Metode Akupuntur?

Meski terbilang aman, tetap saja akupuntur memiliki efek samping, yang paling umum adalah memar. Namun, efek samping ini biasanya hanya terjadi pada 20 persen orang, alias tidak semua mengalami efek samping yang sama. Jangan khawatir, efek samping ini akan menghilang dengan sendirinya kok, dan cenderung tidak membutuhkan waktu lama.

Baca juga: Cantik dengan Akupuntur, Ayo Ketahui Manfaatnya!

Nah, supaya kamu tidak mengalami memar selepas menjalani perawatan akupuntur ini, kamu harus memastikan bahwa kondisi kesehatan kamu dalam kondisi yang prima. Kalau kamu memiliki kondisi mudah mengalami perdarahan atau mengalami diabetes tipe 2 yang tidak terkontrol tidak boleh melakukan perawatan wajah dengan akupuntur. 

Referensi: 
Acupuncture Twin Cities. Diakses pada 2019. Ten Benefits of Cosmetic Acupuncture.
Acupuncture and Beauty Centre. Diakses pada 2019. Benefits of Cosmetic Acupuncture.
Healthline. Diakses pada 2019. Can Facial Acupuncture Really make You Look Younger?