• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Coba Swab Antigen Elecsys Kolaborasi Halodoc dan Siloam Hospitals

Coba Swab Antigen Elecsys Kolaborasi Halodoc dan Siloam Hospitals

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Coba Swab Antigen Elecsys Kolaborasi Halodoc dan Siloam Hospitals

Halodoc, Jakarta – Selama pandemi COVID-19, Halodoc telah melakukan berbagai upaya untuk membuat layanan kesehatan menjadi mudah. Bersama Siloam Hospitals Group dan Roche, Halodoc menghadirkan inovasi terbaru tes antigen di Indonesia, yaitu swab antigen Elecsys®. Layanan ini tersedia secara bertahap mulai 3 Juni 2021 di jaringan rumah sakit Siloam, serta aplikasi dan website Halodoc.

Seperti diketahui, tes swab antigen adalah salah satu metode yang dilakukan untuk mendiagnosis COVID-19. Dengan mengambil sampel lendir dari bagian belakang hidung, tes ini dapat mendeteksi keberadaan antigen. Lantas, apa saja keunggulan yang ditawarkan swab antigen Elecsys®?

Baca juga: Swab Test Antigen Bisa Dilakukan Cepat Melalui Aplikasi

Apa Itu Swab Antigen Elecsys?

Meski sebagian masyarakat sudah mendapatkan vaksinasi COVID-19, pandemi belum bisa dikatakan usai. Itulah sebabnya, kamu perlu menjalankan protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dan melakukan tes secara berkala. Terutama bagi kamu yang sudah aktif bekerja dari kantor atau yang memiliki mobilitas tinggi.

Caroline Riady, Wakil Presiden Direktur Siloam Hospitals Group, mengemukakan bahwa pelaksanaan tes COVID-19 sebanyak mungkin diperlukan. Hal ini bertujuan untuk membantu memutus penularan virus. Menurutnya, semakin cepat seseorang teridentifikasi dan tertangani, semakin cepat pula pandemi bisa ditanggulangi.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan pilihan tes yang tersedia di jaringan rumah sakit kami dan platform Halodoc, seperti tes terbaru berbasis laboratorium swab antigen Elecsys® untuk kesehatan dan keamanan bersama,” ungkap Caroline.

Dengan semangat yang sama, Halodoc yang punya misi untuk memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat Indonesia, berkolaborasi dengan Siloam Hospitals sebagai exclusive external booking partner. Halodoc dapat memberikan akses pemesanan tes lewat aplikasi atau website, serta mengedukasi masyarakat.

“Bersama Siloam Hospitals Group dan Roche, kami kembali mempermudah penyediaan akses untuk penjadwalan tes COVID-19 terbaru swab antigen Elecsys® yang diharapkan dapat menjadi alternatif bagi masyarakat. Kami juga berterima kasih atas kepercayaan dari Siloam Hospitals Group terhadap Halodoc yang dipercaya sebagai mitra eksklusif dalam pemasaran dan edukasi tes ini,” ujar CEO & Co-Founder Halodoc, Jonathan Sudharta.

Baca juga: Meski Cepat, Hasil Tes Swab Antigen Tetap Tepercaya

Swab Antigen Elecsys®: Lebih Akurat dengan Harga Terjangkau

Swab antigen Elecsys® adalah metode tes antigen terbaru dengan performa tinggi yaitu dengan sensitivitas 94.5 persen dan spesifisitas 99.9 persen pada CT Value < 30. Artinya, tes ini mampu mendeteksi lebih akurat sampel dengan jumlah virus yang lebih rendah dibandingkan rapid antigen biasa. Swab Antigen Elecsys dapat mendeteksi varian B.1.1.7 (alpha), B.1.351 (Beta), dan P.1 (Gamma).

Pengambilan sampel untuk tes swab antigen Elecsys® dilakukan dengan cara usap nasofaring, yakni mengumpulkan sampel lendir dari bagian belakang hidung. Hasil dari swab antigen Elecsys® dapat menggambarkan kondisi saat pengambilan sampel.

Jika hasilnya positif, kemungkinan besar terinfeksi SARS-CoV-2, sedangkan hasil negatif tidak menyingkirkan kemungkinan terinfeksi. Penilaian hasil didapatkan dengan melihat keadaan klinis pasien, serta hasil dari pemeriksaan penunjang lainnya.

Dokter spesialis patologi klinik Siloam Hospitals Surabaya, dr. Diane Lukito, Sp.PK., menambahkan, swab antigen Elecsys® yang berbasis laboratorium ini memiliki berbagai keunggulan. Beberapa di antaranya adalah harga yang terjangkau, dan hasil yang lebih akurat.

Baca juga: Swab Antigen dan Rapid Test Antigen, Beda atau Sama?

Keakuratan hasil didapatkan karena pemeriksaan sampel dilakukan secara otomatis di dalam alat immunoassay cobas-Elecsys® series. Hal ini membuat pembacaan hasil lebih standar, serta dapat digunakan untuk pengujian dengan jumlah sampel besar dan pelacakan kontak (contact tracing).

Swab antigen Elecsys® tersedia dengan harga Rp. 299.000, mulai 3 Juni 2021 di jaringan rumah sakit Siloam secara bertahap. Agar lebih mudah, kamu bisa gunakan aplikasi atau website Halodoc untuk melakukan pemesanan tes swab antigen Elecsys®. Selain itu, kamu juga bisa mengakses mcu.siloamhospitals.com.

halodoc-banner