• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Cuka Apel untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Waspadai Hal Ini

Cuka Apel untuk Hilangkan Bekas Jerawat, Waspadai Hal Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta - Jerawat merupakan masalah umum yang memengaruhi hampir 85 persen orang berusia 12–24 tahun. Jerawat muncul ketika pori-pori tersumbat oleh minyak (sebum), kotoran, sel kulit mati, dan bakteri. Kebanyakan orang mengalami jerawat selama masa remajanya karena hormon yang berfluktuasi, tetapi jerawat akan hilang setelah beberapa tahun. Salah satu klaim yang dipercaya adalah menghilangkan bekas jerawat dengan cuka apel efektif dilakukan. Benarkah? Berikut ulasannya!

Baca juga: Jerawat Baru Muncul, Apa yang Harus Dilakukan?

Coba, Hilangkan Bekas Jerawat dengan Cuka Apel

Sejatinya, salah satu manfaat cuka apel adalah membantu mengurangi tampilan bekas luka dengan menghilangkan lapisan luar kulit yang rusak dan mendorong regenerasi. Proses ini sering disebut sebagai "chemical peeling". Hal tersebut terjadi karena, cuka apel mengandung asam asetat, sitrat, laktat, dan suksinat, yang efektif menghilangkan bekas jerawat.

Meski hilangkan bekas jerawat dengan cuka apel efektif dilakukan, tetapi tetap perlu kehati-hatian dalam menggunakannya pada kulit. Pasalnya, asam dalam cuka apel dapat menyebabkan luka bakar ketika dioleskan langsung ke kulit untuk jangka waktu yang panjang. Untuk memperoleh manfaat cuka apel yang satu ini, kamu bisa mencairkan cuka dengan air terlebih dulu, dan hanya mengaplikasikannya sedikit saja pada wajah, dalam satu waktu.

Ingat, jangan mengoleskannya pada luka terbuka atau kulit sensitif, ya. Meskipun dinilai efektif dalam menghilangkan bekas jerawat, tetapi hingga kini belum ada penelitian yang mengonfirmasi hal tersebut. Jika kamu masih ragu terkait dengan manfaat cuka apel yang satu ini, silahkan bertanya langsung dengan dokter kulit di aplikasi Halodoc, ya. 

Baca juga: Begini Cara Atasi Masalah Jerawat di Punggung

Campuran Aman untuk Cuka Apel

Tadi sudah disinggung jika penggunaan cuka apel harus dicampurkan dengan air. Untuk mendapatkan manfaatnya, begini cara mengolah cuka apel sebelum diaplikasikan pada wajah:

  • Bersihkan wajah dengan mencuci muka, lalu keringkan.
  • Campurkan 1 sendok cuka apel dengan 2–3 sendok air.
  • Oleskan campuran ke bekas luka dengan lembut menggunakan bola kapas.
  • Diamkan selama –20 detik, atau lebih lama jika kamu tidak memiliki kulit sensitif.
  • Bilas dengan air dan keringkan.

Kamu dapat mengulangi proses ini sekali atau dua kali per hari dan terus menggunakannya sampai hasilnya terlihat. Kemungkinan iritasi atau kulit terbakar tetap ada bagi pengidap kulit sensitif. Jika masalah adalah kulit sensitif, coba encerkan cuka dengan lebih banyak air sebelum mengoleskannya. Setelah digunakan, kemungkinan kulit menjadi sangat kering. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengoleskan pelembap atau losion..

Baca juga: Masker Alami untuk Menghilangkan Bekas Jerawat

Selain menggunakan campuran air, kamu juga bisa menggunakan bahan natural seperti madu. Madu digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan karena sifat antibakteri alami. Bahkan, secara langsung mengoleskan madu ke kulit dapat membantu membersihkan dan membersihkan luka. Caranya dengan menambahkan satu sendok madu ke dalam cuka apel sebelum dioleskan ke bekas luka. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2021. Can I Treat Acne Scars with Apple Cider Vinegar?
Insider.com. Diakses pada 2021. 4 things you could do with apple cider vinegar that will make you gorgeous — and one thing you shouldn't.