• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Curhat Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mental, Ini Alasannya

Curhat Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Mental, Ini Alasannya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan mental bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya curhat alias menyampaikan curahan hati. Biasanya, hal ini dilakukan dengan bercerita, menyampaikan masalah, atau meminta pendapat mengenai hal yang sedang dialami. Teman dekat atau anggota keluarga sering menjadi pilihan untuk curhat. 

Sayangnya, tidak semua orang bisa dengan mudah menyampaikan apa yang dia rasakan dan pikirkan. Apalagi, jika harus berbicara dengan orang lain. Hal itu mungkin memang menyulitkan. Namun, tahukah kamu memendam semuanya sendirian malah bisa membuat perasaan menjadi tidak menentu serta meningkatkan risiko terjadinya masalah pada kesehatan mental.

Baca juga: 9 Cara Sederhana Menjaga Kesehatan Mental

Manfaat Bercerita dengan Orang Lain

Saat mengalami masalah atau sedang merasa tertekan, sangat normal jika seseorang mulai menarik diri dan menjadi lebih diam dari biasanya. Umumnya, orang yang mengalami masalah merasa sulit saat harus menyampaikan apa yang dirasakan dan merasa bisa menyelesaikan masalah sendiri. Namun, hal ini ternyata malah bisa membuat keadaan menjadi semakin buruk, terutama terkait kesehatan mental. 

Beberapa manfaat yang bisa didapat dari curhat dengan teman adalah memberi rasa tenang, tidak merasa sendirian, merasa mendapat dukungan dari orang sekitar, mencegah membuat kondisi menjadi lebih buruk, menemukan bantuan dan perawatan yang tepat untuk mengatasi masalah tanpa mengganggu kesehatan mental, serta menemukan solusi dari orang sekitar yang mungkin pernah mengalami hal serupa.

Hal pertama yang bisa dilakukan agar lebih nyaman bercerita adalah menemukan teman atau anggota keluarga yang memang bisa dipercaya. Teman yang baik biasanya akan selalu bersikap jujur, memberi dukungan saat dibutuhkan, mau mendengarkan cerita, serta bisa dipercaya. Kamu mungkin sudah memilikinya, coba ingat lagi saat terakhir mengalami masalah. Siapa yang ada untuk mendengarkan? 

Baca juga: Pentingnya Self Love untuk Kesehatan Mental

Memiliki seorang teman yang baik nyatanya tidak hanya bermanfaat saat butuh tempat curhat, tapi juga bisa membantu menjaga kesehatan mental. Seorang teman yang baik bisa menemani saat merayakan kebahagiaan dan tetap ada untuk mendukung saat menghadapi masalah dan kondisi yang buruk. Selain bisa menghindari rasa kesepian, seorang teman yang baik juga bisa: 

  • Memberi makna dan membuat kamu mengerti arti kehadiran dan tujuan menjalani hidup, hal ini baik sebagai pengingat di saat menghadapi masalah. 
  • Meningkatkan mood, membuat bahagia, dan menurunkan risiko stres atau tertekan. 
  • Meningkatkan rasa percaya diri dan menghargai diri sendiri. 
  • Membantu menghadapi dan mengatasi trauma, gangguan mental serius, serta pengalaman buruk lainnya yang sedang atau pernah dialami. 
  • Mendukung perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat, terutama gaya hidup yang bisa meningkatkan risiko terjadinya gangguan kesehatan mental. 

Jika masih ragu dan merasa takut untuk curhat secara langsung, kamu bisa menyiapkan beberapa hal sebelum melakukannya. Selain berbicara langsung, kamu tetap bisa mencurahkan isi hati melalui telepon, mengirim pesan singkat atau chat, hingga menulis surat. Pilihlah cara yang paling membuat nyaman dan tidak membuat perasaan semakin tertekan. 

Selain itu, pastikan untuk mencari waktu yang tepat untuk bercerita pada teman. Dengan begitu, kamu tidak merasa mengganggu dan bisa mendapat perhatian penuh dari teman. Sama-sama merasa nyaman. Sebagai persiapan, kamu juga bisa melatih apa saja yang ingin diceritakan. Tapi perlu diingat, tidak masalah jika kamu hanya sanggup menceritakan beberapa bagian saja. Jangan memaksakan diri. 

Baca juga: Bahaya Self-Diagnosis yang Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Jika butuh bantuan ahli untuk bercerita saat mengalami masalah mental, kamu bisa coba gunakan aplikasi Halodoc. Ada banyak psikolog dan psikiater yang siap mendengarkan dan memberi saran terhadap masalah yang kamu alami. Hubungi ahlinya melalui Video/Voice Call atau Chat. Download aplikasi Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
Mind. Diakses pada 2020. Opening up about your mental health – for young people.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Friendships: Enrich your life and improve your health.