Ini Dampak Baby Bottle Tooth Decay yang Tidak Diobati

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
ini-dampak-baby-bottle-tooth-decay-yang-tidak-diobati-halodoc

Halodoc, Jakarta – Menjaga kesehatan gigi dan mulut perlu dilakukan sejak dini, yaitu sejak masih bayi atau anak-anak. Jangan kira bayi dan anak-anak tidak bisa terkena masalah gigi. Nyatanya, kandungan gula dari minuman yang mereka konsumsi seperti susu, susu formula, dan jus buah dapat menyebabkan kerusakan gigi pada bayi bila dibiarkan menempel terlalu lama. Kerusakan gigi yang dialami oleh bayi dan anak kecil ini disebut juga baby bottle tooth decay. Masalah gigi yang satu ini sebaiknya jangan disepelekan. Ketahui dampak baby bottle tooth decay bila tidak diobati di sini.

Kerusakan gigi pada bayi dan anak kecil disebut juga sebagai baby bottle tooth decay, karena sering terjadi pada bayi atau anak yang menggunakan dot atau botol bayi. Terutama pada bayi yang sering diberi minuman manis pada waktu tidur siang atau tidur malam. Masalah gigi ini terjadi karena kandungan gula baik yang alami maupun buatan menempel pada gigi bayi dalam waktu yang lama. Akibatnya, bakteri di mulut akan semakin tumbuh subur dalam gula tersebut dan membuat asam yang menyerang gigi.

Meskipun baby bottle tooth decay biasanya terjadi pada gigi depan atas atau gigi seri, tetapi kerusakan juga berpotensi memengaruhi gigi lainnya.

Baca juga: 4 Gejala dari Baby Bottle Tooth Decay

Ibu mungkin berpikir bahwa kerusakan gigi pada bayi dan anak-anak hanya sementara saja, sehingga menganggap masalah tersebut tidak penting. Namun, tahukah ibu bahwa gigi bayi berperan penting untuk mengunyah, berbicara, dan tersenyum? Mereka juga berfungsi sebagai penyedia ruang untuk gigi dewasa. Bila baby bottle tooth decay dibiarkan saja tanpa diobati, rasa sakit dan infeksi bisa muncul sebagai akibatnya. Gigi yang rusak parah juga mungkin perlu dicabut.

Bila gigi bayi terinfeksi atau sudah dicabut sejak dini karena baby bottle tooth decay, maka Si Kecil mungkin akan mengembangkan kebiasaan makan yang buruk, masalah berbicara, gigi bengkok, dan gigi dewasa yang rusak. Selain itu, dampak yang mungkin juga bisa terjadi bila baby bottle tooth decay tidak diobati adalah risiko gigi dewasa bengkok akan meningkat. Kerusakan gigi yang meluas atau semakin parah juga bisa menyebabkan komplikasi lebih lanjut, seperti rasa sakit yang sangat hebat, kesulitan mengunyah, dan infeksi serius.

Baca juga: Penyebab Terjadi Baby Bottle Tooth Decay

Penanganan Baby Bottle Tooth Decay

Penanganan baby bottle tooth decay tergantung pada tingkat keparahan pembusukan gigi. Pada kondisi yang masih ringan, karies gigi yang terbentuk dapat dibersihkan dan kerusakan gigi dapat ditambal. Selain itu, suplemen fluoride juga dapat diberikan untuk memperkuat gigi anak. Namun, pada kondisi yang lebih berat, tindakan seperti pemasangan crown atau pencabutan gigi mungkin perlu dilakukan.

Baca juga: Kerusakan Gigi Bayi, Ini Diagnosis Baby Bottle Tooth Decay

Cara Mencegah Baby Bottle Tooth Decay

Kabar baiknya lagi, ada beberapa langkah sederhana yang dapat membantu mencegah baby bottle tooth decay. Cara tersebut termasuk menerapkan kebersihan mulut yang baik pada usia dini, yaitu:

  • Bersihkan gusi bayi dengan kain kasa bersih atau waslap setiap kali selesai menyusui.

  • Mulailah menyikat gigi anak ketika gigi pertamanya muncul, tanpa pasta gigi. Bila ibu memilih untuk menggunakan pasta gigi, pilihlah yang bebas fluoride.

  • Bersihkan dan pijat gusi di daerah tanpa gigi.

  • Gunakan benang gigi setelah semua gigi bayi muncul.

  • Pastikan anak yang sudah memiliki gigi yang cukup lengkap, mendapatkan cukup fluoride yang dapat membantu mencegah gigi berlubang.

  • Jadwalkan kunjungan rutin ke dokter gigi sejak anak berulang tahun yang pertama. Dokter gigi juga dapat menawarkan lapisan sealant khusus yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi pada anak.

Jadi, baby bottle tooth decay sebaiknya diobati segera dengan cara yang tepat agar masalah gigi ini tidak mengganggu pertumbuhan Si Kecil. Bila ibu ingin memeriksakan kesehatan gigi Si Kecil, ibu bisa langsung buat janji dengan dokter gigi di rumah sakit pilihan ibu melalui Halodoc. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play sebagai teman penolong untuk menjaga kesehatan ibu sekeluarga.

Referensi: 
WebMD. Diakses pada 2019. What Is Baby Bottle Tooth Decay?
Healthline. Diakses pada 2019. Baby Bottle Tooth Decay (Infant Caries).