• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dampak Negatif Sering Minum Thai Tea bagi Kesehatan

Dampak Negatif Sering Minum Thai Tea bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Dampak Negatif Sering Minum Thai Tea bagi Kesehatan

“Minuman teh yang dicampur susu dengan rasa yang manis ini memang menyegarkan. Terutama bila dikonsumsi di siang hari yang terik. Namun, konsumsi thai tea yang berlebihan dapat menimbulkan berbagai dampak negatif akibat kandungan kafein, gula, dan susu yang terkandung di dalamnya. Seperti misalnya memicu insomnia, memicu dehidrasi pada tubuh, hingga menyebabkan kecanduan.”

Halodoc, Jakarta – Siapa sih yang tidak tahu thai tea? Minuman teh yang dicampur dengan susu yang rasanya manis ini memang menyegarkan. Selain itu, jenis minuman manis tersebut hingga kini masih menjadi salah satu minuman yang banyak dikonsumsi khalayak ramai. Terlebih lagi, teh susu seperti thai tea juga dapat ditambahkan dengan aneka topping pelengkap, seperti jeli atau boba. 

Namun, sebaiknya kamu jangan sampai mengonsumsi minuman ini secara berlebihan. Sebab, ada beberapa dampak negatif yang dapat timbul terhadap kesehatan, bila thai tea diminum secara berlebihan. Lantas apa saja dampak negatifnya? Simak penjelasannya di sini!

Baca juga: Perlu Tahu, Fakta Medis Seputar Minuman Beralkohol

Dampak Negatif Minum Thai Tea berlebihan

Teh susu sangatlah menyegarkan dan dapat menjadi pelepas dahaga di siang yang terik Akan tetapi, bagi kamu yang gemar minum teh ini, ada beberapa dampak negatif yang mengintai bila diminum secara berlebihan, antara lain:

  1. Dapat Menimbulkan Insomnia

Layaknya kopi, teh yang digunakan untuk bahan minuman thai tea juga mengandung kafein. Bila tubuh mengalami kelebihan kafein, zat tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur, seperti misalnya insomnia. Melansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukan bahwa kafein dapat menghambat produksi hormon melatonin. 

Hormon melatonin adalah hormon yang berfungsi untuk memberi sinyal waktunya tidur kepada otak. Maka, bila produksi hormon tersebut terganggu akibat kafein yang berlebih, kualitas tidur seseorang dapat menjadi berantakan. Selain kandungan kafein tersebut, thai tea juga mengandung gula yang cukup tinggi. Konsumsi gula yang berlebihan juga dapat menimbulkan insomnia, atau bahkan sugar rush pada beberapa orang.

  1. Tubuh Mengalami Dehidrasi

Mengonsumsi thai tea secara berlebihan dalam sehari juga dapat menimbulkan dampak negatif seperti dehidrasi atau kekurangan cairan. Sebab, konsumsi teh yang berlebihan sama dengan mengonsumsi kafein secara berlebihan. Kafein yang berlebih pada tubuh sendiri dapat mengurangi kemampuan penyerapan pada tubulus (salah satu bagian ginjal). Bila kondisi ini terjadi, hal tersebut dapat memicu dehidrasi pada tubuh. Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu membatasi konsumsi minuman tersebut. .

  1. Memicu Tumbuhnya Jerawat

Salah satu dampak negatif yang dapat timbul dari mengonsumsi thai tea secara berlebihan adalah memicu tumbuhnya jerawat. Hal ini dapat disebabkan oleh kandungan gula dalam minuman tersebut. Melansir dari Healthline, asupan tinggi karbohidrat olahan termasuk makanan dan minuman manis, telah dikaitkan dengan risiko munculnya jerawat yang lebih tinggi. 

Sebab, makanan atau minuman manis dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Saat kondisi ini terjadi, maka tubuh akan mengalami peningkatan sekresi androgen, produksi minyak berlebih, serta peradangan. Semua hal tersebut berperan dalam pembentukan jerawat pada kulit. Selain itu, asupan gula yang berlebihan juga dapat memicu penyakit serius seperti diabetes

Baca juga: Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Sehat?

  1. Perut Menjadi Kembung

Bila kamu sering mengalami kembung, coba lah untuk mengingat kembali apa yang kamu konsumsi sebelumnya. Bisa jadi hal ini disebabkan karena mengonsumsi thai Tea secara berlebihan. Pasalnya, kandungan kafein pada thai tea dapat menyebabkan kembung pada beberapa orang. 

Kondisi ini juga berkaitan dengan dehidrasi yang diakibatkan oleh kelebihan kafein pada tubuh. Sebab, bila tubuh sedang mengalami dehidrasi, tubuh memerlukan retensi air yang tidak diinginkan, sehingga perut menjadi kembung. Selain itu, kandungan susu pada minuman tersebut juga perlu diwaspadai. Sebab, sebagian orang memiliki perut yang sensitif terhadap laktosa. Hal tersebut dapat memicu masalah pencernaan seperti kembung, kram perut, hingga diare.

  1. Dapat Menimbulkan ‘Kecanduan’

Salah satu dampak paling negatif dari mengonsumsi teh secara berlebihan adalah menimbulkan ‘kecanduan’, akibat kandungan kafeinnya. “Ketika peminum teh tidak mendapatkan cangkir harian mereka pada waktu yang sama, hal tersebut dapat membuat mereka lelah, lesu, dan mudah tersinggung, serta menurunkan tingkat energi mereka”. Jelas Dr Simran, seorang ahli nutrisi di Rumah Sakit Fortis, New Delhi, mengutip pernyataannya dari Food NDTV.

Baca juga: Bubble Tea Bisa Sebabkan Kematian, Begini Penjelasannya

Berdasarkan penjelasan tersebut, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi thai tea secara berlebihan. Kamu juga dapat mengurangi asupan gula dan tidak menambahkan topping apapun agar asupan kalori dapat dikurangi. Selain itu, kamu juga harus rutin memeriksakan kadar gula dalam darah. Tujuannya sebagai pencegahan risiko berbagai gangguan kesehatan, seperti misalnya diabetes. 

Bila kamu ingin melakukan pemeriksaan, kamu dapat menikmati kemudahan buat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan melalui aplikasi Halodoc. Tanpa perlu mengantri atau menunggu berlama-lama. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Food NDTV. Diakses pada 2021. 5 Side Effects of Tea That Will Compel You to Drop the Cup
Healthline. Diakses pada 2021. 9 Side Effects of Drinking Too Much Tea
Healthline. Diakses pada 2021. 11 Reasons Why Too Much Sugar Is Bad for You
Insider. Diakses pada 2021. 6 side effects of consuming too much dairy, from bloating to acne