Dapatkan 6 Hal ini Jika Konsumsi Kurma Selama Bulan Puasa

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Dapatkan 6 Hal ini Jika Konsumsi Kurma Selama Bulan Puasa

Halodoc, Jakarta - Selama bulan Ramadan, ada satu buah yang biasanya jadi populer yaitu kurma. Dengan nama latin Phoenix dactylifera, buah ini sangat disarankan untuk berbuka puasa karena memiliki kandungan gula yang cukup tinggi.

Kurma memiliki rasa yang manis dan efektif untuk mengembalikan energi tubuh setelah seharian tidak makan dan minum. Pakar kesehatan menyebutkan kurma ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Berikut ini adalah manfaat kurma, yaitu:

Mengembalikan Energi Setelah Berpuasa

Manfaat kurma bagi kesehatan yang pertama adalah mampu mengembalikan energi setelah berpuasa dengan lebih cepat dibandingkan makanan lain. Hal ini karena kurma memiliki 50-70 persen kandungan glukosa sehingga baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

Kandungan gula ini dapat diserap oleh tubuh sehingga membuat tubuh menjadi bugar kembali. Jadi, anjuran agama yang mengatakan bahwa kurma adalah buah terbaik untuk berbuka puasa adalah benar. Buah ini efektif memulihkan energi yang menurun selama berpuasa.

Baca Juga: Cara Detox Tubuh dengan Puasa

Menyehatkan Usus

Manfaat kurma bagi kesehatan lainnya adalah menyehatkan usus dengan cara menguatkan sel-sel usus. Apabila kamu rutin mengkonsumsi kurma kering, maka selama puasa pencernaan bisa semakin sehat dan kuat. Jadi, jika kamu ingin terhindar dari masalah pencernaan, konsumsi kurma secukupnya setiap kali berbuka puasa.

Mengatasi Anemia

Saat puasa, kamu lebih sering merasa lemas dan semacamnya. Bisa jadi ini merupakan tanda anemia yang bisa mengganggu kelancaran puasa. Salah satu manfaat kurma bagi kesehatan adalah mencegah dan mengobati anemia yang terjadi ini. Kurma memiliki kandungan asam folat yang tinggi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Jika kamu ingin terhindar dari anemia selama puasa, coba rutin konsumsi kurma.

Baca Juga: Tips Sehat dan Bugar Selama Berpuasa

Mengatasi Sembelit

Saat awal-awal puasa, sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang sering terjadi. Hal ini terjadi saat masih menyesuaikan pola makan selama puasa sehingga melupakan kebutuhan air minum dan serat. Sembelit atau kesulitan buang air besar merupakan gangguan kesehatan yang sangat merepotkan. Untuk mengatasi sembelit, kamu bisa mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti kurma. Konsumsi kurma secara rutin agar kamu terhindar dari masalah buang air besar yang mengganggu.

Mengurangi Tekanan Darah

Saat berbuka puasa, banyak orang yang menjadikannya sebagai ajang "balas dendam". Pilihan makanan tersebut biasanya makanan berlemak atau tinggi garam sehingga menyebabkan tekanan darah naik.

Kabar baiknya, kandungan magnesium dalam kurma telah terbukti membantu menurunkan tekanan darah, dan kurma penuh dengan mineral. Selain itu, potasium adalah mineral lain pada kurma yang memiliki beberapa fungsi di dalam tubuh, seperti membantu kerja jantung yang tepat dan membantu mengurangi tekanan darah.

Memperbaiki Sel Kulit

Manfaat kurma lainnya adalah memperbaiki sel kulit yang rusak. Manfaat yang satu ini juga baik untuk memelihara kecantikanmu. Kurma memiliki kandungan asam pantothenic yang termasuk dalam kelompok vitamin B.

Senyawa ini berfungsi efektif mencegah kerusakan kulit yang dipicu radikal bebas. Kulit menjadi terasa lebih kenyal dan bersinar setelah rutin konsumsi kurma.

Baca Juga: 6 Makanan yang Bantu Detoksifikasi Tubuh Saat Puasa

Kalau ingin mengetahui lebih banyak mengenai manfaat kurma lainnya, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Talk to a Doctor, kamu bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.