• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Dehidrasi Bisa Picu Batu Ginjal, Ini Penjelasannya

Dehidrasi Bisa Picu Batu Ginjal, Ini Penjelasannya

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Dehidrasi Bisa Picu Batu Ginjal, Ini Penjelasannya

Halodoc, Jakarta - Semua orang harus selalu mencukupi kebutuhan cairan di tubuhnya agar dapat menghindari terjadinya dehidrasi. Sebab, saat tubuh terlalu sering mengalami dehidrasi, beberapa gangguan mungkin saja terjadi. Beberapa gangguan tersebut mungkin saja berbahaya, salah satunya adalah batu ginjal. Namun, bagaimana hal tersebut dapat terjadi? Berikut penjelasannya!

Batu Ginjal Dapat Disebabkan oleh Dehidrasi

Air yang masuk ke tubuh berguna untuk membantu tubuh membuang limbah dari darah dalam bentuk urine. Selain itu, konsumsi air yang cukup juga dapat membantu tubuh untuk menjaga pembuluh darah terbuka sehingga nutrisi penting dapat mengalir dengan bebas ke ginjal. Namun, saat seseorang mengalami dehidrasi, akan sulit bagi sistem di dalam tubuh untuk melakukan fungsinya.

Baca juga: Awas, 6 Faktor Ini Sebabkan Batu Ginjal

Selain itu, dehidrasi ringan dapat membuat seseorang merasa lelah dan juga mengganggu fungsi tubuh agar tetap normal. Dehidrasi parah dapat menyebabkan kerusakan ginjal, maka dari itu setiap orang wajib mengonsumsi air dalam jumlah yang cukup, terutama saat bekerja atau berolahraga, serta saat cuaca sedang lembap. Beberapa penelitian juga menunjukkan jika seseorang yang sering mengalami dehidrasi dapat mengalami kerusakan ginjal permanen.

Lalu, benarkah jika dehidrasi dapat menyebabkan seseorang mengalami batu ginjal?

Saat dehidrasi terjadi, penumpukan limbah dan asam terjadi di dalam tubuh yang akhirnya membentuk sumbatan pada ginjal. Tumpukkan kotoran tersebut dapat menjadi sesuatu yang padat yang akhirnya disebut juga dengan batu ginjal. Gangguan ini lebih jarang pada seseorang mengonsumsi cukup air karena dapat mencegah pengkristalan yang akhirnya membentuk batu.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan terkait dehidrasi yang dapat sebabkan pembentukan batu pada ginjal, dokter dari Halodoc dapat memberikan penjelasan secara detail. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan dan dapatkan kemudahan terkait akses kesehatan tanpa batas hanya dalam genggaman tangan!

Baca juga: Begini Metode untuk Mengobati Batu Ginjal

Beberapa Penyebab Batu Ginjal Selain Dehidrasi

  • Pola Makan yang Buruk

Bukan hanya dehidrasi saja yang dapat menyebabkan seseorang mengalami batu ginjal, pola makan juga dapat menimbulkan gangguan tersebut. Seseorang yang lebih sering mengonsumsi makanan dengan kandungan natrium dan protein yang tinggi, seperti daging hewani, lebih berisiko untuk menimbulkan batu ginjal. Maka dari itu, ada baiknya untuk membatasi jumlah konsumsi makanan yang kandungan makanannya banyak mengandung garam dan natrium.

  • Gangguan Usus

Seseorang juga dapat mengalami pembentukan batu pada ginjal disebabkan oleh masalah pada usus. Jika kamu memiliki mikrobioma yang kurang beragam dan lebih didominasi oleh bakteri jahat, maka pengembangan terkait batu ginjal dapat terjadi. Meski begitu, penelitian masih terus dilakukan untuk menentukan jenis bakteri di usus agar dapat menurunkan risiko dari gangguan tersebut.

  • Pola Diet

Beberapa pola diet yang kamu lakukan ternyata memiliki risiko untuk menyebabkan gangguan batu ginjal. Hal ini dapat disebabkan karena terlalu banyak kadar kalsium dari konsumsi makanan, sehingga kandungan tersebut bertumpuk pada urine. Meski begitu, mungkin saja gangguan ini terjadi karena ada masalah pada tubuh terkait pengolahan kalsium.

Baca juga: Hindari 7 Makanan dan Minuman Ini Saat Dehidrasi

Maka dari itu, jika kamu ingin mencegah terjadinya pembentukan batu pada ginjal, ada baiknya untuk selalu memperhatikan konsumsi cairan harian. Dengan begitu, bukan hanya mencegah gangguan pada ginjal saja yang dapat dicegah, tetapi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Pastikan untuk selalu mengonsumsi air putih paling tidak 8 gelas per harinya.

Referensi:
Wexner Medical. Diakses pada 2020. Extreme heat, dehydration linked to painful kidney stones.
National Kidney Foundation. Diakses pada 2020. Can Dehydration Affect Your Kidneys?