Demam Asian Games, Saatnya Ajak Anak Main Bisbol dan Sofbol

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Bisbol, sofbol, asian games, manfaat bisbol dan sofbol bagi anak, softball, baseball

Halodoc, Jakarta – Asian Games 2018 sebentar lagi dimulai. Banyak orang mulai bersiap untuk menyambut dan ikut memeriahkan acara yang digelar setiap 4 tahun sekali ini. Caranya bermacam-macam, salah satunya dengan mencoba jenis olahraga yang dipertandingkan pada Asian Games 2018, termasuk mengajak anak bermain bisbol dan sofbol.

Baca juga: 9 Olahraga Asian Games yang Bisa Ditiru di Rumah

Banyak yang menganggap kalau bisbol dan sofbol adalah olahraga yang sama. Padahal, ada banyak perbedaan yang bisa ibu temukan saat bermain bisbol dan sofbol. Di antaranya adalah ukuran bola, arah pukulan bola, luas lapangan, hingga jarak pitcher (pemukul bola) dengan home base (tempat pijak). Meski begitu, bisbol dan sofbol adalah jenis olahraga yang populer dikalangan anak-anak. Itu mengapa dalam menyambut Asian Games 2018, tak ada salahnya untuk ibu dan ayah mengajak anak bermain bisbol dan sofbol.

Manfaat Bisbol dan Sofbol bagi Anak-Anak

  • Mengajari Si Kecil tentang kerjasama yang baik.
  • Meningkatkan rasa percaya diri Si Kecil.
  • Melatih kemampuan bersosialisasi Si Kecil.
  • Melatih fokus dan konsentrasi Si kecil.
  • Melatih kekuatan otot-otot tubuh Si  Kecil, terutama otot lengan.
  • Merangsang produksi endorfin, hormon yang bisa membuat Si Kecil merasa senang dan bahagia setelah bermain bisbol.
  • Meningkatkan motorik Si Kecil, yakni kemampuan yang berkaitan dengan proses tumbuh kembang dan kemampuan gerak tubuh seorang anak.
  • Membantu pertumbuhan tulang Si Kecil. Sebab, bisbol dan sofbol dimainkan di lapangan terbuka. Sehingga Si Kecil akan terpapar sinar matahari yang merangsang tubuhnya untuk memproduksi vitamin D. Ini adalah vitamin yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan tulang anak, termasuk memastikan tubuhnya bisa menyerap kalsium yang dibutuhkan untuk melawan penyakit.

Baca juga: 4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

Tips Mengajari Anak Bermain Bisbol dan Sofbol

Untuk bermain bisbol dan sofbol, dibutuhkan lapangan yang luas, perlengkapan, serta teman dan lawan bermain. Ini karena bisbol dan sofbol adalah olahraga berkelompok yang bertujuan untuk mencetak poin dengan mengalahkan lawan. Oleh karena itu, kalau ibu ingin mengenalkan permain bisbol dan sofbol, ibu bisa memulainya dengan mengajak Si Kecil menyaksikan pertandingan bisbol dan sofbal. Atau, ibu bisa memasukkan Si Kecil ke dalam klub bisbol atau sofbol agar ia bisa berlatih secara profesional dengan pelatih dan teman-temannya.

Jika ibu dan pasangan ingin mengajari anak bermain bisbol dan sofbol, berikut ini tips yang bisa dicoba:

  • Jelaskan tentang dasar bermain bisbol dan sofbol. Mulai dari konsep permainan, peraturan bermain, hingga perlengkapan yang dibutuhkan untuk bermain bisbol dan sofbol.
  • Jika memungkinkan, ibu bisa menyediakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk bermain bisbol dan sofbol.
  • Bantu Si Kecil untuk melatih kemampuan memukul, melempar, dan menangkap bola. Ibu juga bisa melatih kemampuan fisik Si Kecil dengan mengajaknya rutin berolahraga (seperti berjalan kaki atau berlari) agar ketahanan fisiknya prima saat bermain bisbol dan sofbol.

Meskipun kedua olahraga ini seru dilakukan bersama anak, ibu tidak boleh lupa untuk mengajari Si Kecil pemanasan dan pendinginan. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan otot-otot tubuh sebelum mulai bergerak, agar tidak cedera.

Itulah manfaat sofbol dan bisbol bagi anak-anak. Kalau ibu punya pertanyaan lain seputar olahraga ini, tanyakan saja pada dokter Halodoc. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa bertanya pada dokter tepercaya kapan saja dan dimana saja melalui Chat, dan Voice/Video Call. Jadi, yuk download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play sekarang juga!