14 August 2018

Demam Asian Games, Saatnya Coba Olahraga Anggar

asian games, anggar, olahraga anggar

Halodoc, Jakarta - Memasuki bulan Agustus, Indonesia sedang dilanda demam Asian Games. Antusiasme masyarakat begitu terasa dan dinding menjadi hidup dengan mural aneka gambar. Belum lagi berbagai spanduk yang menyatakan dukungan sepenuhnya terhadap ajang olahraga paling bergengsi se-Asia ini. Tak ketinggalan, masyarakat juga mencari tahu olahraga apa saja yang dilombakan.

Salah satunya adalah anggar, olahraga yang menggunakan pedang sebagai alatnya. Fokus dari olahraga ini adalah menusuk, menangkis, dan memotong serangan lawan. Meski menjadi cabang olahraga tertua yang pernah ada, olahraga ini tidak begitu diminati di Indonesia laiknya bulu tangkis atau sepak bola. Padahal, anggar juga menjadi olahraga yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin.

Pedang Atribut Anggar

Selain seragam, pelindung kepala, sarung tangan, dan pelindung dada, pedang menjadi senjata atau atribut anggar yang wajib ada. Namun, tahukah kamu bahwa pedang yang digunakan dalam olahraga anggar ternyata ada tiga jenis? Apa saja?

  1. Foil

Pertama adalah pedang jenis foil. Dalam olahraga anggar, pedang ini adalah yang terkecil dan paling ringan. Para atlet baru biasanya memulai dasar latihan menggunakan pedang ini, dengan target sasaran pada tubuh bagian atas, kecuali leher dan lengan. Di bagian ujungnya, terdapat tombol yang terhubung kepada mesin pencatat skor melalui kabel yang terdapat pada tubuh pemain.

  1. Epee

Selanjutnya adalah pedang jenis epee dengan bentuk yang lebih lebar, tebal, dan tentunya lebih berat dibandingkan pedang jenis foil. Berbeda dengan foil, sasaran serang dari epee juga lebih luas, yaitu mencakup seluruh bagian tubuh lawan, mulai dari ujung kepala hingga kaki. Epee juga memiliki pelindung tangan yang lebih besar dari foil.

Baca juga: Seru Asian Games 2018, Ini Manfaat 4 Cabang Olahraga Akuatik

  1. Sabre

Terakhir adalah pedang jenis sabre dengan bentuk pipih dan tidak terlalu runcing serta pelindung tangan yang menutupi seluruh bagian tangan. Pedang ini memiliki bilang yang terbilang lentur, karena fungsinya untuk mengayun, bukan menusuk seperti foil dan epee. Area sasaran dari pedang ini adalah seluruh lengan dan area kepala hingga panggul.

Dari ketiga jenis pedang tersebut, ternyata pedang epee memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dua pedang lainnya. Padahal, ketiga pedang anggar terbuat dari bahan yang sama, yaitu Maragine.

Manfaat Olahraga Anggar

Menjadi salah satu olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Asian Games 2018, berikut manfaat olahraga anggar yang bisa kamu dapatkan:

- Membakar Lebih Banyak Kalori

Meski hanya bergerak menusuk dan menghindari serangan lawan, ternyata anggar bisa membakar kalori hingga 400 kalori, lho.

- Pembentuk Otot yang Baik

Anggar menuntut tubuh untuk bergerak dengan cepat demi menghindari serangan lawan, seperti maju, mundur, dan berjongkok yang akan membuat otot kaki menjadi lebih kuat.

- Melatih Reflek

Kamu membutuhkan fokus dan konsentrasi yang baik untuk bisa menghindari serangan lawan. Oleh karenanya, kamu juga butuh reflek yang baik. Nah, olahraga ini bisa membantu kamu mendapatkannya.

- Melatih Mental

Setiap olahraga permainan membutuhkan strategi agar bisa menjadi pemenang. Secara tidak langsung, ini akan melatih kamu memiliki mental yang lebih baik.

Baca juga: 4 Olahraga Asian Games yang Cocok untuk Anak

Itu tadi sekilas informasi tentang olahraga anggar yang dilombakan pada Asian Games nanti berikut manfaatnya. Semua olahraga tentu ada manfaatnya, supaya kamu bisa tahu mana olahraga yang tepat untukmu, coba tanyakan pada dokter melalui aplikasi Halodoc yang bisa kamu download di App Store atau Play Store. Dokter di aplikasi Halodoc selalu siap membantu kamu selama 24 jam setiap hari.