• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Demi Tubuh yang Sehat, Begini Cara Melawan Malas Olahraga

Demi Tubuh yang Sehat, Begini Cara Melawan Malas Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
undefined

Halodoc, Jakarta – Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan ketika kamu rutin melakukan olahraga. Mulai dari terhindar berbagai gangguan penyakit, menurunkan tingkat stres, hingga dapat membantu kamu untuk menjaga berat badan tetap stabil. Meskipun manfaatnya sudah tidak diragukan lagi, tetapi masih cukup banyak orang-orang yang malas untuk memulai hidup sehat dengan berolahraga.

Baca juga: Sering Malas Olahraga? Ini Penjelasannya

Banyak hal yang menjadi alasan mengapa seseorang malas berolahraga, beberapa diantaranya tidak memiliki waktu untuk berolahraga serta motivasi hidup sehat yang sangat rendah. Tidak ada salahnya ketahui beberapa cara yang bisa membantu kamu untuk melawan rasa malas olahraga dan meningkatkan motivasi untuk berlatih. Jika hal ini bisa kamu lakukan, tentunya rutinitas ini bisa berdampak pada kehidupan serta kesehatan kamu.

Lakukan Ini untuk Melawan Rasa Malas Olahraga

Sesekali merasa malas untuk berolahraga memang menjadi hal yang wajar. Namun, sebaiknya jangan sampai rasa malas yang kamu rasakan malah menjadikan motivasi berolahraga kamu hilang. Meskipun mengubah gaya hidup sehat memang tidaklah mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk selalu mencoba melawan rasa malas yang muncul ketika kamu akan memulai olahraga. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1.Tentukan Tujuan

Menentukan tujuan dalam suatu hal yang akan kamu lakukan dapat menghindari rasa malas, termasuk dalam berolahraga. Tentukan tujuan yang ingin kamu capai ketika rutin berolahraga. Masukan nilai-nilai positif yang akan kamu dapatkan ketika tujuanmu tercapai. Dengan begitu, kamu akan memiliki motivasi dan semangat untuk memulai berolahraga. 

2.Mulai dengan Olahraga Ringan di Rumah

Tidak perlu langsung datang ke tempat gym, mulailah dengan melakukan olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah. Berbagai olahraga ringan bisa kamu lakukan yang dapat membantumu untuk meningkatkan kekuatan tubuh serta membakar kalori. 

Agar latihan di rumah menjadi lebih nyaman dan terorganisir, kamu bisa memanfaatkan akses internet untuk mendapatkan video mengenai olahraga ringan yang bisa kamu lakukan di rumah sesuai dengan kebutuhan, jenis kelamin, serta usia.

Baca juga: Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan dengan Teman

3.Fokus pada Diri Sendiri

Saat akan mulai berlatih, sebaiknya hindari membandingkan dengan pencapaian orang lain. Fokus pada diri sendiri dan berlatihlah sesuai dengan kemampuan yang kamu miliki.

4.Temukan Hal-Hal Menyenangkan saat Berolahraga

Saat berolahraga, sebaiknya temukan hal-hal menyenangkan. Misalnya, kamu bisa mengajak teman-teman untuk berlatih bersama atau sambil mendengarkan musik kesukaan. Hal ini dapat meningkatkan semangat dan motivasi kamu dalam berolahraga agar tujuanmu tercapai.

5.Berikan Penghargaan pada Diri Sendiri

Setelah kamu berhasil melakukan olahraga sebagai rutinitas yang baru, tidak ada salahnya memberikan penghargaan terhadap diri sendiri. Kamu bisa membeli baju baru atau sepatu olahraga baru yang bisa kamu gunakan saat berlatih atau menghabiskan waktu untuk melakukan perawatan tubuh. Tujuannya agar kamu lebih termotivasi untuk rutin melakukan olahraga.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan motivasi dan semangat dalam berolahraga. Tidak ada salahnya jika kamu ingin beristirahat selama beberapa hari saat olahraga, tetapi pastikan waktu istirahat kamu gunakan untuk kembali meningkatkan semangat dalam berolahraga. 

Baca juga: 5 Jenis Olahraga yang Baik untuk Kesehatan Mental

Untuk mengoptimalkan manfaat olahraga, jangan lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang cukup tinggi. Kamu bisa gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai pola makan yang tepat agar kondisi kesehatan kamu tetap optimal.

Referensi:
Very Well Fit. Diakses pada 2020. How to Exercise at Home During Coronavirus Break.
Web MD. Diakses pada 2020. 10 Ways to Boost Your Exercise Motivation.
Men’s Journal. Diakses pada 2020. 15 Ways to Improve Your Workout Motivation.